ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO — Gelar juara yang disandang seorang tentu tidak datang secara tiba-tiba. Di balik kesuskesan tentu ada perjuangan dan kiat khusus yang mungkin tidak dilakukan orang lain.

So, bagi kamu yang ingin sukses dan berprestasi tak ada salahnya menyimak pengalaman beberapa siswa sekolah di Solo yang pernah menjadi juara lomba berikut ini.

Muhamad Yordan Badaru, siswa kelas VII SMPN 1 Solo yang meraih juara 3 di kelas Rookie dalam Road Race Oneprix di Surabaya, Sabtu-Minggu (9-10/11/2019) lalu mengatakan mengatakan kekalahan terjadi bukan karena tidak latihan.

Yordan yang menduduki peringkat atas dalam event nasional yang diikuti 23 pembalap dari seluruh Indonesia itu menambahkan kekalahan lawannya bukan pula karena mereka tidak punya keterampilan dalam memacu kendaraan roda dua atau tak punya tim mekanik yang hebat.

“Tapi mungkin karena saya punya sesuatu yang lebih, yaitu berpikir positif. Saya harus berpikir bahwa saya bisa. Pikiran inilah yang membawa saya kepada sesuatu yang positif pula hingga akhirnya saya menang,” ujarnya saat ditemui di sekolahnya, Selasa (12/11/2019).

Yordan menjelaskan untuk menjalani lomba tersebut tidak hanya dibutuhkan skill, tetapi juga daya tahan fisik dan kekuatan khususnya di bagian tangan.

“Pasti ada rasa grogi, tapi itu harus segera ditaklukkan dan kita harus percaya diri. Orang tua dan kru juga sangat penting untuk membangun kepercayaan diri saya. Satu lagi, saat latihan kita harus serius di sirkuit,” lanjut Yordan yang selalu rutin berlatih tiga pekan sekali di Sirkuit Gokart Boyolali.

Sementara itu, Jessie Vania Sulianto, siswa kelas XI SMA Regina Pacis, Solo, mengatakan untuk mencapai kesuksesan yang terpenting adalah mau belajar dengan serius dan memperbanyak latihan.

Prinsip ini membawanya menjadi juara fotografi History Week tingkat nasional di Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja, Oktober lalu. Padahal Jessie ini baru menyukai hobi fotografi 8 bulan yang lalu. Waktu ini relatif singkat dibandingkan pehobi fotografi lainnya.

“Saya malah dulunya tidak begitu suka fotografi. Lalu setelah masuk sekolah ini, ketertarikan baru muncul dan ternyata asyik,” ujar putri tunggal pasangan dokter yang tinggal di Gilingan, Banjarsari, Solo, itu.

Dari sekolah yang sama, gelar juara di bidang zoology juga diraih oleh Valentino Vincent Risrianto, Felicia Deviana, dan Jessica Prasetyo. Tim ini masuk 3 besar dalam Olimpiade Zoology Nasional di Fakultas Kedokteran Hewan UGM Jogja, Jumat-Minggu (9-10/11/2019).

Vincent mengaku tips untuk untuk berhasil di bidang akademik adalah belajar dan selalu mengikuti perkembangan.

“Perbanyak referensi, ikuti perkembangan terbaru dari ilmu pengetahuan dan lakukan pengamatan,” ujar Vincent yang tinggal di Grogol, Sukoharjo.

Lebih lanjut, kesuksesan seseorang juga tidak terlepas dari passion atau sesuatu yang tidak pernah jemu untuk dilakukan. Ini dialami Deandra Nafisa Putri, juara Jurnalis Cilik Challenge dalam event Festival Ayo Membaca Solopos di Solo Grand Mall beberapa waktu lalu.

Deandra memang suka menulis sejak kecil. Sehingga ketika ada tantangan menulis yang diawali dengan pengamatan ala jurnalis, Deandra tidak mengalami kesulitan berarti.

Menurut siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Solo ini, salah satu kunci dalam meraih keberhasilan adalah sering berlatih. “

Kuncinya harus sering berlatih menulis. Tapi ini butuh kesukaan. Maksudnya kalau kita memang sudah sudah suka duluan, sering berlatih menulis tidak akan terasa membosankan,” ujarnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten