Tutup Iklan
10 Perguruan Pencak Silat di Sragen Kembali Dikumpulkan, Ada Perusakan Tugu Lagi?
Penampakan salah satu tugu perguruan silat yang berdiri di tepi jalan Ring Road Selatan Sragen, tepatnya di wilayah Mojo, Sragen, Jumat (26/6/2020). (Solopos/Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN — Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Sragen kembali mengumpulkan para pengurus dari 10 perguruan pencak silat se-Kabupaten Sragen.

Pengumpulan perguruan pencak silat di Sragen itu terkait pembentukan forum komunikasi antarperguruan pencak silat. Selain itu, menyampaikan hasil inventarisasi tugu/patung/prasasti perguruan yang dilakukan tim bentukan Pemkab Sragen. Pertemuan bakal digelar di Pendapa Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Minggu (12/7/2020).

Sebelumnya, Pemkab Sragen membentuk tim untuk mengeinventarisasi tugu/patung/prasasti pencak silat di Sragen yang hasilnya dilaporkan kepada Bupati lewat Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Sragen.

Kisah Rehan, ABK Asal Wonogiri yang Bergerak dengan Badan Tengkurap

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati hingga Sabtu (11/7/2020) mengaku belum mendapatkan laporan tentang hasil inventarisasi patung/tugu/prasasti tersebut. Padahal Forkompimda akan mengundang para pengurus perguruan pencak silat pada Minggu pagi.

Undangan yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Tatag Prabawanto sudah beredar. Dalam undangan yang dibuat per 9 Juli 2020 itu terdapat catatan bahwa ketua 10 perguruan pencak silat di Sragen dimohon hadir bersama sekretaris perguruan. Keperluan undangan itu untuk pembahasan pembentukan Forum Komunikasi Pencak Silat Kabupaten Sragen.

Begini Cara Supaya Rumah Minimalis Tampak Luas dan Terang

Hasil Inventarisasi Jumlah Tugu Diperkirakan Lebih dari 200

“Laporan direkap Kesbangpol. Saya belum dapat laporan. Ya, besok jadi mengumpulkan para pengurus perguruan sambil sarapan bareng. Agenda utamanya pembentukan forum komunikasi pencak silat,” ujar Bupati Yuni saat dihubungi Solopos.com, Sabtu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, hasil inventarisasi patung/tugu/prasasti perguruan pencak silat di Sragen itu lebih dari 200-an buah. Angka tersebut lebih banyak dari angka yang disebutkan Bupati dalam musyawarah di Gedung DPRD Sragen, yakni 193 buah.

94 UMKM Sukoharjo Terima Bantuan, Bukan Uang, Bukan Sembako, Tapi…

Kepala Badan Kesbangpol Sragen Cosmas Edwin Yunanto menyampaikan proses inventarisasi belum selesai. Data hasil inventarisasi itu akan difinalisasi dalam sarasehan dengan para perguruan pencak silat se-Kabupaten Sragen pada Minggu pagi.

“Saya belum mendapat laporan tentang jumlah patung atau tugu hasil inventarisasi itu. Untuk pertemuan Minggu besok itu yang diundang Forkompimda, KONI, IPSI, dan seluruh perguruan pencak silat di Sragen. Acaranya silaturahmi dan salah satu agendanya membentuk forum komunikasi bersama dan membahas tentang hasil inventarisasi tugu/prasasti perguruan pencak silat,” ujar Cosmas.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho