Kim Jong Un Dikabarkan Meninggal Dunia Setelah Operasi
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. (Reuters)

Solopos.com, PYONGYANG – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dikabarkan meninggal dunia. Tetapi sampai saat ini kabar tersebut belum dikonfirmasi otoritas Korea Utara.

Dikabarkan Detik.com dari New York Post, Minggu (26/4/2020), kabar Kim Jong Un meninggal bermula dari siaran televisi Hong Kong, Hong Kong Satellite Television (KHSTV).

Wakil direktur KHSTV mengatakan, jaringan siaran di Hong Kong yang didukung Beijing mengklaim Kim Jong Un sudah wafat. Informasi itu dikutip dari sumber yang sangat terpercaya.

Informasi tersebut viral di media sosial. Informasi lain yang beredar dan juga belum terkonfirmasi menyebut operasi kardiovaskular yang dijalani Kim Jong Un gagal.

Round Up Covid-19 Sukoharjo: 23 Kasus Positif, 17 Desa Zona Merah

Operasi dengan memasukkan stent atau ring ke bagian pembuluh darah di jantung Kim Jong Un gagal akibat terjadi kesalahan. Tangan si ahli bedah disebut gemetar saat operasi berlangsung. Meski demikian, kabar ini belum terkonfirmasi kebenarannya.

Dikutip dari Reuters, pemerintah China telah mengirimkan tim medis untuk memeriksa kondisi Kim Jong Un. Sayangnya, salah seorang sumber itu menolak berkomentar soal Kim Jong Un yang dikabarkan meninggal mengingat masalah ini sangat sensitif.

Riwayat Sakit

Kim Jong Un dilaporkan mengidap penyakit kardiovaskular dan dikabarkan sempat menjalani perawatan di vila kawasan Hyangsan. Dikutip dari CNN dari Daily NK, Kim Jong Un dilaporkan menerima perawatan medis prosedur kardiovaskular sejak 12 April 2020.

Pertama! 1 Pasien Positif Covid-19 Boyolali Meninggal

Penyakit itu disebut-sebut terjadi akibat kebiasaan merokok, obesitas, dan terlalu banyak bekerja. Berbagai spekulasi tentang kondisi orang nomor satu di Korea Utara itu muncul sejak 11 April 2020.

Kim Jong Un bahkan tidak menghadiri perayaan ulang tahun kakeknya, Kim Il Sung, pada 15 April 2020 lalu.

104 Santri Ponpes Temboro Asal Madiun Rapid Test Covid-19

Kim Jong Un kini berusia 36 tahun. Pria kelahiran Prongyang, 8 Januari 1984 itu merupakan putra bungsu Kim Jong Il. Dia menjadi pemimpin Korea Utara sejak 2011 sampai sekarang.

Sebagai informasi, Korea Utara merupakan salah satu negara yang terpencil dan tertutup. Kesehatan para pemimpin diperlakukan sebagai masalah keamanan negara. Itulah sebabnya detail informasi tentang kabar Kim Jong Un meninggal sulit didapat.

Sumber: Detik.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom