Gahar dan Futuristik, Ini Penampakan Motor Listrik Rp150 Juta Buatan ITS

Motor listrik E-Scrambler tersebut dirancang STP Otomotif ITS mulai dari nol hingga siap uji kalaikan jalan dengan menghabiskan biaya Rp150 juta.

 Koordintor Tim Ekspedisi Pendidikan 2022, Tri Wiharto, menjajal motor E-Scrambler dengan teknologi listrik di Automotive Center ITS Surabaya, Jumat (11/2/2022). (Solopos.com-Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Koordintor Tim Ekspedisi Pendidikan 2022, Tri Wiharto, menjajal motor E-Scrambler dengan teknologi listrik di Automotive Center ITS Surabaya, Jumat (11/2/2022). (Solopos.com-Tri Rahayu)

Banner Ekspedisi Pendidikan

Solopos.com SURABAYA — Sains Techno Park (STP) Otomotif Institut Teknologi Sepuluh November atau ITS Surabaya menciptakan motor listrik model E-Scrambler. Motor gagah dengan desain futuristik yang cocok untuk anak-anak muda pengemar motor dibuat dengan menghabiskan dana Rp150 juta.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Motor tersebut dirancang STP Otomotif ITS mulai dari nol hingga siap uji kalaikan jalan. Manager Pusat Unggulan Iptek (PUI) STP Otomotif ITS Surabaya, Bambang Sudarmanta, menunjukkan motor tersebut kepada Tim Ekspedisi Pendidikan 2022 di Automotive Center, Jumat (11/2/2022).

Ekspedisi Pendidikan 2022 ini didukung oleh BMW Astra Semarang, PT Epson Indonesia, ITS Surabaya, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Universitas Terbuka, dan SD Djama’atul Ichwan Solo.

Saat berada di Automotive Center, tim ditunjukkan tentang motor listrik dan mobil listrik serta proses konversi dari motor mesin ke motor listrik. Tim sempat menjajal motor listrik E-Scrambler tersebut. Selain itu, tim juga sempat menjajal mobil listrik.

Baca Juga: Tim Ekspedisi Pendidikan 2022 Jelajahi Inovasi ITS Surabaya

Mobil yang semula bermesin dengan transmisi manual disulap menjadi mobil listrik dengan transmisi semi otomotif.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi ITS Surabaya, motor listrik E-Scrambler ini sempat menjalani test drive pada 16 September 2021. Test drive dilakukan di jalan umum di sekitar Kampus ITS.

Motor Listrik e-Scrambler ITS
Motor Listrik e-Scrambler ITS

Prototip motor listrik bikinan STP Otomotif ITS ini dikembangkan sejak awal 2021 dengan menggunakan komponen-komponen buatan dari dalam lingkup ITS yaitu perusahaan startup Wiksa dan mahasiswa di PUI SKO STP ITS. Karya lokal tersebut berupa bodi dan sasis, wiring komponen, controller motor, dan battery pack yang semuanya karya anak bangsa.

Sepeda motor listrik E-Scrambler ini, sesuai namanya, didasarkan pada model sepeda motor retro berjenis Scrambler, yang saat ini sedang popular, terutama di kalangan muda-mudi. Desain ini memberi kesan garang dan berotot, namun tetap cocok dan nyaman digunakan untuk penggunaan sehari-hari, baik untuk perjalanan komuter, ataupun perjalanan jauh.

Baca Juga: Mahasiswa ITS Surabaya Siapkan 2 Robot Lagori Untuk Lomba ke India

Dari hasil test drive, kemampuan motor E-Scrambler ini untuk penggunaaan transportasi di sekitar kampus ITS sudah cukup baik dan bahkan mampu untuk dibuat berboncengan, dan tetap mencapai laju yang cukup untuk penggunaan di jalan raya, selayaknya kendaraan bermotor lainnya.

“STP Otomotif memang mengembangkan otomotif di bidang kendaraan listrik serta mengembangkan bahan bakar alternatif. Kendaraan listrik itu tidak murni dengan menggunakan baterai tetapi juga bisa dengan cara hybrid atau menggunakan dua jenis teknologi sebagai sumber tenaganya. Pengisian sumber listrik pada kendaraan diambilkan dari hasil teknologi tenaga surya,” ujarnya.

Dia mengatakan STP Otomotif ITS memiliki program pengembangan kendaraan listrik dari nol, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain itu, kata Bambang, STP Otomotif juga melakukan konversi teknologi, yakni kendaraan dengan penggerak mesin berbahan bakar fosil dikonversi menjadi penggerak motor listrik.

Reporter Tim Ekspedisi Pendidikan 2022, Tri Rahayu, menjajal motor E-Scrambler dengan teknologi listrik di Automotive Center ITS Surabaya, Jumat (11/2/2022). (Solopos.com)

Baca Juga: Ekspedisi Pendidikan 2022: Memotret Inovasi di Tengah Badai Pandemi 

STP Otomotif ITS mengembangkan prototipe konversi teknologi pada kendaraan roda dua, roda empat, dan bus kelas medium.

“Kami memiliki tiga start-up dalam pengembangan tenaga listrik, yakni PT Braja yang mengembangkan motor listrik, PT Wiksa yang mengembangkan kontroler, dan PT Udeo yang memproduksi bateri. Semua start-up sudah mandiri dan berbadan hukum. Selain itu, kami juga membina tiga start-up lain, yakni di bidang desain, sasis bodi, dan programing atau coding,” jelasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kematian Pekerja Migran di Tahanan Imigrasi Sabah Terus Terjadi

+ PLUS Kematian Pekerja Migran di Tahanan Imigrasi Sabah Terus Terjadi

Kasus kematian pekerja migran asal Indonesia di pusat tahanan imigrasi di Sabah, Malaysia, terus-menerus terjadi. Kondisi tidak manusiawi masih terus terjadi. Penghormatan terhadap harkat kemanusiaan buruh migran masih sering diabaikan.

Berita Terkini

Iduladha, Arab Saudi Tetapkan 9 Juli 2022, Indonesia 10 Juli 2022

Arab Saudi juga menetapkan awal Dzulhidjah pada 30 Juni 2022, dan hari wukuf arafah pada 8 Juli 2022.

Kematian Pekerja Migran di Tahanan Imigrasi Sabah Terus Terjadi

Kasus kematian pekerja migran asal Indonesia di pusat tahanan imigrasi di Sabah, Malaysia, terus-menerus terjadi. Kondisi tidak manusiawi masih terus terjadi. Penghormatan terhadap harkat kemanusiaan buruh migran masih sering diabaikan.

Solopos Hari Ini: Misi Perdamaian Dimulai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Mariinsky, Kyiv, Rabu (29/6/2022). Ini menjadi sejarah baru Indonesia membawa misi perdamaian di Eropa timur.

Metal Progresif Peraih Grammy Awards Segera Bergema di Kota Solo

Band progresif metal asal Amerika Serikat, Dream Theater, dipastikan akan tampil pada konser di Kota Solo, Jawa Tengah. Ini adalah bagian tur di Asia yang hanya berlokasi di Indonesia dan Jepang.

Sejarah Hari Ini: 30 Juni 2015, Pesawat Hercules TNI AU Jatuh di Medan

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 30 Juni.

Seusai dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia dan Terbang ke Rusia

Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

Tilang Berbasis ETLE Baru di Tiga Provinsi, Salah Satunya Jateng

Melalui ELTE diketahui banyak pengguna jalan yang melanggar lalu lintas dan mendapatkan bukti pelanggaran (tilang).

Jangan Ditiru! Mahasiswi Diduga Bunuh Diri Lompat dari Lantai VI

Mahasiswi tersebut diduga melompat dari lantai VI.

Usai Lawatan di Ukraina, Presiden Jokowi Langsung Bertolak ke Polandia

Setelah menyelesaikan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Rabu (29/6/2022), rombongan Presiden Jokowi langsung kembali ke Polandia.

Kamis, Yusuf Mansur Wisuda 80 Santri Program Gratis Daarul Quran

Pesantren Tahfizh Daarul Quran Takhassus adalah cabang dari Daarul Quran yang membebaskan santrinya dari kewajiban membayar alias gratis biaya pendidikan.

Yusuf Mansur Jual Rumah, Orang Dekat: Ustaz Tidak Bangkrut!

Orang dekat Yusuf Mansur, Dwi Makmun, menyayangkan informasi yang berkembang di media sosial bahwa dai kondang itu menjual aset karena bangkrut. 

Yusuf Mansur Jual Rumah untuk Tutup Utang Walisantri Daqu

Yusuf Mansur beralasan, penjualan rumah dan aset itu untuk menutup utang walisantri di Ponpes Daarul Quran yang mencapai Rp20 miliar.

Pemerintah Tetapkan Iduladha 2022 Jatuh pada 10 Juli

Sidang isbat Kemenag menetapkan 1 Zulhijah 1443 H jatuh pada 1 Juli 2022, sehingga Iduladha akan jatuh pada 10 Juli.

Tak Hanya Pertalite, Beli Elpiji 3 Kg Juga Bakal Pakai MyPertamina

PT Pertamina Patra Niaga, Rabu (29/6/2022), menyatakan bakal membatasi pembelian elpiji 3 kg lewat aplikasi MyPertamina.

Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

Band progresif metal asal Amerika Serikat, Dream Theater, dipastikan akan tampil pada konser di Kota Solo, Jawa Tengah. Ini adalah bagian tur di Asia yang hanya berlokasi di Indonesia dan Jepang.