Ini Harga Emas dari Tahun ke Tahun, Kira-kira Untung Enggak Ya?
Ilustrasi emas Antam. (suara.com)

Solopos.com, SOLO -- Emas merupakan salah bentuk investasi yang cocok dilakukan oleh pemula apalagi harga emas dari tahun ke tahun cenderung mengalami kenaikan.

Hal ini terlihat dari pantauan Solopos.com pada situs harga-emas.org, terlihat harga emas pada awal 2016 berada di angka Rp562.000 per satu gram.

Angka tersebut terus naik hingga menyentuh angka Rp1 juta lebih pada pertengahan 2020. Dan pada awal 2021 ini, harga emas pun cukup stabil di angka Rp952.000.

Baca Juga: Tips Investasi Emas Bagi Pemula, Bisa Jadi Cuan Hlo!

Dengan pergerakan harga emas yang cenderung meningkat itu, tentunya bisa membuat kamu memanen keuntungan.

Akan tetapi, perlu diketahui pula harga emas dari tahun ke tahun itu juga dipengaruhi oleh kondisi perekonomian dunia.

Baca Juga: Ini Lho! Keuntungan Investasi Emas Di Masa Pandemi

Dikutip dari Liputan6.com, harga emas yang fluktuatif juga disebabkan karena ketersediannya. Sebagaimana diketahui, emas merupakan komoditas barang tambang yang tidak dapat diperbaharui.

Semakin lama dikeruk, maka cadangan emasnya pun semakin tipis. Hal ini terjadi sesuai dengan hubungan ekonomi, jika ketersediaan barang di pasaran menipis, tentunya harga barang tersebut di pasaran akan melonjak.

Baca Juga: Ada 42 Hoaks Vaksin Covid-19 Selama 2021, Bisa Diputus dengan Protokol Cek dan Ricek

Investasi Emas di Masa Pandemi

Seperti yang diketahui kondisi pandemi Covid-19 juga mempengaruhi perekonomian negara. Hal ini tentu membuat masyarakat ragu dengan pergerakan harga emas yang ditakutkan akan menurun.

Tak usah ragu, investasi emas memiliki keuntungan yang jangka panjang. Selain itu, dengan membeli emas harga sekarang, harga cenderung naik di masa mendatang.Seperti yang diungkap Pengelola Distro Galeri 24 Pegadaian Cokronegaran Solo, Noorfi Kisoworo Wati.

"Harga emas dari tahun ke tahun cenderung naik. Emas ini sifatnya liquid atau mudah dicairkan,” ujar dia, kepada Solopos.com, Jumat (22/1/2021).

Baca Juga: Legenda Janggitan, Lelembut Sawah di Sukoharjo dan Wonogiri

Meski harga emas mengalami fluktuasi, menurut Noorfi harga emas dapat dipastikan mengalami kenaikan dalam jangka panjang.

Hal inilah yang membuat emas menjadi primadona saat ketidakpastian ekonomi imbas pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Profil Peracik Bumbu Indomie Nunuk Nuraini: Mengabdi 26 Tahun untuk Indofood

Dengan melihat tren harga emas dari tahun ke tahun yang cenderung meningkat itu, kamu bisa membeli emas di Galeri24, perusahaan retail emas dan perhiasan terpercaya yang merupakan anak dari PT Pegadaian.

Outltet Galeri24 tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Untuk mengetahui lokasi terdekat outlet Galeri24, kamu bisa cek di sini.



Berita Terkini Lainnya








Kolom