Gibran Dilaporkan ke KPK, Legislator DPRD Solo: Laporkan Balik

Wakil Ketua DPRD Solo Taufiqurrahman menilai perlu untuk Gibran dan Kaesang yang telah dilaporkan ke KPK untuk melaporkan balik si pelapor.

 Sekretaris DPD Partai Golkar Solo, Taufiqurrahman, saat wawancara dengan wartawan di RM Bunga Padi Solo, Kamis (18/11/2021). (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Sekretaris DPD Partai Golkar Solo, Taufiqurrahman, saat wawancara dengan wartawan di RM Bunga Padi Solo, Kamis (18/11/2021). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Berbeda dengan Gibran Rakabuming Raka yang lebih memilih diam menanggapi kabar dirinya dilaporkan ke KPK, legislator DPRD Solo justru menyarankan agar Gibran melaporkan balik si pelapor. Sebelumnya, pelaporan dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, ke KPK menjadi kontroversi di tengah masyarakat.

Diwawancarai Solopos.com, belum lama, ini, Wakil Ketua DPRD Solo, Taufiqurrahman, melihat perlunya Gibran melaporkan balik di pelapor yakni dosen UNJ Ubedillah Badrun ke pihak berwajib. “Saya malah berharap beliaunya [Gibran] melaporkan kembali pelapornya itu. Kalau Mas Gibran merasa tuduhan itu tak benar ya segera laporkan balik saja,” terang Taufiq.

PromosiKenaikan TDL Pelanggan 3.000 VA Berpotensi Tambah Beban Industri

Baca Juga: Wali Kota Solo Gibran Dilaporkan ke KPK, Ini Kata Politikus PKS dan PSI

Dengan melaporkan balik si pelapor, menurut Taufiq, bisa menjadi tanda bagi masyarakat bahwa tuduhan yang dialamatkan kepada Gibran tidak benar. “Cuma selama ini kan kita lihat bersama Mas Gibran masih santai-santai saja. Lah kesantaiannya ini saya melihat [berarti] hal ini tidak perlu dipikirkan karena memang tidak benar,” sambungnya,

Politikus Partai Golkar itu melihat kejadian Gibran dan Kaesang dilaporkan ke KPK sebagai dinamika biasa di tengah masyarakat dan status Indonesia sebagai negara hukum.

Baca Juga: Dilaporkan ke KPK, Elektabilitas Gibran Justru Bisa Makin Melejit Lho

“Kalau saya melihat itu proses hukum biasa. Proses hukum ya mangga saja. Siapa saja kan boleh melapor, silakan saja. Yang penting itu ya memang ada bukti yang bisa dipertanggungjawabkan. Saya pikir ini proses biasa. Jadi tidak ada hal yang istimewa,” tuturnya.

Tidak Mencoreng Pemkot Solo

Taufiq, panggilan akrabnya, menjelaskan pelaporan tersebut menjadi ramai di pemberitaan dan media sosial (medsos) lantaran status Gibran dan Kaesang sebagai anak Presiden. Kebetulan juga Gibran selama 10 bulan terakhir menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Baca Juga: Gibran dan Kaesang Dilaporkan ke KPK, Rudy: Konsekuensi Tahun Politik

“Ya kebetulan beliau adalah anak Presiden, Wali Kota Solo. Jadi akhirnya kan masalah ini jadi agak merebak. Gede gaungnya. Masyarakat juga mempertanyakan,” urainya. Taufiq menilai dengan Gibran dilaporkan ke KPK tidak sampai mencoreng Pemkot Solo.

Sebab hal yang dilaporkan tersebut terkait bisnis atau usaha yang dijalankan Gibran dan Kaesang. “Kami melihat ini tiba-tiba muncul kan cuma bisnis biasa. Melihatnya loh duitnya kok tiba-tiba segitu anak Presiden. Lah padahal ndak tahu dari mana duit itu,” paparnya.

Baca Juga: Joman Ingin Perkarakan Dosen UNJ Pelapor ke KPK, Gibran: Ora Usah!

Sebagaimana diberitakan, Gibran dan adiknya, Kaesang Pangarep, dilaporkan ke KPK dengan tuduhan terlibat korupsi kolusi dan nepotisme (KKN) dan TPPU relasi bisnis anak presiden dengan grup bisnis yang diduga terlibat pembakaran hutan. Sukarelawan Jokowi Mania (Joman) sudah berniat melaporkan balik Ubedillah Badrun, namun Gibran mengatakan tidak perlu.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat (20/5/2022): Sore Waspada Hujan Lebat

Berikut ini bisa disimak prakiraan cuaca Solo hari ini Jumat 20 Mei 2022.

Jadi Tumpuan Pemulihan Ekonomi, UMKM Masih Saja Sulit Akses Kredit Bank

Para pembicara dalam KUR Fintech Festival 2022 di Solo Technopark kompak mengatakan UMKM saat ini masih sulit mendapat akses kredit bank untuk penguatan modal.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Ini (20/5/2022): Pagi Berawan, Siang Mulai Hujan

Informasi prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Siang Hujan Ringan, Sore Lebat

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 20 Mei 2022: Awas Hujan Lebat Sore Hari

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Belum Ada Kasus, Lurah Di Solo Minta Warga Tetap Waspada Hepatitis Akut

Sejumlah lurah di Kecamatan Laweyan, Solo, mengimbau para ketua RT dan RW agar tetap mewaspadai penularan hepatitis akut meski belum ada kasus sejauh ini.

Punya Seribuan Hewan Kurban, Begini Langkah Lazismu Solo Antisipasi PMK

Lazismu Solo yang memiliki seribuan hewan kurban sapi dan kambing telah mengambil langkah antisipasi agar hewan kurban tersebut tidak terkena wabah PMK.

Banyak Pertanyaan Soal Pendaftaran PKL CFD, Ini Jawaban Disdag Solo

Dinas Perdagangan (Disdag) Solo mendapatkan banyak pertanyaan dari para PKL yang ingin berjualan di area car free day atau CFD pada Minggu pagi.

Meriah! Pelaksanaan Karya Potensi Akademik di Disdikbud Wonogiri

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri menggelar Gelar Karya Potensi Akademik di area parkir indoor gedung B Disdikbud Wonogiri, Kamis (19/5/2022).

Kisah Calo Tiket Bioskop Era 1980-An di Solo: Film India Paling Ramai

Seorang warga Purbowardayan, Tegalharjo, Jebres, Solo, menceritakan saat dirinya menjadi calon tiket Bioskop Rama Theatre pada era 1980-an.

Mahasiswa Akper Patria Husada Surakarta KKN di Jotangan Klaten

Sebanyak 16 mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Patria Husada Surakarta mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Jotangan, Kecamatan Bayat, Klaten, sejak Rabu (11/5/2022).