Gibran VS Purnomo, Siapa Dapat Rekomendasi di Pilkada Solo 2020? Ini Jawaban PDIP
Achmad Purnomo, Puan Maharani, Gibran Rakabuming Raka, dan Teguh Prakosa di DPP PDIP seusai fit and proper test, Senin (10/2/2020). (Antara)

Solopos.com, SEMARANG – PDIP bakal mengumumkan rekomendasi pasangan calon (paslon) yang diusung dalam pilkada serentak 2020 mulai pekan depan. Lantas, siapakah di antara Gibran Rakabuming Raka dan Achmad Purnomo yang mendapat rekomendasi maju sebagai calon wali Kota Solo dari PDIP?

Seperti diketahui, DPP PDIP memanggil tiga calon yang diusulkan DPC PDIP Solo untuk menjalani fit and proper test di Jakarta. Ketiga orang tersebut adalah cawali-cawawali, Achmad Purnomo-Teguh Prakosa, dan Gibran Rakabuming Raka.

4.123 Peserta SKD CPNS 2019 Sragen Tak Lolos Passing Grade

Sayangnya, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP PDIP, Bambang “Pacul” Wuryanto, tidak menyebutkan pasti kapan rekomendasi paslon PDIP untuk Pilkada Solo 2020, disampaikan. Ia tidak mau mendahului kewenangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, mengumumkan rekomendasi paslon tersebut.

“Saya enggak hafal, itu masih jadi rahasia DPP [PDIP]. Tapi, akhir Maret nanti semuanya sudah clear,” tegas Bambang Pacul, kepada Solopos.com, Sabtu (15/2/2020).

Bambang Pacul yang sekaligus menjabat sebagai Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng) tidak menjelaskan detail paslon daerah mana saja yang diberikan rekomendasi PDIP pada tahap pertama. Ia hanya menyebut kemungkinan rekomendasi diberikan kepada paslon yang persiapannya menghadapi Pilkada 2020 sudah matang.

3.000 Permen Karet Nempel di Candi Borobudur, Ulah Pengunjung Liar!

“Bisa jadi nanti tahap pertama rekomendasi diberikan pada daerah yang paslonnya sudah berpeluang besar menang. Mungkin daerah yang diikuti petahana [Kota Semarang, Grobogan, dan Wonogiri]. Pastinya, dari sekian banyak daerah yang menggelar pilkada, Jateng ada,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, PDIP bakal mengumumkan rekomendasi untuk pilkada 2020 secara bertahap. Jika tahap pertama diumumkan pekan depan, maka tahap kedua diumumkan pada pekan pertama Maret 2020. Sedangkan tahap ketiga atau pamungkas diumumkan pada pekan terakhir Maret.

Terawan: WNI eks Wuhan di Natuna Jadi Duta Kesehatan

“Jadi nanti H-6 [enam bulan] sebelum coblosan [23 September 2020], kita sudah clear. Seluruh rekomendasi sudah kita umumkan. Tinggal, langkah selanjutnya kita persiapkan strategi pemenangannya,” jelas Bambang Pacul.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho