SOLOPOS.COM - Ilustrasi demam. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Dalam Islam ternyata terdapat doa saat mengalami demam, masuk angin, maupun penyakit-penyakit ringan lainnya. Kira-kira bagaimana bunyi doanya?

Cuaca yang tak menentu, terkadang panas dan tiba-tiba hujan membuat tubuh rentan terserang penyakit, dari demam, masuk angin, hingga flu. Penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja dari berbagai kalangan usia.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Meskipun tergolong ringan, namun penyakit tersebut jangan disepelekan karena bisa menganggu aktivitas sehari-hari. Anda perlu istirahat yang cukup dan mengonsumsi obat jika diperlukan.

Selain itu, Anda juga bisa memohon kesembuhan dengan membaca doa saat demam, masuk angin, atau pun penyakit-penyakit ringan lainnya. Mengutip Nahdlatul Ulama dalam situs resminya, NU online, berikut ini bunyi doanya.

Bismillaahil kabiiri, a‘uudzu billaahil ‘azhiimi min syarri kulli ‘irqin na‘aarin wa min syarri harrin naari. 

Artinya : Dengan nama Allah yang maha besar. Aku berlindung kepada Allah yang maha agung dari luka yang mengeluarkan darah dan dari keburukan panas neraka.

Selain membaca doa tersebut, saat demam, masuk angin, atau terserang penyakit lainnya, Anda juga disarankan membaca Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas yang kemudian ditiupkan pada kedua tangan dan diusapkan pada semua bagian tubuh, terutama organ tubuh yang sakit.

“Seseorang yang sedang sakit juga seyogianya membaca Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas untuk dirinya serta meniup kedua tangannya sebagaimana penjelasan telah lalu dan membaca doa kurab (kesulitan) sebagaimana kami telah sebutkan,” bunyi keterangan Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya