SOLOPOS.COM - Timna Futsal Indonesia (Bisnis.com/FFI)

Solopos.com, JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia, Muhammad Hashemzadeh, meminta anak asuhnya untuk fokus sepenuhnya menatap laga final Piala AFF Futsal 2022 kontra Thailand yang akan digelar di Bangkok, Minggu (10/4/2022).

Baca Juga: Profil Ahmad Athallah Raihan, Talenta Masa Depan Persis Solo

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

“Kami mesti melupakan kemenangan di semifinal karena partai final sudah di depan mata. Kami harus beristirahat dengan baik sebelum laga tersebut,” ujar Hashemzadeh, dikutip dari laman AFF, Sabtu (9/4/2022).

Timnas Futsal Indonesia melaju ke final Piala AFF Futsal 2022 setelah menundukkan Myanmar dengan skor 6-1 pada laga semifinal di Bangkok, Thailand, Jumat (8/4/2022).

Baca Juga: Jadwal Final Piala AFF Futsal 2022: Indonesia Kembali Tantang Thailand

Sementara itu, lawan Indonesia di partai puncak, Thailand, berhak menundukkan Vietnam dengan skor 3-1 di fase empat besar.

Pelatih Thailand Carlos Cesar menyebut bahwa timnya bersyukur bisa mencapai target ke final Piala AFF Futsal 2022. Skuad Gajah Putih pun berjanji menampilkan permainan yang sama seperti ketika mereka menundukkan Vietnam saat mereka menghadapi Indonesia di final nanti.

Baca Juga: Film Dokumenter Perjalanan Bersejarah Persis Solo Tayang di Youtube

“Kami tim yang berisi pemain muda. Kami akan berlaga dengan gaya kami sendiri seperti yang kami tunjukkan saat menghadapi Vietnam,” tutur Carlos.

Bagi Indonesia, final Piala Futsal AFF 2022 menjadi final kelima sepanjang keikutsertaan di turnamen tersebut. Uniknya, dari jumlah itu, empat kali skuad Garuda bertarung melawan Thailand, termasuk di edisi 2022.

Namun, pada tiga pertemuan di final sebelumnya yaitu pada tahun 2006, 2008 dan 2019, Indonesia tak sekali pun mencatatkan kemenangan atas Thailand.

Satu-satunya kejayaan Indonesia di pertandingan final didapatkan pada Piala AFF Futsal 2010, di mana Indonesia menundukkan Malaysia dengan skor 5-0 dan keluar sebagai juara. Sampai Piala AFF Futsal 2019, gelar tersebut menjadi satu-satunya bagi Indonesia.

Baca Juga: Korea Open 2022: Jonatan Christie Ditantang Wakil China di Final

Ada pun Thailand datang ke final Piala Futsal AFF 2022 dengan status pemegang 15 trofi kampiun. Sebagai informasi, sejak Piala AFF Futsal dilaksanakan pada tahun 2001, hanya ada dua negara yang pernah menjadi juara yakni Thailand dan Indonesia.

Indonesia dan Thailand pernah bertemu di fase Grup A, Piala AFF Futsal 2022. Saat itu, kedua tim bermain imbang 2-2 walau Indonesia unggul dua gol terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya