SOLOPOS.COM - Sebanyak 327 orang mengikuti upacara peringatan HUT Kota Madiun di balai kota setempat, Selasa (20/6/2017). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Provinsi Jawa Timur terdiri dari 38 kabupaten dan kota dengan luas wilayah mencapai 47.803,49 kilometer persegi. Dari 38 kabupaten dan kota di Jatim itu, manakah daerag yang memiliki wilayah tersempit?

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dalam buku Provinsi Jawa Timur dalam Angka 2022, ternyata daerah di Jatim yang memiliki wilayah paling kecil atau sempit adalah Kota Mojokerto dengan luas wilayah hanya 20,21 km persegi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Berikut ini daftar lima daerah tersempit di Jawa Timur:

Baca Juga: Lima Kabupaten Terluas di Jawa Timur, Ini Daftarnya…

  1. Kota Mojokerto

Kota Mojokerto merupakan daerah tersempit di Jatim dengan luas wilayah hanya 20,21 km persegi. Kota ini hanya memiliki tiga kecamatan dengan batas-batas wilayah sebagai berikut, sebelas utara Sungai Brantas, sebelah timur Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, sebelah selatan Kecamatan Sooko dan Puri Kabupaten Mojokerto, dan sebelah barat Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Luas wilayah Kota Mojokerto hanya 0,03% dari total luas wilayah Jatim.

  1. Kota Blitar

Kota Blitar memiliki luas wilayah 32,57 km persegi atau 0,07% dari luas wilayah Jatim. Kota Blitar terdiri dari tiga kecamatan, yaitu Sukorejo dengan luas 9.93 km persegi, Kepanjenkidul dengan luas 10,50 km persegi, dan Sananwetan dengan luas 12.15 km persegi. Untuk batasa wilayah Kota Blitar, di sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Garum dan Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Kanigoro dan Kecamatan Garum Kabupaten Blitar, sebelah selatan berbatasa dengan Kecamatan Sanankulon dan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar, dan sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Sanankulon dan Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar.

  1. Kota Madiun

Kota Madiun menjadi daerah di Jatim tersempit ketiga setelah Mojokerto. Luas wilayah di kota ini hanya 33,92 km persegi. Kota ini juga hanya memiliki tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Taman, Manguharjo, dan Kartoharjo. Batas wilayah di Kota Madiun, sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun, sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun, sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun, dan sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun.

Baca Juga: Ini 5 Kabupaten & Kota Termuda di Jawa Timur, Nomor 1 Baru 20 Tahun

  1. Kota Pasuruan

Kota Pasuruan menjadi daerah terkecil ketiga di Jatim. Dengan luas wilayah hanya 35,29 km persegi atau sekitar 0,07% dari luas Jatim, Kota Pasuruan terdiri dari empat kecamatan. Empat kecamatan tersebut yakni Bugul Kidul, Purworejo, Panggungrejo, dan Gadingrejo. Untuk batas wilayah, di bagian utara berbatasan dengn Selat Madiun, selatan dan barat berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan.

  1. Kota Probolinggo

Kota Probolinggo memiliki luas wilayah 56,67 km persegi atau 0,12% dari luas wilayah Jatim. Kota Probolinggo berbatasan dnegan Selat Madura di sebelah utara, serat Kabupaten Probolinggo di sebelah timur, selatan, dan barat. Jumlah penduduk kota ini pada tahun 2021 berjumlah 242.246 jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya