Geger! DPP Copot Ketua DPC PKB Solo, Ada Apa?
Ketua Dewan Syuro PKB Pasar Kliwon, Muhammad Iskandar, saat diwawancara wartawan seusai Muscab DPC PKB Solo di Hotel Grand Amira Solo, Sabtu (6/3/2021). (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mencopot Mohamad Rofik dari jabatan Ketua DPC PKB Solo, Sabtu (6/3/2021).

DPP memutuskan Rofik diganti dengan kader muda PKB Solo bernama Muhammad Birawan Aulia Abhsar. Pergantian pimpinan DPC PKB Solo dilakukan dalam forum Musyawarah Cabang (Muscab) PKB Solo di Hotel Grand Amira Jl. Veteran Pasar Kliwon, Solo.

Muscab dipimpin oleh Faisol Riza yang merupakan Ketua DPP PKB Bidang Olah Raga, Kesenian, dan Milenial. Pantauan Solopos.com, Muscab diwarnai kekecewaan peserta dari unsur pimpinan anak cabang (PAC) PKB dari lima kecamatan di Solo.

Baca juga: Mayat Bayi Misterius Mengapung di Sungai Sawur Sragen

Merespons sikap DPP itu, Ketua Dewan Syuro PKB Pasar Kliwon, Muhammad Iskandar, saat diwawancarai wartawan, Sabtu, menyatakan menolak intervensi DPP PKB. Menurut dia, DPP PKB tidak melihat dan tidak mendengar aspirasi dari jajaran pengurus DPC PKB Solo.

“Yang kami mau mereka mendengar aspirasi dari PAC-PAC. Jadi yang jelas kami menolak untuk SK DPP PKB tentang Keputusan DPC PKB Solo Masa Bakti 2021-2026. DPP PKB tidak ada komunikasi tahu-tahu turun paket seperti itu,” terang dia.

Iskandar menjelaskan sebelum Musca DPC PKB Solo sudah dilakukan Pra-Muscab yang berlangsung adem ayem. Tapi, tiba-tiba DPP PKB membuat keputusan yang tidak sesuai dengan aspirasi para kader dan jajaran pengurus PKB di Kota Solo.

Baca juga: Disebut Pengamat Punya Ambisi Nyapres 2024, Moeldoko Masih Bungkam

Jadi Bergejolak

“Paling tidak kemarin kami ada pra-muscab kan. Ya paling tidak berdasarkan itu saja lah. Kemarin ayem-ayem saja. Tapi dengan adanya intervensi dari DPP ini kan mau tidak mau mereka [pengurus PAC PKB Solo] bergejolak seperti itu,” urai dia.

Iskandar menyatakan dirinya dan para pengurus PAC Solo akan mengambil sikap maukuf atau berhenti total dari kepengurusan PKB dan kegiatan politik. Termasuk kegiatan Pilkada Jawa Tengah (Jateng) maupun Pileg/Pilpres mendatang.

Baca juga: Di-bully Gegara Ini, Bupati Wonogiri Santai

Sikap tersebut tidak hanya akan dilakukan jajaran pengurus PAC PKB Solo, tapi jajaran ranting di bawahnya. “Istilahnya tidak jadi pengurus, tidak ikut kegiatan politik di PKB. PAC dan di bawahnya. Terkecuali Rofik masih ketua,” sambung dia.

Iskandar menerangkan Rofik sudah memaparkan program-program kerja dan strateginya bila kembali menjadi Ketua DPC PKB Solo. Program dan strategi tersebut dinilai pengurus PAC sangat bagus sehingga mendukung kembali Rofik.



Berita Terkini Lainnya








Kolom