Gibran Sebut Lahan Eks HP 16 Solo Dibangun Dengan Konsep 100-0-100, Apa Maksudnya?
Rumah warga di lahan eks HP 16, Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon, Solo, yang akan ditata menjadi kawasan perumahan, kantor, dan asrama Brimob Polda Jateng. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyebut kawasan eks HP 16, Semanggi, Pasar Kliwon, akan dibangun dengan konsep 100-0-100.

Gibran menyampaikan hal tersebut lewat unggahan di akun Instagramnya @gibran_rakabuming, Selasa (2/3/2021). Saat itu, Gibran bersama Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa dan beberapa pejabat Pemkot Solo menyambangi bekas kawasan kumuh tersebut.

Kunjungan itu satu rangkaian dengan peninjauan vaksinasi Covid-19 di RSUD Bung Karno, Solo. "Proyek 100-0-100 akan dibangun di kawasan [Semanggi] ini yang akan diproyeksikan pada program ketersediaan 100 persen air minum, 0 persen kawasan kumuh dan 100 persen fasilitas sanitasi serta drainase," tulis Gibran.

Baca Jua: Mendadak Sesak Napas, Warga Mojo Solo Meninggal Saat Ngobrol Dengan Teman Di Pasar Gading

Lalu apa sebenarnya konsep 100-0-100 itu?

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, gerakan 100-0-100 merupakan program pemerintah pusat dalam hal pengentasan kawasan permukiman kumuh perkotaan. Dasarnya UU No 1/2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Baca Juga: Rel Layang Joglo Solo Naik Dari Viaduk Gilingan, Ground Breaking Direncanakan Juli

Integrasi Pusat Kegiatan

Aturan itu kemudian dijabarkan dalam Peraturan Presiden No 2/2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional III Tahun 2015-2019. Dalam Perpres ini diatur mengenai sasaran pembangunan kawasan permukiman yang kemudian menjadi gerakan 100-0-100.

Perinciannya, tercapainya 100% pelayanan air minum bagi seluruh penduduk, pengentasan permukiman kumuh perkotaan menjadi 0%. Kemudian meningkatnya akses penduduk terhadap sanitasi layak menjadi 100% pada tingkat kebutuhan dasar.

Baca Juga: DLH Sukoharjo Sebut Air Merah Darah Di Pundungrejo Tawangsari Fenomena Langka

Seusai program Pemkot Solo, lahan eks HP 16 Semanggi yang ditinjau Gibran pada awal pekan ini, akan menjadi integrasi pusat kegiatan sosial yang produktif dan indah tampilan fisiknya. "Itu yang kita harapkan bersama. Semoga proses pembangunan berjalan lancar dan sesuai agenda," tulis Gibran.

Di lahan itu akan dibangun ratusan unit rumah warga. Kemudian gedung SMAN 2 Solo juga akan dipindahkan ke Kelurahan Semanggi. Begitu juga Mako Brimob akan dibangun di lahan eks HP 16 itu.



Berita Terkini Lainnya








Kolom