Wow, 7 Pasangan Menikah Berkat Biro Jodoh Kemenag Solo

Biro jodoh menggunakan aplikasi Jadikan Aku Halalmu yang dibuka Kemenag Solo pada tahap pertama berhasil menikahkan tujuh pasangan.

 Ilustrasi pernikahan. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pernikahan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Agama atau Kemenag Solo kembali membuka layanan Biro Jodoh Tahap Kedua, Jadikan Aku Halalmu, sejak dua pekan lalu. Layanan ini merupakan kelanjutan program serupa yang dirilis pada September 2021.

Kepala Kemenag Solo, Hidayat Masykur, mengatakan pembukaan kembali program biro jodoh itu karena banyaknya peminat di tahapan pertama. Hingga Jumat (4/2/2022), jumlah pendaftarnya sudah lebih dari 10 orang.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

“Pada tahap pertama, kami berhasil menikahkan tujuh pasangan, dan kemungkinan masih ada beberapa yang berproses,” katanya kepada wartawan, Jumat (4/2/2022).

Baca Juga: Bagi yang Bosan Menjomblo, Silakan Coba Layanan Jodoh Syariah Buatan Kemenag Solo

Hidayat menerangkan total pendaftar pada tahap pertama pembukaan biro jodoh Kemenag Solo mencapai 500-an orang, kemudian setelah melalui proses seleksi dan verifikasi. Lalu ada 380-an orang yang memenuhi syarat. “Kami masih memantau dan memberikan bimbingan pranikah kepada seluruh pendaftar terverifikasi itu,” jelasnya.

Syarat mengikuti program ini adalah lajang (belum pernah menikah), memasukkan kriteria dan foto sebagai antisipasi agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Hidayat menyampaikan program tersebut diluncurkan selain memfasilitasi masyarakat yang ingin mendapatkan pasangan, juga untuk memberikan bimbingan pranikah.

Baca Juga: KUA Jebres dan Kemenag Solo Punya Layanan Menemukan Jodoh Lho, Minat?

Berdasarkan data yang diperolehnya, angka perceraian di Kota Solo cukup tinggi dengan rata-rata umur pernikahan di bawah 10 tahun. Bimbingan pranikah diharapkan memberi pendidikan mengenai bekal mengarungi bahtera rumah tangga.

Bimbingan Pernikahan

Bimbingan berlangsung beberapa kali mengingat materi yang diberikan minimal empat kategori. “Proses dari pendekatan sampai kemudian menikah kan panjang. Kami masih membimbing mereka sampai saat ini. Mereka juga boleh berkonsultasi,” jelasnya.

Materi tersebut, di antaranya hak dan kewajiban pernikahan, ekonomi, sampai psikologi pernikahan, dan penyebab perceraian. Hidayat mengakui proses perjodohan tidak mudah mengingat setiap orang memiliki kriteria masing-masing.

Baca Juga: Krisis Angka Kelahiran, Jepang Pakai AI Untuk Bantu Jomblo Cari Pasangan

Namun, penjodohan pada biro jodoh Kemenag Solo dilakukan berdasarkan syariat Islam. Pencari jodoh yang tak bisa mengaji pun, Kemenag siap mengajar. “Mereka yang baru mendaftar tahap kedua, nanti bisa kami pertemukan dengan mereka yang daftar lebih dulu. Tidak masalah, karena menjodohkan itu kan tidak mudah,” ucapnya.

Masyarakat yang tertarik dengan program tersebut bisa mendaftar melalui situs http://kotasurakarta.kemenag.go.id/. Di beranda bagian kiri bawah laman tersebut terdapat link ‘Jadikan Aku Halalmu’.

Baca Juga: Angka Perceraian di Solo Anjlok Selama Pandemi, Begini Penjelasan Kemenag

Jika sudah membuka link tersebut, pendaftar wajib mengisi identitas dalam Google Form, berupa nama, nomor ponsel, status perkawinan, pekerjaan dan pendidikan terakhir. Pendaftar juga diminta menceritakan pribadi mereka, menjelaskan kriteria pasangan yang diinginkan, mengunggah pas foto terbaru serta mengunggah foto Kartu Keluarga (KK) dan KTP

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Di Jateng, Cuma Sragen & Wonogiri yang Dapat Apresiasi KASN Soal Lelang Jabatan

      Hanya Pemkab Sragen dan Wonogiri yang mendapatkan penghargaan dari KASN terkait pengisian jabatan eselon II kategori baik.

      Yuk Coba KA Bandara Solo, Jadwal 3 Kali Sehari dengan Harga Rp7.000/Orang

      Jadwal dan rute perjalanan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Solo (KA BIAS) atau KA Bandara Solo dari Stasiun Balapan Solo maupun Stasiun Klaten.

      Bagi 150 Paket Beras, Polres Sragen akan Rutinkan Program Jumat Berkah

      Polres Sragen akan merutinkan program Jumat Berkah berupa pemberian paket sembako kepada warga yang membutuhkan.

      Pura Mangkunegaran Menuju Pusat Kebudayaan Jawa

      Mangkunegaran juga telah mengenalkan budaya Jawa ke luar negeri lewat kegiatan bertajuk Kemantren Langenpraja International Roadshow 2022 di Autralia, Malaysia, dan Thailand pada September. Hal ini sebagai bagian dari upaya membawa Mangkunegaran sebagai pusat kebudayaan Jawa.

      Catat Nih! Rekomendasi 5 Destinasi Wisata Murah di Dekat Stasiun Wonogiri

      Rekomendasi lima destinasi wisata murah dekat Stasiun Wonogiri berdasarkan penelusuran Solopos.com.

      KA Batara Kresna Solusi Piknik Murah Meriah Solo - Wonogiri, Jadwal 4 Kali/Hari

      Warga masyarakat yang ingin piknik murah dari Solo - Wonogiri melintasi Sukoharjo bisa menggunakan Kereta Api (KA) Batara Kresna dengan tarif hanya Rp4.000 per penumpang.

      STIKes Mitra Husada Karanganyar Wisuda 232 Mahasiswa

      Sebanyak 232 mahasiswa STIKes Mitra Husada Karanganyar diwisuda pada Kamis (6/10/2022).

      Wong Boyolali Tipu Pembeli Tanah di Sukoharjo, Uang Rp106 Juta Habis untuk Judi

      Dengan modus mengaku sebagai perantara penjual tanah, pelaku justru membawa kabur uang milik korbannya untuk berjudi.

      Solopos Hari Ini: Kemenangan Pertama Pemkot

      Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan kasasi dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dalam sengketa lahan Sriwedari yang menjadi kemenangan pertama Pemkot Solo sejak 1970.

      Kronologi Truk Pengangkut Cat Terguling di Boyolali hingga Bikin Jalan Licin

      Sopir truk, Dwi, 37, menceritakan kronologi truk yang dikemudikannya terguling di Boyolali hingga mengakibatkan jalan Semarang-Solo licin.

      Biawak Berkeliaran di Halaman Rumah Warga Ngawen, Damkar Klaten Turun Tangan

      Tim Damkar Klaten mengevakuasi biawak di halaman rumah salah satu warga Desa Tempursari, Kecamatan Ngawen, Kamis (6/10/2022) sore.

      Jalan Semarang-Solo Mendadak Penuh Cat, Pengguna Jalan Berjatuhan karena Licin

      Truk pengangkut cat terguling di jalan Semarang-Solo, tepatnya depan Universitas Boyolali, Jumat (7/10/2022) pagi. Muatan berupa cat yang tumpah di jalan tersebut dan mengakibat jalan licin.

      Dolan Negeri Dongeng Lengkapi Paket Wisata Sinau Sragen Keren

      Tiga paket wisata bertajuk paket Sinau Wisata Sragen Keren dikenalkan dengan tujuan meningkatkan kunjungan wisatawan di Bumi Sukowati.

      Dispora Sragen Kenalkan 3 Paket Wisata Sinau Sragen Keren

      Dispora Sragen membuat paket itu hanya untuk informasi, sedang eksekusinya diserahkan kepada masing-masing biro perjalanan wisata.

      Hari Ini, Masjid Agung Solo Gelar Salat Gaib untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

      Salat Gaib untuk korban tragedi Kanjuruhan dilakukan takmir Masjid Agung Solo seusai pelaksanaan Salat Jumat.