Tutup Iklan
Head to Head EA Vs Joswi di Pilkada Sukoharjo, Bagaimana Tim Pemenangan Mereka?
Ilustrasi Pilkada Sukoharjo 2020. (Dok Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO – Dua pasangan bakal calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup) Etik Suryani-Agus Santosa atau EA dan Joko “Paloma” Santosa-Wiwaha Aji Santosa atau Joswi mulai ancang-ancang strategi dalam menghadapi Pilkada Sukoharjo. Bagaimana dengan tim pemenangan mereka dalam Pilkada Sukoharjo?

Apa lagi masa pendaftaran bakal pasangan cabup-cawabup mulai dibuka pada 4 September- 6 September 2020.

Pilkada Sukoharjo dipastikan hanya diikuti dua pasangan cabup-cawabup yakni EA dan Joswi. Kedua pasangan calon tersebut bakal memperebutkan suara terbanyak dalam pemungutan suara pada 9 Desember.

Braakkk… Mobil VS Truk di Jl Solo-Jogja Klaten

Pasangan EA telah mendapat rekomendasi dari PDIP. Sementara pasangan Joswi mendapat rekomendasi dari Partai Gerindra, PAN dan PKS sebagai tiket menuju panggung politik lima tahunan.

Dari delapan partai di parlemen, empat partai telah menerbitkan rekomendasi pasangan calon. Sementara empat partai lainnya masih menunggu rekomendasi yang diterbitkan struktural partai di pusat. Keempat partai itu yakni Partai Golkar, PKB, Partai Nasdem dan Partai Demokrat.

Kendati bisa sendirian mengusung pasangan calon, PDIP juga masih menunggu rekomendasi partai lainnya. Lantas bagaimana dengan tim pemenangan EA dan Joswi dalam Pilkada Sukoharjo.

Tak Hanya Gibran, Sederet Anak Presiden Dalam dan Luar Negeri Juga Terjun ke Politik

“Belum ada penyusunan tim pemenangan pasangan calon. Kami masih menunggu petunjuk teknis dari KPU Sukoharjo,” kata Ketua DPC PDIP Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, Kamis (30/7/2020).

Para pasangan calon wajib memenuhi persyaratan administrasi termasuk menyetorkan data tim pemenangan koalisi partai.

Lantaran belum semua partai menerbitkan rekomendasi, struktural PDIP belum menyusun tim pemenangan pasangan EA dalam menghadapi Pilkada Sukoharjo.

Wardoyo menyebut saat ini, pasangan EA baru mendapat rekomendasi dari PDIP. Dia membuka pintu lebar untuk partai lain yang belum menentukan arah politik untuk berkoalisi dengan PDIP di Pilkada Sukoharjo.

Kisah Tragis Pasutri di Tegal Tewas Bersimbah Darah Dibunuh Rekan Bisnis

“Belum ada hitam di atas putih sehingga saya tak berani berbicara banyak. Jika ada partai lain yang memberi rekomendasi resmi kepada pasangan EA baru saya berani bicara. Saya tak ingin membohongi masyarakat,” papar dia.

Tunggu Rekomendasi

Hal senada diungkapkan Sekretaris DPC Partai Gerindra Sukoharjo, Eko Sapto Purnomo. Koalisi partai pengusung pasangan Joswi belum menyusun tim pemenangan yang disetorkan saat pendaftaran bakal pasangan calon ke KPU Sukoharjo.

Koalisi partai tengah melakukan konsolidasi internal dan memperkuat jaringan sukarelawan yang tersebar di 167 desa/kelurahan.

Paguyuban Eks Kades Dukung Joswi Di Pilkada Sukoharjo 2020, Kades Aktif Ogah Diseret-Seret

Wakil Ketua DPRD Sukoharjo ini menyampaikan koalisi partai juga masih menunggu rekomendasi partai lain yang bergabung untuk mengusung pasangan Joswi.

“Kami masih menunggu arah politik partai lain. Setelah koalisi partai komplit, kami segera merancang tim pemenangan pasangan Joswi dalam menhadapi Pilkada Sukoharjo,” kata dia.

Sementara itu, Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, mengatakan telah menyosialisasikan tahapan pendaftaran bakal pasangan calon kepada pengurus parpol.

Coklit Data Pemilih Pilkada 2 RT di Sukoharjo Ini Pakai Grup Whatsapp, Kenapa?

Ada beberapa persyaratan administrasi yang wajib dipenuhi masing-masing bakal pasangan calon saat mendaftar ke KPU Sukoharjo.

“Yang jelas, tidak ada pasangan calon jalur perseorangan atau independen dalam pilkada. Pendaftaran bakal pasangan calon dibuka pada 4 September,” kata dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho