SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu hamil makan durian. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Hanya mencium bau harumnya saja bisa membuat penggemarnya ngiler, namun bolehkah ibu hamil makan buah durian?  Simak ulasannya dalam tips kehamilan kali ini.

Tekstur buah yang lembut, rasanya yang manis dan baunya yang menyengat membuat durian menjadi buah favorit untuk sebagian orang. Selain rasanya yang lezat, durian kaya nutrisi, seperti folat, kalsium, serat, magnesium, niasin, tiamin, vitamin A, C, E dan nutrisi lainnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun ibu hamil mungkin merasa khawatir makan durian karena buah ini cenderung tinggi gula. Lantas, bolehkah wanita yang sedang mengandung mengonsumsi durian?

Jangan khawatir, ibu hamil tetap boleh kok mengonsumsi buah ini kok. Mengutip laman halodoc.com pada Senin (23/5/2022), buah ini bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil karena kandungan nutrisinya. Asam folat dalam durian berfungsi mencegah cacat lahir pada calon bayi. Serat yang ada pada durian juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil yang berisiko mengalami sembelit.

Baca Juga: Durian Menyebabkan Darah Tinggi, Mitos atau Fakta?

Tidak hanya itu, buah ini juga memiliki sifat anti bakteri, anti jamur dan anti mikroba, sehingga masih aman dikonsumsi selama kehamilan. Kandungan antioksidan dalam durian membuat ibu hamil bisa terlindungi dari serangan radikal bebas dan polutan. Meski banyak manfaatnya, ibu hamil tetap harus mematuhi tips mengongsumsi buah ini.

Salah satu tipsnya adalah ibu hamil disarankan makan durian dalam jumlah sedang saja. Makan durian secara berlebihan dapat meningkatkan berat badan calon bayi. Ukuran bayi yang terlalu besar berisiko menyulitkan ibu selama proses persalinan. Hal ini karena durian memiliki jumlah kalori dan gula yang cukup tinggi. Normalnya, kenaikan berat badan selama kehamilan berkisar antara 12-16 kilogram.

Baca Juga:  Penyuka Durian Wajib Datang ke Pasar Kembang Klaten, Dijamin Tak Rugi

Selain itu ada beberapa tips mengonsumsi durian agar kehamilan tetap berjalan normal dan tidak mengganggu perkembangan bayi. Makan durian secukupnya, yaitu tidak lebih dari 2 potong. Selain itu, hindari mengonsumsi durian terlalu sering. Pilih durian yang tidak kematangan dan tidak memiliki daging tebal. Durian yang terlalu matang dan tebal dapat meningkatkan kolesterol. Jangan lupa untuk banyak minum air putih setelah konsumsi durian.

Baca Juga: Wow, Shin Tae-yong Traktir Pemain Timnas U-23 Piza dan Durian, Ada Apa?

Wanita mengandung yang mengidap kondisi tertentu, seperti diabetes gestasional, punya riwayat keluarga diabetes, dan mengalami obesitas tidak disarankan untuk mengonsumsi buah ini. Selain itu, ibu hamil yang memasuki trimester ketiga juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah bercita rasa legit ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya