Tutup Iklan

Proyek Persis Youth U-20 Dimulai

Proyek Persis Youth U-20 menjadi langkah awal untuk menciptakan pemain berkualitas yang dapat menjadi tulang punggung tim di masa mendatang.

 Pancar Nur Widiastono (istimewa/Persis)

SOLOPOS.COM - Pancar Nur Widiastono (istimewa/Persis)

Solopos.com, SOLO–Persis Solo menegaskan komitmennya untuk menyusun pembinaan berjenjang sebagai upaya regenerasi pemain. Proyek Persis Youth U-20 menjadi langkah awal untuk menciptakan pemain berkualitas yang dapat menjadi tulang punggung tim di masa mendatang.

Tak hanya itu, Persis berambisi mencetak pemain yang dapat berkontribusi hingga level Timnas Indonesia. Hingga kini manajemen telah merekrut 28 pemain belia berbakat dari penjuru Nusantara.

Mayoritas pemain merupakan jebolan Garuda Select, Vamos Indonesia, Gothia Cup, Liga Top Skor hingga Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan. Saat ini sebagian pemain Persis Youth  turut dipanggil dalam pemusatan latihan Timnas U-18 untuk Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga: Firli Bahuri Klaim Keputusan KPK Berhentikan Novel Baswedan Cs Konstitusional

Manajer Persis, Erwin Widianto, mengatakan progres pembentukan Persis Youth U-20 hampir final. “Sudah berjalan 80%, targetnya kami bisa memanggil seluruh pemain untuk latihan bulan depan. Saat ini sudah ada beberapa pemain yang ikut berlatih bersama tim senior,” ujar Erwin kepada wartawan, Rabu (15/9/2021).

Manajemen kini turut menyiapkan tim kepelatihan, lapangan, serta mes pemain bagi pembinaan di akademi. Erwin mengatakan para pemain muda binaan akademi Persis didorong untuk mendapat pengalaman bermain di level nasional dan internasional.

Salah satu rencana terdekat adalah kerja sama pembinaan dengan tim divisi tiga Liga Inggris, Oxford United. “Kami ingin menyalurkan bakat-bakat muda di Persis Youth ke klub terbaik di berbagai belahan dunia. Dengan begitu mereka punya pengalaman dan mental yang teruji,” ucap Erwin.

Baca Juga: KPK Berhentikan 56 Pegawai Tak Lolos TWK, Ini Sikap Jokowi

 

Kiper Baru

Pelatih Persis, Eko Purdjianto, mengatakan ide pembentukan tim muda merupakan prasyarat bagi sebuah klub yang ideal. Apalagi Laskar Sambernyawa punya target promosi ke Liga 1 musim depan.

Artinya, klub butuh akademi untuk memasok pemain dalam jangka panjang sekaligus memenuhi regulasi PSSI. “Kita tahu tim Liga 1 harus punya tim youth untuk berkompetisi di Elite Pro Academy. Klub masih di Liga 2 tapi punya tim muda itu luar biasa,” ujarnya.

Sementara itu Persis baru saja mendatangkan satu pemain muda berbakat lagi yakni Pancar Nur Widiastono. Kiper yang pernah mengikuti program pelatihan di klub Spanyol, Real Valladolid, ini tentu bakal memanaskan persaingan di posisi penjaga gawang. Sebelumnya Persis sudah memiliki Wahyu Tri Nugroho, M. Fahri, Erlangga Setyo dan Nuri.

Baca Juga: Update Covid-19 Indonesia Hari Ini: Kasus Positif Bertambah 3.948 Orang

“Pengalaman saya di Eropa dapat menjadi bekal untuk mengarungi Liga 2. Saya akan belajar banyak, menyerap ilmu, dan menambah pengalaman di Persis,” ujar eks kiper Persija Jakarta itu.


Berita Terkait

Berita Terkini

Manchester City Bercokol di Posisi Puncak Seusai Tundukkan Watford 3-1

Manchester City merebut posisi puncak klasemen Liga Inggris seusai membekuk Watford 3-1 dalam laga pekan ke-15 di Stadion Vicarage Road.

West Ham Tundukkan Chelsea, Liverpool Menang Atas Wolverhampton

West Ham United merontokkan rekor pertahanan Chelsea demi meraih tiga poin dalam laga pekan ke-15 Liga Inggris. West Ham menang dengan skor 3-2.

Mantap! Marcus/Kevin Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses melaju ke babak final BWF World Tour Finals 2021.

Prediksi Skor Wolves vs Liverpool, The Reds Menang Selisih 2 Gol?

Pekan ke-15 Liga Premier Inggris akan menyajikan duel menarik antara Wolverhampton Wanderers melawan Liverpool.

Prediksi Skor dan Susunan Pemain West Ham vs Chelsea, Siapa Menang?

Pemuncak klasemen sementara Liga Premier Inggris, Chelsea, mendapat tantangan dari sesama tim London, West Ham United, pada pekan ke-15.

Peringatan Hari Disabilitas, Penyandang Berlatih Panjat Dinding di Solo

Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti latihan panjat dinding perdana sekaligus deklarasi lahirnya Indonesian Paraclimbing Club (Indpac).

Greysia/Apriyani Kalah di Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu gagal melaju ke partai puncak BWF World Tour Finals 2021.

Jadwal Liga Inggris Malam Ini, Wolves vs Liverpool Ditayangkan SCTV

Liga Premier Inggris kembali digeber pada akhir pekan ini setelah pada tengah pekan lalu juga memainkan laga.

Timnas Indonesia Tiba di Singapura, Egy dan Elkan Belum Gabung

Timnas Indonesia telah tiba di Singapura untuk terjun Piala AFF 2020 setelah menempuh perjalanan panjang dari Antalya, Turki, pada Kamis (2/12/2021) malam.

Jalan Terjal Persis Solo di Babak 8 Besar Liga 2

Persis Solo tergabung dalam Grup X bersama Sriwijaya FC, RANS Cilegon FC, dan Persiba Balikpapan dalam lanjutan babak delapan besar Liga 2 Indonesia.

Viral! Eks Striker Timnas Indonesia Tendang Suporter di Tribune

Eks striker Timnas Indonesia, Saktiawan Sinaga, melakukan aksi tak terpuji saat berlaga di Liga 3 bersama klub Medan Utama.

Statistik Iqbal Al Ghuzat, Bek PSG Pati yang Jadi Incaran Persis Solo

Persis Solo dikabarkan mengincar pemain PSG Pati, Iqbal Al Ghuzat, untuk menambah kekuatan pada babak 8 Besar kompetisi Liga 2.

Hasil Lengkap Pertandingan Pekan ke-14 Liga Inggris dan Klasemen

Liga Premier Inggris telah menyelesaikan pertandingan di pekan ke-14. Sejumlah tim top berhasil memetik kemenangan.

Selamat! Greysia/Apriyani Lolos Semifinal BWF World Tour Finals

Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses melaju ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2021.

Hore! Liga Basket Mahasiswa Bergulir Kembali

Liga Mahasiswa (LIMA) Basketball 2021 resmi bergulir ditandai tip off oleh Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan di kawasan Robinson Cisarua, Bogor.