SOLOPOS.COM - Berlebihan menggunakan smartphone akan membawa dampak serius bagi kesehatan. (Shutterstock)

Solopos.com, SOLO - Penggunaan smartphone yang berlebihan tentu memiliki dampak negatif. Kelelahan pada mata dan leher adalah gejala umum terlalu sering mengoperasikan smartphone. Selain itu ada beberapa kerugian lain menggunakan smartphone terlalu lama.

Smartphone memang tampaknya tidak dapat lepas dsri kehidupan manusia sekarang ini. Namun tahukah Anda saat berlama-lama memainkan ponsel, ada efek negatif yang terjadi pada tubuh. Berikut ulasannya seperti dilansir Okezone.com, mengutip dari laman The List, Jumat (24/4/2020).

Promosi BRI Dinobatkan Jadi Bank Penyedia Layanan Pembayaran Zakat Terbaik oleh Baznas

Jokowi Sebut Virus Corona Cepat Mati di Cuaca Panas Indonesia

Gangguan tidur

Pernahkah Anda memutuskan untuk memeriksa Instagram sebelum tidur hanya untuk melihat Stories? Bermain ponsel sebelum tidur dapat memiliki beberapa dampak buruk.

Seperti mempengaruhi dan menekan kadar melatonin, sehingga Anda akan kesulitan tidur. Jauhkan ponsel ketika Anda akan tidur.

Depresi

Ketika Anda terlalu sering bermain ponsel, mungkin Anda akan lebih sering memeriksa ponsel. Anda sudah ketergantungan. Hal tersebut dapat membuat Anda cemas dan paranoid, terutama ketika itu melibatkan banyak waktu di media sosial.

Mudik Dilarang, Transportasi Umum Disetop

Ketegangan Mata

Ketika kita menatap layar smartphone terlalu sering bakal memiliki dampak pada ketegangan mata. Adapun beberapa gejala diantaranya penglihatan kabur, kesulitan fokus, sakit kepala, mata merah, lelah, dan kering.

Hal tersebut karena pancaran cahaya biru pada layar smartphone. Untuk mengatasi ketegangan mata cobalah untuk beristirahat selama 20 detik dan melihat yang setidaknya berjarak 20 kaki.

Sakit Leher

Ketika bermain ponsel posisi badan biasanya akan membungkuk. Hal tersebut membuat beban pada leher dan bahu meningkat. Ini menyebabkan ketegangan dan sakit pada leher.

Bandel, 4 Pemain Arsenal Langgar Aturan Lockdown

Kadar Oksigen Lebih Rendah

Selain sakit leher dan bahu, membungkuk untuk melihat ponsel Anda dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, termasuk menurunkan oksigen ke otak

Pergelangan Tangan Sakit

Ketika Anda lebih banyak menggunakan ponsel untuk berkirim pesan teks, ini membuat tangan Anda sakit. Selain itu dapat menyebabkan radang pada tendon. Tidak hanya itu, nyeri atau mati rasa pada ibu jari juga dapat terjadi karena terlalu sering mengetik di ponsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya