SOLOPOS.COM - Foto udara antrean kendaraan memasuki kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (4/3/2022). (Antara/Budi Candra Setya)

Solopos.com, MADIUN — Provinsi Jawa Timur terdiri dari 29 kabupaten dan 9 kota dengan luas wilayah mencapai 47.803,49 kilometer persegi. Dari 38 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Timur itu, manakah daerah yang memiliki wilayah terluas.

Bardasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dalam buku Provinsi Jawa Timur dalam Angka 2022, ternyata daerah di Jatim yang memiliki wilayah terluas adalah Kabupaten Banyuwangi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kabupaten yang terletak di ujung paling timur Pulau Jawa atau yang biasa disebut sebagai kawasan Tapal Kuda. Kabupaten Banyuwangi memiliki luas 5.782,4 kilometer persegi. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Bondowoso di sebelah utara, Selat Bali di sebelah timur, Samudera Hindia di sbeelah selatan, serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di sebelah barat.

Baca Juga: Pimpinan Bank Jatim Syariah Ditahan, Diduga Korupsi Rp25 Miliar

Berikut ini daftar lima kabupaten terluas di Jawa Timur:

  1. Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi ini merupakan daerah terluas di Jawa Timur. Bahkan, Banyuwangi juga merupakan kabupaten terluas di Pulau Jawa. Luas Banyuwangi ini sekitar 12,10% dari total luas wilayah Jatim.

Banyuwangi ini bahkan lebih luas dibandingkan dengan luas negara Brunei Darussalam, yang merupakan salah satu negara di Asia Tenggara. Brunei Darussalam hanya memiliki luas wilayah sekitar 5.765 kilometer persegi, sedangkan Banyuwangi mempunyai luas 5.782,4 kilometer persegi.

 

  1. Malang

Kabupaten Malang memiliki luas wilayah 3.530,65 kilometer persegi. Dengan luas wilayah tersbeut, Kabupaten Malang pun disebut sebagai daerah terluas kedua di Jawa Timur setelah Kabupaten Banyuwangi. Kabupaten Malang juga merupakan kabupaten terluas ketiga di Pulau Jawa.

Luas kabupaten yang memiliki ibu kota di Kecamatan Kepanjen ini sekitar 7,39% dari total luas wilayah Jatim.

Baca Juga: BKSDA Jatim Sebut Sungai Brantas Jadi Habitat Buaya

  1. Jember

Kabupaten Jember memiliki luas wilayah 3.092,34 kilometer persegi. Kabupaten Jember merupakan daerah terluas ketiga di Jatim setelah Malang dan Banyuwangi. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Samudera Hindia di selatan, dan Kabupaten Lumajang di barat.

Kabupaten yang terdiri dari 31 kecamatan itu memiliki jumlah penduduk (data 2021) sekitar 2.668.000 jiwa.

 

  1. Bojonegoro

Kabupaten Bojonegoro memiliki luas wilayah 2.198,79 km persegi. Secara administratif, Bojonegoro memiliki batas wilayah yaitu sebelah utara Kabupaten Tuban, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Madiun, Kabupaten Nganjuk, dan Kabupaten Jombang, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Lamongan, sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Ngawi serta Kabupaten Blora (Provinsi Jawa Tengah).

Kabupaten terluas keempat di Jatim ini terdiri dari 28 kecamatan yang meliputi 11 kelurahan dan 419 desa. Bojonegoro memiliki tingkat populasi penduduk sekitar 1.307.000 jiwa.

Baca Juga: Total 652 Orang, Jamaah Umrah Jatim Mulai Diberangkatkan ke Tanah Suci

  1. Sumenep

Kabupaten Sumenep memiliki luas wilayah 1.998,54 km persegi. Sumenep merupakan salah satu daerah yang ada di Pulau Madura. Sumenep ini berbatasan langsung dengan Selat Madura di sisi selatan, di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah barat berbatasan Kabupaten Pamekasan, dan sebelah timur berbatasan dnegan Laut Jawa serta Laut Flores.

Daerah terluas kelima di Jatim ini berada di ujung timur Pulau Madura. Kabupaten ini terdapat 27 kecamatan yang terdiri dari 19 kecamatan daratan dan 8 kecamatan kepulauan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya