Kopral Dua Hardius Rusman, tentara yang mampu menguasai tujuh bahasa asing. (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO — Salah satu anggota Kodim 0111/Bireuen, Kopral Dua Hardius Rusman, mendadak viral di media sosial setelah diketahui mampu menguasai tujuh bahasa asing. Tak disangka, ketujuh bahasa itu ia pelajari secara otodidak.

Dikutip dari Liputan6.com, Minggu (6/10/2019), Hardius mampu berbahasa Jerman, Prancis, Portugal, Spanyol, Inggris, dan Italia. Uniknya, tentara yang kini tengah viral itu mempelajari bahasa asing tersebut hanya melalui media sosial seperti Facebook, Whatsapp, dan lainnya.

Atas kemampuan itu, Hardius sempat diundang di salah satu talkshow di salah satu stasiun televisi nasional. Di acara tersebut, sang kopral mengaku sudah mempelajari bahasa asing sejak duduk dibangku SMA.

Ia mengatakan alasan mempelajari bahasa asing agar lebih mengetahui dunia, budaya asing, serta makanan asing. Berkat kemampuannya tersebut, ia juga sempat dipercaya sebagai pemandu untuk mendampingi istri dan keluarga atase militer dari 22 negara yang berkunjung ke Aceh pada 6 Agustus 2019.

Bahasa asing pertama yang ia pelajari adalah bahasa Inggris. Ia mempelajari bahasa Inggris sejak SMA. Meski telah menguasai banyak bahasa, ia masih ingin mempelajari satu bahasa lagi, yakni bahasa Arab.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten