Kategori: Solo

Harapan Pelaku Bisnis Wisata terkait Pengoperasian KA Bandara Solo


Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi

Solopos.com, SOLO -- Rencana pengoperasian Kereta Api (KA) Bandara Desember 2019 nanti mendapat sambutan positif dari berbagai pihak.

Sejumlah pelaku bisnis biro perjalanan wisata maupun maskapai berharap keberadaan KA Bandara menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat domestik maupun mancanegara untuk datang ke Solo.

Managing Director Wida Tour, Djunanto Hutomo, mengatakan keberadaan KA Bandara nantinya akan sangat membantu wisatawan domestik maupun mancanegara yang menggunakan jalur udara untuk menuju Solo dan sekitarnya.

Terlebih melalui KA Bandara nantinya bisa terhubung ke terminal bahkan bisa sampai Jogja dengan menyambung kereta api lokal.

"Kami tentunya senang sekali dengan adanya fasilitas itu, sebab di mana-mana di negara-negara lain, kami lihat untuk bandara itu bisa dijangkau transportasi apa pun. Jadi ini bagus sekali," kata dia saat dihubungi solopos.com, Senin (4/11/2019).

Hanya, menurutnya, fasilitas tersebut belum terlalu cocok untuk segmen wisatawan grup.

"Misalnya untuk wisatawan Kunming dengan jumlah sekitar 170, meski rutenya setelah tiba di Bandara Adi Soemarmo kemudian dilanjutkan ke Jogja, akan terlalu berisiko jika menggunakan jalur jereta. Jumlahnya banyak, sehingga untuk memantaunya susah. Tapi kalau yang domestik atau wisatawan mancanegara perorangan apalagi yang sudah berani jalan-jalan sendiri, itu sangat bagus dan menarik," lanjut dia.

Lebih lanjut dia berharap untuk jembatan penghubung Stasiun Solo Balapan dan Terminal Tirtonadi di Solo, bisa dilengkapi angkutan khusus.

"Misalnya seperti kendaraan di lapangan golf itu atau yang lain. Biar ketika melewati jembatan malam hari, itu tidak bingung atau takut. Kemudian bagi pengunjung yang membawa barang banyak, juga biar lebih nyaman," kata dia.

Owner Zas Holiday, Dyah Ratna Heryati, juga berharap keberadaan KA Bandara bisa melengkapi akses penghubung Bandara Adi Soemarmo dengan pusat Kota Solo.

Dia mengatakan untuk saat ini sebagai transportasi penghubung sudah ada taksi dan kendaraan lainnya. Namun dengan hadirnya KA Bandara, bisa menambah pilihan bagi masyarakat.

"Semoga ini akan semakin menambah daya tarik untuk wisatawan. Terutama untuk domestik," kata dia.

Di sisi lain, Area Manajer Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)-Jawa Tengah (Jateng) Lion Air Group, Widi Wiyanti, mengatkan secara lengkap, pihaknya belum mengetahui informasi mengenai KA Bandara tersebut.

Namun secara umum pihaknya mendukung keberadaan KA Bandara tersebut sebagai fasilitas transportasi yang terintegrasi.

"Intinya kami mendukung program pemerintah. Terlebih fasilitas itu juga akan mendukung keberadaan alat transportasi yang terintegrasi," kata dia.

Sementara itu General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, mengatakan saat ini fasilitas untuk Stasiun Bandara sudah lengkap, tinggal menunggu kesiapan operasional yang direncanakan Desember nanti.

"Ada toilet, ruang tunggu dan sebagainya, sama seperti Terminal Bandara," kata dia saat ditemui wartawan di Solo, Senin.

Dia juga mengatakan jadwal perjalanan KA Bandara nantinya juga sudah disesuaikan dengan jadwal penerbangan pesawat di Bandara Adi Soemarmo.

"Jadi pesawat pertama terbang pukul 06.00 WIB. Untuk lebih memudahkan nanti di Stasiun Solo Balapan akan kami siapkan untuk check in bagi yang akan menggunakan pesawat," kata dia.

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati