SOLOPOS.COM - Ketua PMI Klaten, Purwanto Anggono Cipto, menunjukkan beras gratis yang disiapkan untuk para pendonor darah selama Ramadan, Sabtu (25/4/2020). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Palang Merah Indonesia (PMI) Klaten menggulirkan program beras gratis 2,5 kg bagi setiap donor darah selama Ramadan. Program itu digulirkan agar ketersediaan stok darah di PMI tetap terjamin selama Ramadan.

Ketua PMI Klaten, Purwanto Anggono Cipto, mengatakan program beras gratis itu sudah bergulir saban Ramadan selama tiga tahun terakhir. Pada tahun pertama atau 2018, PMI menyiapkan 300 bungkus beras ukuran 2,5 kg. Jumlahnya meningkat pada 2019 menjadi 400 bungkus dan tahun ini sebanyak 500 bungkus.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Penyediaan beras gratis untuk donor dimaksudkan untuk merangsang warga berdatangan. Selama Ramadan, ada kecenderungan jumlah donor darah di Klaten menurun. Terlebih sejak ada persebaran Covid-19, jumlah donor semakin menurun.

Kim Jong Un Dikabarkan Meninggal Dunia Setelah Operasi

“Tujuan kami memberikan beras kepada pendonor itu merangsang agar mereka termotivasi mendonorkan darah meski memasuki Ramadan sehingga stok darah tetap terjamin,” kata Purwanto saat ditemui Solopos.com di PMI Klaten, Sabtu (25/4/2020).

Jumlah Donor Turun

Terkait dampak Covid-19, Purwanto menjelaskan menurunnya minat donor menyumbangkan darah lantaran beranggapan Covid-19 bisa menular lewat darah.

“Penurunan pendonor cukup drastis di awal-awal Pandemi Covid-19. Makanya kami tidak ingin berspekulasi, kemudian memberikan hand sanitizier dan masker kepada setiap pendonor. Setelah itu ada peningkatan dan kami lakukan pendekatan dan sosialisasi karena Covid-19 itu tidak menular lewat darah. Akhirnya semakin meningkat ketika anggota Polres dan Kodim donor darah,” jelas Purwanto.

Harga Ayam Anjlok, Peternak Ayam di Sukoharjo Terancam Bangkrut

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Klaten, Wiwik Purwanti, mengatakan rata-rata donor sebelum masa pandemi tiba sekitar 50-70 orang per hari. Sementara, jumlah donor sejak pandemi Covid-19 hanya sekitar 20 orang.

Jumlah donor dikhawatirkan semakin menurun selama Ramadan. Guna mengantisipasi hal itu, PMI Klaten menggulirkan program beras gratis bagi setiap donor darah.

Zaskia Gotik Nikah Siri

Mereka juga menggandeng organisasi kemasyarakatan (Ormas) atau lembaga agar anggota mereka bersedia donor darah selama Ramadan di masa Pandemi Covid-19.

“Setiap memasuki Ramadan seperti saat ini biasanya memang menurun [stok darah]. Apalagi ini ditambah Covid-19. Sementara, permintaan darah setiap harinya antara 20 kantong hingga 50 kantong,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya