SOLOPOS.COM - Erina Gudono menjalani prosesi dulang pungkasan. (Instagram @erinagudono)

Solopos.com, SOLO-Beberapa menit jelang akad nikah, Erina Gudono mengunggah sejumlah foto prosesi dulang pungkasan. Bagi masyarakat Jawa, ini salah satu prosesi paling mengharukan.

Diambil dari kosakata bahasa Jawa, dulang berarti menyuapi. Pungkasan, artinya kali terakhir. Dalam prosesi ini, calon istri Kaesang Pangarep disuapi ibunda, Sofiatun Gudono.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Hal ini memiliki makna simbolis setelah menikah, Erina tidak lagi disuapi atau diberi makan oleh orang tuanya. Hal ini dia bagikan di akun Instagramnya pada Sabtu (10/12/2022).

Baca Juga: Jan Ethes dan Sedah Mirah Bawakan Cincin Kawin Kaesang dan Erina

Dulang pungkasan menandai kali terakhir Erina Gudono sebagai anak.  Setelahnya, ia akan menjadi istri sekaligus ibu bagi keturunannya. Menyertai unggahan foto itu, istri Kaesang Pangarep itu memberikan caption.

“Upacara Dulang Pungkasan bermakna pemberian suapan terakhir, ritual pernikahan adat Jawa ini melambangkan tanggung jawab terakhir orang tua terhadap anaknya,”  tulisnya dikutip dari Instagram @erinagudono pada Sabtu.

Baca Juga: Sah! Erina Gudono dan Kaesang Pangarep Jadi Suami Istri

Dia juga melantunkan harapan. “Semoga setelah ini Erina bisa menjadi pribadi lebih baik lagi dalam menjalani rumah tangga.”

Tak sedikit warganet memberikan ucapan selamat atas pernikahan Kaesang-Erina di unggahan tersebut. Mereka turut berbahagia atas perkawinan Erina dan Kaesang Pangarep.

“Aku turut bahagia mba atas pernikahannya semoga menjadi keluarga yg samawa,” tulis @jannah9890.

“kumenangis ikut bahagiaaa… Tambatan hatimu sudah kau temukan smoga langgeng selamanya cpt punya momongan aamiin,” tulis @amalianantananta.

“Sederhana , cantik , pintar semoga lancarr acaranya menjadi keluarga sakinah mawadah warohmah , Amiin,” tulis @hhney9083.

Baca Juga: Dibuka dengan Pembacaan Al-Qur’an, Allen Gudono Jadi Wali Nikah Erina-Kaesang

“Selamat ya mbak erina mas @kaesangp semoga menjadi keluarga yg Sakinah Mawaddah wa Rohmah,” tulis @sitiaisyah_warnandi.

“Bidadari untuk Kaesang…..semoga selalu rukun ..sejahtera bahagia menjadi keluarga yg menjadi panutan Se- Indonesia …nggih,” tulis @ita.zanti.

Baca Juga: Mantan Pengasuh Beberkan Masa Kecil Erina Gudono

“Selamat Menempuh Hidup Baru Untuk Mas Kaesang Dan Mbak Erina..Semoga Menjadi Keluarga Sakinah, Mawaddah Dan Warohmah, Bahagia Dunia Akhirat Dan Sehat Selalu..Aamiin,” tulis @febriani.mirza10.

“Selamat mbak erina mas kaesang mugi sakinah mawadah warohmah…bar nonton ijabe njene gan..melu neteske eluh..terharu..melu bungah mbak,” tulis @chun.mas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya