SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka masuk tiga besar calon gubernur atau cagub DKI Jakarta pada pilkada serentak 2024 mendatang berdasarkan hasil survei Polstat, 1-10 Oktober 2022.

Elektabilitas Gibran hanya kalah dari Gubernur DKI Jakarta saat ini Anies Baswedan yang mendapatkan 40,5 persen, dan Basuki Tjahaha Purnama (BTP) yang meraih 19,1 persen. Tingkat elektabilitas Gibran di angka 10,5 persen.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Hasil survei terbaru tersebut mendapat respons dari Bendahara DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng) yang juga Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti, saat ditemui wartawan di The Sunan Solo, Rabu (12/10/2022).

Kedatangan perempuan politikus dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV DPRD Jateng itu ke Solo untuk menghadiri kegiatan Bimtek Strategi Branding Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Media Digital yang diikuti ratusan influencer Bumi Sukowati di Hotel Aston Solo.

“Pendatang baru bisa dapat 10 persen sekian sudah luar biasa itu. Ayo semangat Mas Gibran. Karena menurut saya memang popularitas Mas Gibran tinggi ya. Dia harapan anak muda lah kalau dibandingkan dengan dua tokoh lain di survei itu kan,” tuturnya mengacu hasil survei cagub DKI yang menempatkan Gibran di posisi tiga besar itu.

Baca Juga: DKI Jakarta Terlalu Berat, Gibran Diprediksi Pilih Maju Jadi Cagub Jateng 2024

Agustina menjelaskan sebagai representasi figur muda di bidang politik dan sebagai pejabat publik, Gibran dinilai mampu membuktikan diri sebagai Wali Kota Solo. Ia mencontohkan keberhasilan Gibran menarik banyak sekali event baik nasional dan internasional di Kota Bengawan.

“Mas Gibran ini representasi dari kaum muda yang berhasil membuktikan diri, juga ketika dia jadi Wali Kota Solo yang saya lihat di akhir-akhir ini nih, dua tiga bulan terakhir yang namanya kegiatan yang menyedot wisatawan luar biasa banyak,” terangnya.

Gibran Dinilai Paham Cara Membuat Roda Ekonomi Berputar

Agustina mengaku tidak setiap saat datang ke Solo. Tapi setiap akan membuat acara di Solo dia kesulitan mendapatkan hotel dikarenakan selalu penuh. Kondisi itu menurutnya menunjukkan betapa banyaknya wisatawan maupun pengunjung di kota ini.

Baca Juga: Keras! Begini Komentar Pengusung Eks Rival soal Gibran Maju Pilkada DKI Jakarta

Agustina menilai kondisi itu tidak lepas dari peran Gibran selama menjadi Wali Kota Solo. “Kalau ada wisatawan ke Solo berarti kan perputaran ekonominya naik. Mas Gibran paham betul bagaimana membuat perputaran ekonomi di Solo menjadi bagus,” tuturnya.

Dengan kepiawaian itu, Agustina menilai di mana pun kelak, Gibran bakal mampu mengangkat potensi daerah itu. Termasuk jika nantinya Gibran menjadi cagub DKI Jakarta. “Suatu hari, di mana pun Mas Gibran, peta situasi dan peta potensinya ini akan mengembangkan daerah di mana dia akan ditugaskan,” urainya.

Namun demikian,  menurut Agustina, saat ini PDIP belum memutuskan figur-figur calon kepala daerah. Selain sedang fokus penjaringan calon anggota legislatif, ia mengatakan PDIP masih fokus mendorong peningkatan ekonomi masyarakat saat pandemi sudah melandai.

Baca Juga: Masuk Bursa Cagub DKI Jakarta 2024, Gibran: Saya Fokus di Solo!

“Saat pandemi perlahan surut, mendorong masyarakat untuk meningkatkan ekonomi. Maka kegiatan PDIP dalam kelembagaan partai lebih banyak meng-inpulse masyarakat untuk kemudian memperhatikan berbagai macam masalah masyarakat,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya