SOLOPOS.COM - Ilustrasi paspor (opmsecurity.com)

Solopos.com, SOLO -- Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Surakarta membuka layanan pembuatan dan penggantian paspor di Solo Paragon Mall selama tiga hari, Selasa-Kamis (29-31/10/2019).

Pelayanan paspor di mal ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya di Solo Square pada Sabtu-Minggu (22-23/6/2019). Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta, Said Ismail, mengatakan pembuatan paspor di mal ini sebagai salah satu peningkatan pelayanan terhadap masyarakat.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Selain itu, pelayanan ini sebagai bagian dari Festival Pelayanan Publik yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Solo di Solo Paragon Mall, Selasa-Kamis (29-31/10/2019).

Teror Video Call Cabul Gegerkan Karanganyar

“Pelayanan paspor di mal ini sebagai partisipasi kami dalam Festival Pelayanan Publik yang digelar Pemkot Solo. Selama tiga hari kuota pelayanannya untuk 60 orang per hari,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (29/10/2019).

Said menjelaskan layanan paspor di mal ini untuk pengajuan pembuatan paspor baru dan penggantian paspor. Adapun pelayanan dibagi menjadi dua sesi, yakni pagi pukul 10.00 WIB-15.00 WIB dan sore pukul 15.00 WIB-21.00 WIB. Sementara kuota per sesi 30 orang.

Pengunjung yang hendak membuat paspor baru tinggal membawa syarat-syarat baik asli maupun fotokopi. Syarat itu antara lain e-KTP, kartu keluarga, akta kelahiran/ijazah, akta nikah, dan surat rekomendasi jika akan umrah atau bekerja.

Sedangkan untuk penggantian paspor, cukup membawa e-KTP dan paspor lama. Biaya pembuatan paspor 48 halaman nonelektronik Rp350.000.

Ada Sosok Kuat di Belakang Gibran Rakabuming, Tapi Bukan Jokowi

“Adanya pembukaan rute penerbangan baru [luar negeri] membuat pemohon pengajuan paspor baru semakin banyak. Jika dibandingkan tahun lalu ada kenaikan sekitar 3% sekarang. Di sisi lain, rata-rata mereka yang mengajukan untuk keperluan umrah. Persentasenya sekitar 40% umrah dan 60% wisata,” imbuhnya.

Demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, pengajuan paspor ini bisa diakses di dua tempat. Pertama di Kantor Imigrasi TP I Surakarta di Colomadu, Karanganyar, dengan kuota 100 orang per hari.

Kedua Unit Layanan Paspor (ULP) di kompleks Ruko Saraswati Solo Baru, Sukoharjo, sebanyak 80 orang. Sementara itu, salah satu warga, Yunita, mengaku terbantu dengan adanya layanan pembuatan paspor di mal ini.

“Saya berharap layanan seperti ini dirutinkan sehingga kami tak perlu antre panjang di Kantor Imigrasi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya