SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Selasa (6/9/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Setelah berhasil masuk tiga besar tingkat elektabilitas sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta versi Polstat, nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, kembali muncul di urutan teratas survei elektabilitas di Jateng.

Berdasarkan survei yang dilakukan Charta Politika periode 20-27 September 2022, tingkat elektabilitas putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut di angka 37,7 persen, unggul jauh dibandingkan figur-figur lain di Jateng.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Di posisi kedua ada nama Taj Yasin Maimoen dengan elektabilitas 12,5 persen. Sementara Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, duduk di posisi ketiga dengan elektabilitas 7,7 persen.

Sedangkan di posisi keempat ada nama mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, dengan tingkat elektabilitas 4,7 persen. Nama berikutnya ada Achmad Husein (3,7 persen), Sudirman Said (3,1 persen), Rustriningsih (2,2 persen), dan Condro Kirono (0,5 persen).

Dominasi Gibran di survei elektabilitas oleh Charta Politika ini sudah sejak tahun 2021. Saat itu Charta Politika merilis hasil survei periode 28 September 2021 hingga 3 Oktober 2021 yang menunjukkan dominasi Gibran dalam popularitas dan elektabilitas.

Baca Juga: Gibran Masuk 3 Besar Cagub DKI Jakarta Versi Polstat, PDIP Jateng: Luar Biasa!

Popularitas Gibran saat itu sudah di angka 52,8 persen. Sedangkan tingkat elektabilitasnya 34,8 persen. Bila dibandingkan dengan figur-figur lain seperti Taj Tasin Maimoen, Hendrar Prihadi, dan Rustriningsih, tingkat elektabilitas suami Selvi Ananda itu unggul jauh di atas mereka.

Selang setahun berjalan, Charta Politika kembali merilis hasil survei mereka terkait tingkat elektablitas figur-figur politik di Jateng. Dari survei itu diketahui Gibran masih unggul jauh dari nama-nama yang muncul.

Elektabilitas Gibran Meningkat Dibanding Tahun Lalu

Lebih dari itu, tingkat elektabilitas Gibran pada 2022 ternyata mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Dimintai tanggapannya mengenai hal itu, Bendahara DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng Pramestuti, menyebut Gibran tambah keren dari hari ke hari.

Baca Juga: Survei Charta Politika Jateng, Ganjar Unggul Jauh dari Prabowo & Anies

“Ini Mas Gibran tambah keren ya. Tambah hari tambah keren dah. Hebat pokoknya,” ujar dia saat diwawancarai Solopos.com, Kamis (13/10/2022). Tapi Agustina menyatakan PDIP belum memutuskan ihwal siapa calon Gubernur Jateng dalam Pilkada Serentak 2024.

Menurutnya, tahapan untuk menuju ke sana masih panjang. “Tahapan soal itu masih nanti,” tuturnya. Namun ia menilai Gibran akan mampu untuk menjalankan tugas dengan baik di mana pun kelak ditempatkan.

“Di mana pun berada, saya yakin Mas Gibran siap lah. Harus tetap semangat walau survei tinggi,” pesan dia.

Baca Juga: DKI Jakarta Terlalu Berat, Gibran Diprediksi Pilih Maju Jadi Cagub Jateng 2024

Di sisi lain, Pengamat Psikologi Politik Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Moh Abdul Hakim, mengungkapkan hasil survei Charta Politica yang dirilis baru-baru ini menunjukkan peluang menang Gibran akan lebih besar bila maju di Pilkada Jatengketimbang Pilkada DKI Jakarta.

“Dari survei, Mas Gibran peluang paling besar di Jateng. Selisihnya jauh dari nama lain. Seperti survei Charta Politika. Kalau di Jakarta, nama dia masuk ke radar, tapi bukan kandidat dengan elektabilitas tertinggi,” ujarnya, Kamis (13/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya