Wow! Lampu Fasad Flyover Purwosari Solo Bisa Diatur Jadi Motif Batik...
Taman gantung tanaman hias terlihat sudah terpasang di bawah flyover Purwosari, Jl Slamet Riyadi, Solo, Jumat (22/1/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Fasad flyover Purwosari Solo bakal tampil cantik dengan lampu warna-warni. Hingga pekan ketiga Januari ini, pelaksana proyek terus merampungkan pekerjaan finishing.

Dalam waktu dekat, pelaksana bakal memasang lampu flash dot, yakni lampu panel beautifikasi yang bisa diatur menjadi running text atau animasi sederhana, seperti motif batik. Lampu tersebut baru terpasang pada beberapa daerah, salah satunya Flyover Tanjung Siapi-api Sumatra Selatan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.6 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Jateng, Alik Mustakim, mengatakan tahun ini lampu yang sama juga akan terpasang pada Jembatan Sungai Alalak, Kalimantan Selatan, dan flyover Purwosari Solo.

Karyawati Minimarket Colomadu Dianiaya, Manajemen Alfamart Sebut Uang di Laci Kasir Hilang

“Lampu bisa diatur menjadi motif batik sederhana. Kami sudah membahas terkait hal itu dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang [DPUPR],” katanya kepada wartawan, awal pekan ini.

Alik mengatakan lampu tersebut terpasang pada bagian luar parapet atas pilar sepanjang 100 meter pada kanan dan kiri. Pemasangan dijadwalkan selesai pekan ini.

Selain lampu dan beautifikasi, perkembangan pembangunan proyek flyover Purwosari, Solo, menyasar bagian pengaman rel dan pemasangan ikon hiasan gambyong pada awal dan akhir oprit. Kemudian, menyelesaikan taman hidup sisi barat dan membikin skate park pada kolong sisi barat.

Karyawati Minimarket Colomadu Tugas Sendirian Saat Dianiaya? Ini Klarifikasi Manajemen Alfamart

Pembenahan Drainase

Seluruh pekerjaan itu, termasuk pengaspalan jalur lambat dan pembenahan drainase sekitar flyover sesuai jadwal rampung akhir Maret 2021. Pelaksana proyek optimistis pengerjaan itu bisa selesai lebih awal.

Alik menyebut pekerjaan lain adalah merampungkan perbaikan jalur lambat depan Korem, pembenahan saluran drainase dari Pasar Kleco ke timur, termasuk pembuatan jalur pedestrian. Jalur lambat dari Pasar Kleco sampai Korem akan diaspal ulang.

"Saat ini baru lapis pertama dan akan diulang. Target rampung 31 Maret 2021, tapi pelaksanaan kami percepat. Antara lain pengaspalan jalur lambat secepatnya enggak sampai tanggal itu,” jelas Alik.

Gibran Segera Dilantik Jadi Wali Kota Solo, Ini Pesan Eks Rival Bagyo Wahyono

Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Mudo Prayitno, mengatakan belum lama ini telah menggelar rapat penyelesaian pembangunan jalur lintas atas tersebut. Rapat itu membahas pemasangan kekurangan rambu dan pembuatan markah jalan di seluruh lintasan.

“Dari sisi lalu lintas masih ada kekurangan pekerjaan penerangan jalan dan ada pekerjaan jalur lambat Jl Slamet Riyadi Kerten ke barat sisi utara serta overlay jalur cepat Jl Slamet Riyadi mulai Kerten sampai Faroka. Kami berharap kekurangan itu bisa selesai sesuai jadwal, karena kalau pekerjaan utamanya sudah klir semua,” katanya, Jumat (22/1/2021).



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom