SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu hamil. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ada anggapan ibu hamil tidak boleh makan seafood termasuk kerang, apakah itu mitos atau fakta? Simak ulasannya di tips kehamilan kali ini.

Tidak sedikit wanita berbadan dua ngidam makanan laut terpaksa harus mengubur keinginannya dalam-dalam karena dianggap mengonsumsi makanan ini membahayakan kesehatan janin. Di satu sisi, pemilihan makanan saat hamil sangat penting untuk diperhatikan guna menjaga kesehatan diri dan janin dalam kandungan.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Salah satu pendapat yang beredar dan diyakini kebenarannya adalah ibu hamil tidak boleh makan kerang. Namun, jika ibu hamil membatasi jenis makanan apa yang harus dimakan, hal ini justru dapat mempersempit pilihan dan asupan makanan bernutrisi.

Mengutip laman sehatq.com pada Senin (30/5/2022), pada dasarnya, makan kerang untuk ibu hamil sebenarnya aman apabila dalam jumlah yang wajar dan diolah dengan benar.  Meski tidak semua jenis kerang untuk ibu hamil baik dikonsumsi, sebenarnya kerang mengandung zat gizi yang sangat diperlukan oleh bumil.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Ini Penjelasannya

Seafood, termasuk ikan, udang, cumi-cumi, kepiting, dan kerang, merupakan sumber protein dan asam lemak omega 3. Faktanya, komponen ini sangat diperlukan bagi proses tumbuh kembang janin dalam kandungan, khususnya otak dan mata.

Namun jika ingin mengonsumsi makanan ini, perhatikan cara mengolah yang benar.  Jika tidak diolah dengan benar bisa membahayakan kesehatan.

Kerang yang tidak diolah dengan matang atau mentah dapat meningkatkan risiko keracunan makanan, kolera, dan infeksi penyakit lainnya karena mengandung bakteri Vibrio. Infeksi penyakit tersebut dapat menyebabkan tubuh ibu hamil kekurangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Jika kondisi ini cukup parah dialami oleh pada ibu hamil, maka dapat berakibat fatal.

Baca Juga: Kematian Ibu Hamil di Solo Tinggi, Selvi Ananda Sorot Peran Suami

Selain itu, beberapa jenis kerang mungkin mengandung kadar merkuri yang tinggi. Bahaya terlalu banyak merkuri dalam aliran darah dapat merusak perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

Agar tidak salah, ibu hamil boleh mengonsumsi kerang asalkan memperhatikan sejumlah cara ini:

1. Ikuti aturan konsumsi makan kerang untuk ibu hamil

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat menyarankan kerang untuk ibu hamil bisa dikonsumsi 8-12 ons atau 2-3 per porsi setiap minggunya.

2. Pilih kerang yang berkualitas

Cara mengonsumsi kerang untuk ibu hamil yang aman lainnya adalah dengan memilih kerang segar berkualitas baik. Anda dapat menemukannya di supermarket yang terjaga kebersihannya.

Baca Juga: Ibu Hamil dengan Kondisi Kehamilan Ini Tidak Disarankan Berpuasa

Jika Anda tidak ingin segera memasak kerang secara langsung, sebaiknya simpan kerang di dalam freezer.

3. Masak kerang sampai matang sempurna

Ibu hamil sebaiknya menghindari makan kerang mentah. Pasalnya, kerang mentah mengandung bakteri atau virus yang dapat membahayakan Anda dan janin dalam kandungan. Bakteri atau virus apa pun yang terdapat dalam kerang mentah biasanya akan mati apabila dimasak dengan benar dan matang.

Baca Juga: Tips Bepergian Nyaman bagi Ibu Hamil 7 Bulan Seperti Aurel Hermansyah

Maka dari itu, ibu hamil tidak boleh makan kerang hanyalah mitos. Wanita yang tengah mengandung boleh mengonsumsinya asalkan memasaknya sampai matang sempurna pada suhu internal 63 derajat Celsius. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko keracunan makanan.

Anda dapat memasak kerang hingga cangkangnya terbuka. Sebaiknya, buang kerang yang cangkangnya tidak terbuka saat dimasak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya