SOLOPOS.COM - Aksi power forward West Bandits Solo, Patrick Nikolas (kiri) pada laga ketiga babak play-off melawan Prawira Bandung di Britama Arena, Jakarta, Selasa (25/5/2021). Patrick mencetak 17 poin yang membawa tim unggul 80-70. (Istimewa/IBL)

Solopos.com, JAKARTA—Kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) musim ini dipastikan bakal semakin semarak. Ajang bola basket level tertinggi di Indonesia itu bakal diikuti 16 tim dari penjuru nusantara.

Hal ini setelah IBL menerima empat anggota baru yakni Bumi Borneo Basketball Pontianak, Evos Basketball Bogor, RANS PIK Basketball, dan Tangerang Hawks.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Satu kandidat lainnya, Louvre Malang masih belum dapat bergabung. Sementara itu, klub asal Solo, West Bandits, juga memastikan keikutsertaannya di IBL 2022.

Baca Juga: Stadion Calon Tuan Rumah Liga 2 Mulai Diverifikasi

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, mengatakan IBL berkomitmen mengembangkan industri basket nasional sejak perubahan manajemen pada 2019. Menurut Junas, penambahan tim di musim kompetisi IBL 2022 merupakan bagian dari perencanaan dua tahun lalu.

“Hari ini menjadi sejarah penting bagi IBL. Sesuai dengan blue print [cetak biru] yang kami siapkan, IBL punya jangka menengah dan panjang di mana kami ingin klubnya semakin banyak,” ujar Junas dalam jumpa pers virtual, Rabu (15/9/2021).

Bertambahnya jumlah klub sekaligus memperluas penyebaran klub ke berbagai daerah. Jika musim sebelumnya klub IBL hanya tersebar di delapan kota (12 tim), kini ada 12 kota dengan 16 tim yang akan menyemarakkan kompetisi.

Baca Juga : Proyek Persis Youth U-20 Dimulai

Jumlah pertandingan dalam semusim pun meningkat dari semula 96 game menjadi 176 game (khusus seri reguler). “Semakin banyak laga dan menyebarnya klub, harapannya potensi pemain muda di daerah makin tergali. Pecinta basket juga bisa semakin panjang menikmati IBL,” ujarnya.

Kehadiran RANS PIK Basketball menarik perhatian lantaran klub tersebut milik selebritas Raffi Ahmad. Raffi yang baru saja membentuk tim sepak bola RANS Cilegon FC itu mengklaim serius dalam mengembangkan klub basket.

“Kalau kami sudah menurunkan nama RANS, yang pasti itu bukan untuk setahun dua tahun. Kami serius, bukan cuma gaya-gayaan atau ikut-ikutan. Kami mau memajukan basket dengan apa yang kami punya,” ujar Raffi.

Baca Juga: Firli Bahuri Klaim Keputusan KPK Berhentikan Novel Baswedan Cs Konstitusional

Selain empat klub baru, IBL musim depan akan diikuti Bali United, Dewa United, Satria Muda Jakarta, Bima Perkasa Yogyakarta, Prawira Bandung, Pelita Jaya Jakarta, Pacific Caesar Surabaya, Hangtuah Jakarta, NSH Jakarta, Satya Wacana Salatiga, dan West Bandits Solo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya