Ini Alasan Perlu Batasi Konsumsi Daging Merah

Ada dua alasan mengapa orang disarankan untuk batasi makan daging merah.

 Ilustrasi daging merah (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging merah (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Orang-orang disarankan membatasi konsumsi daging merah, apa alasannya? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Padahal bahan pangan ini kaya protein, vitamin B, zat besi dan zink. Namun asupannya sebaiknya jangan berlebihan.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Salah satu alasan mengapa perlu batasi konsumsi daging merah adalah demi menurunkan risiko terkena kanker.  Seperti dikutip dari Livestrong, Sabtu (13/8/2022), saat daging dimasak pada suhu tinggi, misalnya dipanggang atau digoreng, ada dua zat yang terkait dengan risiko kanker diproduksi yakni amina heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH).

Menyantap daging yang dimasak dengan baik dan sangat matang secara signifikan meningkatkan risiko kanker prostat, menurut sebuah penelitian terhadap sekitar 23.000 orang dalam Jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention edisi Januari 2008.

Baca Juga: Daging Hasil Rekayasa Laboratorium Makin Banyak Dijual di Singapura

HCA dan PAH juga terkait dengan peningkatan risiko munculnya kanker usus besar, berdasarkan studi dalam Nutrition and Cancer pada Oktober 2013.

Mengutip Antara, Minggu (14/8/2022), penelitian lain menghubungkan daging merah dengan kanker payudara terlepas dari metode memasaknya. Sebuah studi dalam International Journal of Cancer pada Agustus 2019 menunjukkan, orang yang banyak makan daging berisiko 23 persen lebih tinggi terkena kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit daging merah.

Di sisi lain, orang-orang yang menyantap lebih banyak daging unggas diamati memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena kanker daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.  Para peneliti menemukan orang yang mengganti daging merah dengan daging unggas mengalami penurunan risiko kanker payudara paling signifikan.

Baca Juga: 5 Manfaat Daging Kambing yang Tak Kalah dari Daging Sapi

Alasan lainnya orang-orang perlu membatasi asupan daging merah yakni demi menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Sebuah studi dalam BMJ pada Juni 2019 menemukan hubungan antara penyakit jantung dan daging merah yang tidak diproses.

Peneliti studi mengamati data kesehatan sekitar 80.000 orang tanpa penyakit jantung. Mereka yang makan lebih banyak daging merah selama periode delapan tahun lebih mungkin meninggal dalam delapan tahun berikutnya.

Para peneliti menemukan, makan setengah porsi ekstra atau lebih daging olahan setiap hari dikaitkan dengan risiko kematian 13 persen lebih tinggi.

Baca Juga: Beda Kecap Asin dan Kecap Ikan untuk Makanan, Jangan Tertukar ya!

Orang yang memakan hanya dua porsi daging merah atau olahan dikaitkan dengan risiko 3-7 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung dan risiko kematian 3 persen lebih tinggi, menurut sebuah studi dalam JAMA Internal Medicine pada Februari 2020.

Sebuah studi yang dipublikasikan pada Agustus 2022 di jurnal ?Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology pada hampir 4.000 orang menemukan, asupan daging merah yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Sumber: Antara

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Jalan Sunyi Handojo Santosa Sebagai Konglomerat

      Jalan Sunyi Handojo Santosa Sebagai Konglomerat

      Menyandang status sebagai konglomerat, Handojo Santosa memiliki berbagai kemewahan untuk menjadi orang besar, terkemuka dan berkuasa. Namun, wajahnya tergolong jarang tampil di hadapan media massa. Ia memilih jalan sunyi sebagai pemimpin yang melayani.

      Berita Terkini

      Kekayaan Konglomerat Wanita Terkaya di Indonesia Rp22,6 Triliun

      Siapa konglomerat wanita terkaya di Indonesia? Berikut ini adalah konglomerat wanita di Indonesia yang dua-duanya masuk dalam daftar wanita terkaya menurut Forbes tahun 2021.

      Doa Bercocok Tanam Menurut Islam Supaya Tumbuh Subur

      Berikut ini terdapat doa ketika bercocok tanam agar tumbuh subur menurut Islam yang dijelaskan oleh Nahdlatul Ulama atau NU online.

      Pakai Baju Bekas Biar Gaul

      Pemakaian baju bekas impor alias thrifting menjadi tren fesyen anak muda masa kini.

      Keistimewaan Angka 19 dalam Al-Qur’an yang Penuh Misteri

      Terdapat keistimewaan angka 19 dalam kitab suci umat Islam Al-Qur'an yang penuh misteri dan tak pernah disadari oleh umat muslim.

      Viral Jenazah di Kediri Digotong oleh Perangkat Desa, Ternyata Ini Alasannya

      Beredar video viral jenazah di Kediri, Jawa Timur, yang digotong oleh perangkat desa. Ternyata ini alasan sebenarnya yang terjadi.

      Terjadi di Colomadu Karanganyar, Ini Penyebab Hujan Es Menurut Ahli

      Terjadi di Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah pada Jumat (23/9/2022), ini dia penyebab hujan es menurut ahli dari ITS Surabaya.

      Psikolog: Stres Dapat Sebabkan Anak Kena Gangguan Makan

      Stres bisa menjadi salah satu penyebab anak-anak termasuk usia sekolah mengalami gangguan makan.

      Mimpi Membagikan Uang Memiliki Banyak Arti Positif

      Berikut ini sejumlah arti mimpi membagikan uang.

      Kerap Tidak Disadari, Kenali Gejala Umum Kanker Payudara

      Ada beberapa faktor risiko yang memicu perempuan rentan sakit kanker payudara sehingga mengenali gejala sejak awal menjadi penting.

      Usia Pasien Serangan Jantung Indonesia Lebih Muda Dibandingkan Eropa

      Usia pasien serangan jantung di Indonesia jauh lebih muda dibandingkan usia pasien di Eropa, AS, dan Jepang.

      Hitung-Hitungan Biaya Lebih Irit Kompor Listrik atau Gas

      Jika memakai biaya sendiri, lebih irit kompor listrik atau gas ya?

      Marie Bonaparte, Perempuan Pertama Peneliti Orgasme Wanita

      Penelitian Marie membuka jalan untuk eksplorasi lebih lanjut tentang orgasme wanita.

      Punya Arti Baik, Berbahagialah Jika Mimpi Berada di Istana

      Berikut ini sejumlah arti mimpi berada di istana.

      Pakar Ungkap Pentingnya Orgasme pada Wanita

      Dokter spesialis kandungan dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS mengungkapkan pentingnya pria membuat wanita (pasangannya) orgasme saat berhubungan intim.

      Ketahui Jenis dan Gejala Hernia pada Anak

      Gejala yang muncul akan tergantung pada jenis dan lokasi munculnya hernia.