Dosen hingga Duda Ikut Cari Pasangan di Biro Jodoh Kantor Kemenag Solo

Jumlah pendaftar pada layanan biro jodoh Jadikan Aku Halalmu tahap II yang dibuka Kantor Kemenag Solo lebih banyak dan beragam latar belakang.

 Kepala Kantor Kemenag Solo, Hidayat Maskur. (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Kepala Kantor Kemenag Solo, Hidayat Maskur. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Jumlah pendaftar layanan biro jodoh tahap kedua, Jadikan Aku Halalmu, yang digagas Kemenag Solo meningkat dan lebih beragam dibandingkan pendataan tahap I. Kalangan duda sampai dosen pun tak mau ketinggalan mencari pujaan hati melalui layanan inovasi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solo tersebut.

Namun pendaftar laki-laki mendominasi peserta. Kepala Kantor Kemenag Solo Hidayat Maskur menjelaskan jumlah pendaftar pada tahap pertama 543 orang dan yang lolos verifikasi 398 orang. Jumlah itu meningkat pada tahap II menjadi 555 pendaftar dan 553 orang lolos verifikasi.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

“Kami melakukan verifikasi data dan melakukan panggilan video untuk memastikan pendaftar. Pada tahap pertama banyak yang tidak asli atau memakai foto yang lebih cantik dengan aplikasi untuk menarik orang. Kami butuh yang jujur supaya membangun rumah tangga yang baik,” katanya, Rabu (16/3/2022).

Baca Juga: Wow, 7 Pasangan Menikah Berkat Biro Jodoh Kemenag Solo

Hidayat mengatakan hanya dua orang yang gugur saat verifikasi pada tahap kedua layanan biro jodoh Kemenag Solo. Hal ini mencerminkan para pendaftaran pada tahap kedua lebih antusias mencari jodoh melalui Jadikan Aku Halalmu.

Selain itu, lanjutnya, para peserta pada tahap kedua lebih beragam dibandingkan tahap pertama. Sejumlah peserta dari berbagai latar pendidikan sampai S2, dosen, dan kalangan duda.

“Kami akan membagi ke dalam kelas-kelas yang sekufu, antara lain latar belakang pendidikan, status perkawinan, dan keahlian seperti hafal Alquran,” ungkapnya.

Baca Juga: Bagi yang Bosan Menjomblo, Silakan Coba Layanan Jodoh Syariah Buatan Kemenag Solo

Jumlah Peserta Tidak Imbang

Menurut Hidayat, upaya mempertemukan peserta dengan kelas yang sekufu dihadapkan pada tantangan jumlah peserta yang tidak seimbang. Jumlah peserta perempuan pada layanan biro jodoh Kemenag Solo kali ini hanya 188 dari total 553 orang. Peserta laki-laki lebih mendominasi.

“Kami mengenalkan mereka melalui Zoom Meeting per kelas. Ada sesi perkenalan, ada materi-materi yang diberikan. Semakin sering bertemu mereka akan semakin kenal,” jelasnya.

Ia mengatakan sejumlah materi yang akan diberikan, antara lain psikologi perkawinan, kesehatan reproduksi, dan stunting. Semua KUA dan penyuluh akan terlibat melayani para peserta.

Baca Juga: KUA Jebres dan Kemenag Solo Punya Layanan Menemukan Jodoh Lho, Minat?

Kepala KUA Banjarsari, M Arbain Basyar, mengatakan para peserta yang cocok akan menjalani bimbingan perkawinan. KUA menggandeng Puskesmas dan balai penyuluhan KB setempat untuk memberikan materi.

Sebagai informasi, layanan biro jodoh Jadikan Aku Halalmu merupakan inovasi Kantor Kemenag Solo pada masa pandemi Covid-19 untuk membantu/menjembatani warga yang telah siap namun belum memiliki pasangan hidup alias jomlo supaya mendapatkan jodoh.

Sejumlah orang sulit bertemu/menjalin relasi sosial dengan tatap muka selama pandemi Covid-19. Layanan itu diperkenalkan pada Agustus 2021.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Tanggulangi Wabah PMK di Boyolali, Pemkab Mulai Data Ternak Sapi dan Kerbau

      Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali mulai melakukan penandaan dan pendataan hewan pascapenurunan data penyakit mulut dan kulit (PMK) di Boyolali.

      Menunggu Pelanggan, 2 PSK Paruh Baya Terjaring Operasi Pekat di Solo

      Dua perempuan pekerja seks komersial mendapatkan pembinaan setelah terjaring razia pekat Polsek Banjarsari, Solo. Keduanya bukan berasal dari Solo.

      Transformasi Jabung, Salah Satu Desa Termiskin di Sragen yang Kini Naik Kelas

      Program tuntas kemiskinan (Tumis) yang untuk kali pertama dilakukan Pemkab Sragen dinilai berhasil mengentaskan Desa Jabung di Kecamatan Plupuh dari kemiskinan. Kini semua warganya berada di atas garis kemiskinan.

      Hore! Kasus PMK Boyolali Melandai, Nol Penambahan hingga Oktober Ini

      Kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Boyolali mulai melandai disusul dibukanya Pasar Hewan di Boyolali.

      Di Jateng, Cuma Sragen & Wonogiri yang Dapat Apresiasi KASN Soal Lelang Jabatan

      Hanya Pemkab Sragen dan Wonogiri yang mendapatkan penghargaan dari KASN terkait pengisian jabatan eselon II kategori baik.

      Yuk Coba KA Bandara Solo, Jadwal 3 Kali Sehari dengan Harga Rp7.000/Orang

      Jadwal dan rute perjalanan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Solo (KA BIAS) atau KA Bandara Solo dari Stasiun Balapan Solo maupun Stasiun Klaten.

      Bagi 150 Paket Beras, Polres Sragen akan Rutinkan Program Jumat Berkah

      Polres Sragen akan merutinkan program Jumat Berkah berupa pemberian paket sembako kepada warga yang membutuhkan.

      Pura Mangkunegaran Menuju Pusat Kebudayaan Jawa

      Mangkunegaran juga telah mengenalkan budaya Jawa ke luar negeri lewat kegiatan bertajuk Kemantren Langenpraja International Roadshow 2022 di Autralia, Malaysia, dan Thailand pada September. Hal ini sebagai bagian dari upaya membawa Mangkunegaran sebagai pusat kebudayaan Jawa.

      Catat Nih! Rekomendasi 5 Destinasi Wisata Murah di Dekat Stasiun Wonogiri

      Rekomendasi lima destinasi wisata murah dekat Stasiun Wonogiri berdasarkan penelusuran Solopos.com.

      KA Batara Kresna Solusi Piknik Murah Meriah Solo - Wonogiri, Jadwal 4 Kali/Hari

      Warga masyarakat yang ingin piknik murah dari Solo - Wonogiri melintasi Sukoharjo bisa menggunakan Kereta Api (KA) Batara Kresna dengan tarif hanya Rp4.000 per penumpang.

      STIKes Mitra Husada Karanganyar Wisuda 232 Mahasiswa

      Sebanyak 232 mahasiswa STIKes Mitra Husada Karanganyar diwisuda pada Kamis (6/10/2022).

      Wong Boyolali Tipu Pembeli Tanah di Sukoharjo, Uang Rp106 Juta Habis untuk Judi

      Dengan modus mengaku sebagai perantara penjual tanah, pelaku justru membawa kabur uang milik korbannya untuk berjudi.

      Solopos Hari Ini: Kemenangan Pertama Pemkot

      Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan kasasi dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dalam sengketa lahan Sriwedari yang menjadi kemenangan pertama Pemkot Solo sejak 1970.

      Kronologi Truk Pengangkut Cat Terguling di Boyolali hingga Bikin Jalan Licin

      Sopir truk, Dwi, 37, menceritakan kronologi truk yang dikemudikannya terguling di Boyolali hingga mengakibatkan jalan Semarang-Solo licin.

      Biawak Berkeliaran di Halaman Rumah Warga Ngawen, Damkar Klaten Turun Tangan

      Tim Damkar Klaten mengevakuasi biawak di halaman rumah salah satu warga Desa Tempursari, Kecamatan Ngawen, Kamis (6/10/2022) sore.