SOLOPOS.COM - Kepala KUA Jebres, M Arbain Basyar, menunjukkan formulir elektronik untuk menemukan jodoh di KUA Jebres Jl Sindutan, Kelurahan Purwodiningratan, Kecamatan Jebres, Solo, Jumat (3/9/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Kantor Urusan Agama (KUA) Jebres dan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solo memfasilitasi warga yang belum memiliki pasangan hidup untuk menemukan jodoh melalui layanan formulir Samawa Jadikan Aku Halalmu.

Kepala KUA Jebres, M Arbain Basyar, menjelaskan salah satu program/inovasi KUA Jebres pada masa pandemi Covid-19 adalah membantu menjembatani warga yang tidak memiliki pasangan hidup alias jomlo supaya mendapatkan jodoh. Sejumlah orang sulit bertemu atau menjalin relasi sosial dengan tatap muka selama pandemi Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami kan kadang-kadang prihatin juga kepada, dalam tanda kutip, yang masih jomlo. Mungkin mencari jodoh kesulitan meskipun era IT [teknologi informasi]. Kami menjembatani rekan-rekan yang masih sendiri dan belum punya pasangan dengan mencoba mempertemukan,” katanya kepada Solopos.com di kantornya, Jumat (3/9/2021).

Baca Juga: Hore… Mahasiswa Baru UNS Dapat Vaksin Covid-19 dari Pemkot Solo

Arbain mengatakan warga dapat mengisi formulir elektronik pada layanan menemukan jodoh KUA Jebres, Solo, serta menuliskan kriteria pasangan yang diinginkan. Kemenag Kota Solo akan mentaarufkan pasangan yang kira-kira sesuai dengan kriteria yang ditulis.

“Kemungkinan nanti akan kami kenalkan satu-satu karena ini menyangkut privasi seseorang. Sharing dulu dengan ini. Cocok, monggo. Kami melibatkan penyuluh dan penghulu,” jelasnya.

Menurut Arbain, layanan tersebut diluncurkan sejak satu bulan lalu dan belum ada pasangan yang dipertemukan. KUA Jebres dan Kemenag Kota Solo akan mengenalkan para pasangan yang mendaftar dengan mempertimbangkan situasi Covid-19 Kota Solo.

Baca Juga: Menko PMK Ungkap Alasan PPKM Solo Bertahan Lama di Level Tertinggi

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, layanan menemukan jodoh itu dapat diakses melalui laman resmi Kemenag Kota Solo http://kotasurakarta.kemenag.go.id/. Kemudian klik menu Layanan Publik dan pilih submenu Jadikan Aku Halalmu.

Pengguna mengisi sejumlah kolom pada Google Formulir, antara lain nama, nomor telepon atau Whatsapp, memilih status (janda, duda, perawan, dan jejaka), mendeskripsikan tentang diri, kriteria pasangan, mengunggah dua foto, KTP, dan kartu keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya