Tutup Iklan
Ini Daftar Warung di Solo & Sekitarnya yang Jual Sego Berkat Wonogiri, Ada Bocoran Harganya
Ilustrasi sego berkat (Solopos/Tika Sekar Arum)

Solopos.com, SOLO — Kuliner sego berkat yang lagi hits tidak hanya tersedia di Wonogiri, kuliner ini gampang ditemukan di Solo dan sekitarnya. Berdasarkan penelusuran Solopos.com, ada sedikitnya empat warung makan di Solo dan sekitarnya yang menyediakan sego berkat khas Wonogiri.

Sego berkat merupakan santapan yang erat kaitannya dengan acara hajatan masyarakat Jawa Tengah. Makanan yang berisi nasi, didampingi dengan beragam sayur dan lauk pauk ini, di daerah asalnya Wonogiri, disajikan dengan daun jati sebagai pembungkus.

Masyarakat Wonogiri kerap menyebut makanan ini dengan sego berkat godhong jati (nasi berkat daun jati). Penggunaan daun jati bukan tanpa alasan. Di Wonogiri, daun jati sangat mudah ditemui lantaran banyak terdapat di sekitar rumah warga.

10 Perguruan Pencak Silat di Sragen Kembali Dikumpulkan, Ada Perusakan Tugu Lagi?

Warung makan di Solo dan sekitarnya yang spesial menyediakan sego berkat menjualnya dengan harga Rp10.000 hingga Rp12.000. Berikut daftarnya:

Sego Berkat Asli Wonogiri Mbak Ayu, Colomadu, Karanganyar

Penjual sego berkat ini berada di Jl. Baturan Indah 2, Fajar Indah, Colomadu, Karanganyar. Warung yang tampil sederhana ini adalah milik Ratna Ayu Praba. Warung ini menyediakan sego berkat pada pukul 06.00 WIB–09.00 WIB.

Cukup membanyar Rp10.000, pembeli akan mendapatkan satu porsi sego berkat dengan isi nasi, bihun, tumis lombok ijo dan kentang, serundeng, tauge, dan terik daging sapi. Selain itu, pembeli dapat menambah isian telur, tahu, atau tempe bacem.

Klaim Pengurus: Pesilat Remaja Gatak Sukoharjo yang Meninggal Bukan Anggota PSHT

Sego Berkat Mas Abdoel, Solo Baru, Sukoharjo

Berbeda dengan lainnya, Sego Berkat Mas Abdoel menjual kuliner khas Wonogiri tersebut di dalam mobil. Sego berkat dijual dengan harga Rp12.000 per porsi. Pembeli sudah bisa mendapatkan sego berkat lengkap dengan tumis gereh (sejenis ikan asin), lombok ijo, tumis soon, sambal goreng krecek, dan terik daging sapi.

Tak hanya sego berkat, Sego Berkat Mas Abdoel juga menawarkan menu makanan khas Wonogiri lainnya, mulai dari sego bancakan, sego ndeso, dan sego tiwul. Pembeli dapat menemui Sego Berkat Mas Abdoel di samping Apotek Kimia Farma Solo Baru, Sukoharjo mulai pukul 09.00 WIB–12.00 WIB.

3 Resep Menu Vegetarian Lezat Mirip Olahan Daging

Sego Berkat Godong Jati, Manahan, Solo

Warung ini terletak di depan Kantor PLN Manahan atau di belakang Stadion Manahan, Solo. Satu porsi sego berkat dijual seharga Rp10.000. Isiannya melimpah, mulai dari bihun, berbagai macam tumisan, serundeng, tauge, tempe, hingga daging, dan potongan telur.

Sayangnya, Sego Berkat Godong Jati Manahan ini hanya buka di hari Minggu. Pembeli dapat mengunjunginya mulai pukul 17.00 WIB. Karena buka sore, konsumen bisa menjadikan kuliner ini sebagai menu makan malam.

Dongkrak Penjualan Bisnis Properti, Begini Solusinya

Sego Berkat Wedangan Mangkubumen, Solo

Seporsi Sego Berkat Mangkubumen ini dipatok dengan harga Rp12.000. Pembeli dapat menemui makanan khas ini di area Sasana Krida Mangkubumen atau di pojok perempatan Flyover Mahanan, Solo, sebelah utara.

Makanan ini diisi nasi, sayur-sayuran, bihun, potongan telur, dan terik daging sapi, lalu dibungkus menggunakan daun jati. Daripada keroncongan yuk lekas santap kuliner sego berkat khas Wonogiri di warung-warung ini.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho