Edukasi Warga Soal Vaksin, Satgas Covid-19 Sukoharjo Bentuk Pokja Vaksinasi

Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo membetuk Pokja Vaksinasi dengan tugas mengedukasi masyarakat mengenai manfaat vaksin corona.

SOLOPOS.COM - Pekerja melakukan pemeriksaan kualitas di fasilitas pengemasan produsen vaksin China, Sinovac Biotech. (Antara-Reuters)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sukoharjo membentuk kelompok kerja atau pokja vaksinasi. Pokja ini bertugas mengedukasi dan menyosialisasikan program vaksinasi kepada masyarakat.

Pelaksanaan vaksinasi tahap I untuk Sukoharjo rencananya pada Februari mendatang. Pokja vaksinasi tak hanya berisi lembaga atau instansi kesehatan melainkan TNI-Polri, organisasi profesi, hingga elemen masyarakat.

Anggota pokja bisa memberikan masukan dan saran kepada satgas ihwal pelaksanaan program vaksinasi. Selain itu, anggota pokja vaksinasi Sukoharjo bertugas mengedukasi masyarakat ihwal manfaat vaksin untuk mempertebal imunitas tubuh dari paparan Covid-19.

Wow! Lampu Fasad Flyover Purwosari Solo Bisa Diatur Jadi Motif Batik...

“Program vaksinasi tahap I perkiraannya pada Februari. Namun, waktu pastinya saya belum tahu. Nah, untuk mengedukasi masyarakat tentang program vaksinasi kami bentuk pokja tingkat kabupaten,” kata Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, kepada wartawan, Rabu (20/1/2021).

Yunia menyebut pokja akan melakukan edukasi dan sosialisasi program vaksinasi dengan melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan organisasi kemasyarakatan (ormas). Sehingga masyarakat memahami manfaat vaksinasi pada masa pandemi Covid-19.

Menolak Vaksin

Yunia tak memungkiri ada masyarakat yang menolak vaksin Covid-19. Karena itu, edukasi dan sosialisasi manfaat vaksinasi Covid-19 perlu secara berkala bagi masyarakat Sukoharjo.

3 Cabang PDAM Kota Solo Ini Tak Lagi Layani Pembayaran Tagihan Secara Tunai

“Vaksinasi reguler saja ada masyarakat yang menolak dengan berbagai alasan. Apalagi ini vaksin baru. Tugas pokja untuk meyakinkan masyarakat tersebut,” ujarnya.

Satgas telah melakukan rapat koordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk membahas persiapan pelaksanaan program vaksinasi setiap daerah.

Pelaksanaan vaksinasi tahap I diawali penyuntikan vaksin ke 10 tokoh masyarakat. Saat ini, satgas masih menyeleksi tokoh masyarakat yang menjadi penerima vaksin pertama.

Dugaan Penyerangan Karyawati Minimarket Colomadu, Ini Kata Polisi Soal Rekaman Kamera CCTV

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama rencananya Pendapa Graha Satya Praja kompleks Gedung Setda Sukoharjo. Program vaksinasi selanjutnya menyasar para tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi garda terdepan dalam memerangi Covid-19.

26 Fasilitas Kesehatan

“Setelah nakes baru anggota TNI-Polri dan petugas pelayanan publik. Terakhir, masyarakat umum yang akan menerima vaksin,” papar Yunia.

Calon penerima vaksin lainnya bakal menjalani vaksinasi pada 26 faskes yang meliputi 12 puskesmas, 10 rumah sakit, satu klinik Pratama Polri dan tiga klinik Pratama TNI.

Laka Truk Tabrak Motor Karangpandan Terekam CCTV, Benturan Keras Bikin Truk Terguling?

Para penerima vaksin tetap harus menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air, serta menjaga jarak.

“Setelah suntik vaksin, penerima harus menunggu 30 menit untuk mengetahui apakah ada efek sampingnya atau tidak. Jika tidak ada efek sampingnya boleh pulang,” tuturnya.

Berita Terbaru

Anggota Polres Sragen Ikuti Vaksinasi Demi Buktikan Vaksin Covid-19 Aman

Solopos.com, SRAGEN -- Sebanyak 578 anggota Polres Sragen sudah menjalani penyuntikan vaksin Covid-19. Mereka membuktikan bila vaksin aman dipakai...

17 Wastafel Berpedal Jadi Sarana Penegakan Protokol Kesehatan di SMPN 1 Sragen

Solopos.com, SRAGEN -- Sebuah wastafel yang berfungsi jika penggunanya menginjak pedal yang berada di bagian bawah terpasang di depan...

Bantu Nakes Lacak Kontak Erat, 177 Bhabinkamtibmas Ikuti Pelatihan 3T

Solopos.com, KARANGANYAR -- Sebanyak 177 orang bhabinkamtibmas Polres Karanganyar mendapatkan pelatihan sebagai pelacak Covid-19. Dalam waktu dekat, mereka akan...

PMI Solo Jadikan Rumah Sakit Institusi Pertama Jaring Donor Plasma

Solopos.com, SOLO — Masih ada antrean pasien yang membutuhkan plasma konvalesen dari PMI Kota Solo. Semua pihak berkepentingan berkomitmen...

Dinkes Jateng: Vaksin Untuk Pelaku Ekonomi Ditarget April

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mulai melaksanakan penyuntikan vaksin Covid-19 bagi petugas pelayanan publik mulai Rabu (24/2/2021). Sementara...

Inspiratif, 20 Perempuan Donor Plasma Konvalesen

Solopos.com, SOLO--Tangan kanan Erlyn Tusara, 23, meremas bola karet sekitar satu jam untuk menyumbangkan  komponen darah pada alat di...

Kuatkan Daya Tubuh Anak di Masa Pandemi, Polres Wonogiri Beri Ratusan Paket Susu

Solopos.com,WONOGIRI -- Polres Wonogiri membagikan ratusan paket susu di Kampung Siaga Candi Covid-29, Selasa (23/2/2021). Susu itu selanjutkan didistribusikan...

Pangdam & Kapolda ke Boyolali demi Dukung PPKM Mikro

Solopos.com, BOYOLALI — Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, dan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol. Ahmad Luthfi,...

Di Klaten, Pasien Tanpa Gejala Pilih Isolasi di Rumah

Solopos.com, KLATEN — Sejumlah desa dan kecamatan di Klaten jauh hari sudah menyiapkan tempat isolasi terpusat. Nyatanya, warga yang...

Satgas Sukoharjo Optimalkan Posko Covid-19 di Desa

Solopos.com, SUKOHARJO – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sukoharjo mengoptimalkan posko Covid-19 di setiap desa/kelurahan. Hal ini untuk pencegahan,...