Beda Kecap Asin dan Kecap Ikan untuk Makanan, Jangan Tertukar ya!

Agar tidak salah, ketahui beda kecap asin dan kecap ikan.

 Ilustrasi kecap. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecap. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Saat belanja di supermarket, mungkin kamu akan melihat kecap asin dan kecap ikan lalu apa beda keduanya ya? Simak ulasannya di tips masak sehat kali ini.

Keduanya selalu jadi opsi sebagai penambah cita rasa pada masakan, meski banyak sekali orang yang tak mengetahui perbedaan di antara keduanya. Persamaannya keduanya sangat bergantung pada garam untuk masing-masing rasa khas yang ditekankan oleh garam.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Lantas, apa saja sih perbedaan kecap asin dan kecap ikan? Melansir dari Spiceography dan Thai Food Paradise, Minggu (14/8/2022), berikut ini ulasannya:

1. Bahan baku

Perbedan pertama pada kecap asin dan kecap ikan adalah bahan utamanya. Kecap ikan dibuat dari ikan yang difermentasi. Sementara kecap asin terbuat dari kedelai dan gandum yang difermentasi.

Baca Juga: Torpedo Kambing Bisa Tingkatkan Gairah Seksual, Mitos atau Fakta?

2. Warna

Dikutip dari momsmoney.id, dari segi warna, kecap asin dan kecap ikan cukup jelas berbeda. Kecap asin memiliki warna coklat tua yang cukup pekat yang tidak bisa ditembus oleh cahaya. Sementara kecap ikan memiliki warna coklat yang lebih terang dan agak bening.

3. Aroma

Beda kecap asin dan kecap ikan berikutnya terletak pada aroma. Aroma kedua kecap ini juga sangat berbeda. Kecap ikan memiliki aroma bau yang cukup khas. Beberapa bahkan menganggap aromanya cukup mengganggu. Ini merupakan aroma amis yang berasal dari ikan yang difermentasi.

Baca Juga: Lima Bahan Ini Membuat Olahan Daging Kambing Lebih Lezat

Sementara kecap asin memiliki aroma yang tidak terlalu menyegat seperti kecap ikan. Aroma kecap asin cukup sulit digambarkan. Namun begitu, aroma kecap asin tak terlalu mengganggu hidung.

4. Cara menggunakan

Karena kecap asin dan kecap ikan adalah 2 hal yang berbeda, maka cara menggunakannya juga beda.  Agar bau amis dari kecap ikan tak terlalu menyengat, Anda bisa menggunakan sedikit perasan jeruk nipis/lemon.

Meski memang sedikit saja perasan jeruk nipis dapat membuat kecap ikan tak terlalu berbau, namun perasan jeruk nipis akan membuat efek rasa yang sedikit berubah. Apabila Anda tak mau rasanya berubah, Anda bisa dengan bijak mencelupkan makanan ke kecap asin dengan sangat sedikit.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Bawang Hitam Seperti Dikonsumsi Dewa 19

Sementara untuk kecap asin, Anda akan memperoleh rasa sedap yang sama seperti kecap ikan, tapi tanpa adanya bau menyengat. Kecap asin juga sangat ideal bagi mereka yang merupakan vegan atau yang memiliki alergi terhadap kandungan ikan.  Sayangnya, kecap asin tidak bisa dikonsumsi bagi mereka yang memiliki perut sensitif terhadap gluten.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Arti Mimpi Vampir yang Harus Kalian Waspadai

      Ada sejumlah arti mimpi terkait vampir.

      Obat Kuat yang Aman Dikonsumsi, Sebaiknya Konsultasi ke Dokter

      Untuk mengetahui obat kuat yang aman dikonsumsi, sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

      Kenali Gejala Infeksi Paru-Paru seperti Diidap Chris Martin

      Gejala infeksi paru-paru bisa berbeda pada setiap orang, tergantung penyebab, usia, hingga riwayat kesehatan penderitanya.

      Hukum Minum Obat Kuat dalam Islam Ternyata Diperbolehkan, Tapi Ada Syaratnya!

      Ternyata minum obat kuat dalam Islam diperbolehkan, tetapi ada syarat dan ketentuannya menurut Nahdlatul Ulama atau NU online.

      Ora Lanang Ora Wedok, Mengenal Frasa Gender Netral

      Gender netral alias non-binary alias non biner istilah yang dipakai untuk menggambarkan seseorang yang tidak mengidentifikasi dirinya secara eksklusif sebagai laki-laki atau perempuan alias ora lanang dan ora wedok. 

      Foto Profil Instagram Gibran Bikin Heboh Lagi, Netizen: Ada Masalah Apa to Mas

      Foto profil di akun Instagram resmi Gibran Rakabuming Raka kembali menjadi sorotan dengan menampilkan background Upin & Ipin.

      Kumpulan Kata-kata untuk Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2022

      Berikut ini terdapat kumpulan kata-kata yang bisa digunakan untuk ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 8 Oktober 2022.

      Bahaya Obat Kuat Tradisional Ilegal, Bisa Sebabkan Kematian

      Kemudahan akses membeli barang melalui online juga berimbas pada pembelian obat tradisional termasuk penjualan produk obat di bawah standar BPOM.

      Arti Mimpi Melihat Alien Tak Seburuk yang Dibayangkan

      Berikut ini sejumlah arti melihat alien.

      Simak Nih Beda Hotel Melati dan Berbintang

      Agar tidak salah pilih tempat akomodasi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beda hotel melati dan berbintang.

      Waspadai Efek Samping Obat Kuat

      Meski dapat membantu menggairahkan kehidupan seksual pasutri, mengonsumsi obat kuat pria memiliki beberapa efek samping yang harus diwaspadai.

      Tips Liburan ke Jepang di Tengah Pandemi Covid

      Demi kepentingan pariwisata, Jepang akan membuka perbatasannya dengan negara luar mulai 11 Oktober 2022 mendatang. 

      Ini Manfaat Tidur dengan Kucing

      Seperti memelihara hewan, tidur dengan kucing juga memiliki segudang manfaat.

      Ketahui Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil

      Ada sejumlah makanan pantangan ibu hamil.

      Kenali Faktor Penyebab Ibu Tega Bunuh Anak Kandung seperti Terjadi di Sragen

      Masih banyak masyarakat menghakimi lantaran enggan memahami faktor penyebab ibu membunuh anak kandung mereka