SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Jatengprov.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Hasil survei Charta Politika pada Februari 2022 menunjukkan masyarakat Jawa Tengah (Jateng) menginginkan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, sebagai presiden.

Bahkan dalam survei itu tingkat elektabilitas Ganjar sebagai calon presiden unggul jauh dari calon potensial lainnya seperti Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Survei Charta Politika ini digelar pada 14-19 Februari dengan melihatkan 1.090 responden asal Jateng. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat. Survei itu diklaim memiliki margin error sekitar 2,97%.

Baca juga: Charta Politika: Gibran Calon Paling Potensial Jadi Gubernur Jateng

Selain menyajikan data tentang tingkat elektabilitas presiden dan partai politik, survei kali ini juga berkaitan dengan kepuasan kinerja pemerintah pusat, kinerja pemerintah provinsi, pengetahuan tentang pelaksanaan Pemilu 2024, dan elektabilitas kepala daerah.

Dalam survei elektabilitas presiden, Ganjar Pranowo menempati posisi teratas dengan keterpilihan 70% responden. Sementara di urutan kedua ditempati Prabowo Subianto dengan 9,0% dan Anies Baswedan dengan 7,1%.

Sementara di posisi keempat ada nama Menparekraf, Sandiaga S. Uno, dengan raihan 3,0% dan Ketua DPR, Puan Maharani, dengan 1,8%.

Baca juga: Survei Pilpres INES: Airlangga Tertinggi, Disusul Prabowo dan Ganjar

“Untuk elektabilitas calon presiden, nama Ganjar Pranowo unggul jauh dari nama-nama lainnya. Perolehan angka yang cukup tinggi dengan 70%, sementara nama lainnya seperti Prabowo Subianto (9,0%), Anies R. Baswedan (7,1%) masih berada di bawah 10%,” tulis Charta Politika Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Kamis (14/4/2022).

Sementara itu untuk elektabilitas partai, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan masih menjadi partai paling banyak diminati masyarakat di Jateng dengan 46,0%, disusul PKB yang terpaut jauh dengan 11,2%, dan Gerindra dengan 6,6%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya