SOLOPOS.COM - Brand Manajer BMW Astra Jateng-DIY Heru Purwanto (dua dari kanan) berjalan menyerahkan kunci mobil BMW yang digunakan untuk Ekspedisi Pendidikan 2022 di halaman Griya Solopos Solo, Senin (7/2/2022). (Tri Rahayu/Solopos)

Banner Ekspedisi Pendidikan

Solopos.com, SOLO  — Tim Ekspedisi Pendidikan diberangkatkan Direktur Bisnis dan Konten Solopos Media Group Suwarmin bersama Rektor Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Solo Weni Hastuti dari halaman Griya Solopos 190, Karangasem, Laweyan, Solo, Senin (7/2/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim ekspedisi yang beranggotakan empat orang tersebut akan menggali inovasi-inovasi pendidikan yang ada di Solo, Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya selama satu pekan ke depan.  Ekspedisi Pendidikan 2022 ini didukung oleh Epson, Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS), Universitas Terbuka (UT), Institut Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah, Yayasan Pendidikan Djamaatul Ikhwan, dan BMW Astra.

Dalam seremonial pemberangkatan Tim Ekspedisi Pendidikan 2022 dihadiri Ketua Yayasan Djama’atul Ichwan Solo Mukhlis Mustofa, Brand Manajer BMW Astra Jateng-DIY Heru Purwanto, Rektor ITS PKU Muhammadiyah Solo Weni Hastuti, dan Manajer Registrasi dan Assement Universitas Terbuka (UT) Solo Ratih Paramitasari.

Baca Juga: 5 Hari Jelajah 4 Kota Melihat Pembuktian Inovasi Insan Pendidikan

Pada hari pertama, Senin, Tim Ekspedisi Pendidikan Solopos akan mengunjungi SD Djama’atul Ichwan yang bertempat di Jl. K.H. Agus Salim Nom 45 Sondakan, Laweyan, Solo. SD tersebut merupakan SD tertua di Solo karena usianya yang mencapai satu abad atau 100 tahun.

SD itu lahir pada 1920 yang diprakarsai para ulama dan tokoh masyarakat Laweyan. Pamulangan Rakyat Laweyan menjadi cikal bakal SD itu. Di sekolah itu Tim Ekspedisi Pendidikan akan menggali inovasi-inovasi pendidikan yang ada sehingga mampu bertahan sampai usia 100 tahun.

Selain ke SD Djama’atul Ichwan, tim ekspedisi akan mendatangi Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Solo di Jl. Tulang Bawang Nom 26, Kadipiro, Banjarsari, Solo.

Baca Juga: Jadi Pionir dan Terdepan, UT Surakarta Akselerasi Pendidikan Jarak Jauh

Di ITS PKU Muhammadiyah Solo juga memiliki banyak inovasi pendidikan. ITS PKU Muhammadiyah Solo ini lahir pada 1993 yang awalnya bernama Akademi Keperawatan (Akper) PKU Muhammadiyah Solo.

Setelah berjalan 19 tahun, Akper bermetamorfosis menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) PKU Muhammadiyah Solo pada 2012. Kemudian mulai 2019, STIKES bertransformasi secara resmi menjadi ITS PKU Muhammadiyah Solo.

Pimimpin Redaksi Solopos Media Group Rini Yustiningsih menyampaikan Ekspedisi Pendidikan 2022 mengambil tema Inspirasi dari Inovasi Karya Anak Bangsa.

Dia menjelaskan Ekspedisi Pendidikan 2022 ini merupakan ekspedisi kali kelima yang dilakukan Solopos Media Group. Empat ekspedisi sebelumnya dilakukan di 2021, yakni Ekspedisi KRL, Ekspedisi Tol, Ekpedisi Energi, dan Ekspedisi Ekonomi Digital.

Baca Juga: UT Surakarta untuk Semua Kalangan, Bisa Kuliah Sambil Kerja

“Tim ekspedisi ini ada empat orang yang digawangi Manajer Konten Tri Wiharto, Reporter Tri Rahayu, Videografer Abdullah Tsani, dan didukung Mustofa. Di masa pandemi Covid-19 ini, dunia pendidikan mendapat ujian tetapi dunia pendidikan juga menelurkan banyak inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Rini mengatakan pandemi dengan peningkatan kasus Omicron membuat tim ekspedisi harus ekstra hati-hati.

Dia menjelaskan sebelum berangkat tim sudah menjalani tes swab antigen dan dinyatakan negatif semua. Dia mengatakan setelah selesai ekspedisi pun tim juga mengulangi tes swab antigen.

“Selama ekspedisi, tim akan memotret inovasi-inovasi apa saja yang ada di dunia pendidikan dan kemudian disebarluaskan ke publik lewat platform yang dimiliki Solopos Media Group. Semoga inovasi-inovasi itu dapat bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya