SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ramadan (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam menyambut Ramadan 2023 yang sebentar lagi tiba, umat Islam disarankan untuk memperbanyak doa dan melakukan amalan yang dianjurkan oleh Nahdlatul Ulama.

Bulan Ramadan memiliki banyak kemuliaan sehingga sudah sepantasnya umat Islam menyambut bulan penuh berkah tersebut dengan suka cita, melantunkan harapan, dan mengucapkan Marhaban ya Ramadhan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Bukan hanya dengan berpuasa, pada bulan penuh mulia ini, umat muslim dianjurkan memperbanyak amal baik, dari ibadah sunah, bersedekah, hingga membaca Al-Qur’an.

Untuk menyambut Ramadan 2023, umat muslim juga bisa membaca doa di bawah ini, sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW. Berikut ini tiga doa yang bisa dibaca umat muslim, sebagaimana diterangkan Nahdlatul Ulama dalam laman resminya, NU online.

Doa dan Amalan Menyambut Ramadan

Allahumma salimnii min ramadlaana wa sallim ramadlaana lii wa tasallamhu minnii mutaqabbalan.

Artinya: Ya Allah, sampaikan aku (dengan selamat menuju bulan) Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah (amal-amal) ku [di bulan] Ramadan.

Untuk menyambut Ramadan 2023, umat muslim juga bisa membaca doa berikut ini yang berasal dari Imam Abdul ‘Aziz bin Abi Rawad.

Allahumma adhalla syahru ramadhaana wa hadlara, fa sallimhu lii wa sallimnii fiihi wa tasallamhu minnii. Allahummarzuqnii shiyaamahu wa qiyaamahu shabran wahtisaaban, warzuqni fiihil jadda wal ijtihaada wal quwwata wan nasyaatha, wa a’idznii fiihi minassaamati wal fatrati wal kasali wan na’aasi, wawaffiqnii fîhi li lailatil qadri waj’alhaa khairan min alfi syahrin.

Artinya: Ya Allah, bulan Ramadan sudah membayangi dan datang. Maka, sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan sampaikanlah aku (dengan selamat) ke dalamnya, dan terimalah (amal-amal) ku (di bulan) Ramadan. Ya Allah, karuniailah aku kesabaran dan (niat tulus) mengharap (pahala dan rida-Mu) atas puasa (Ramadan) ku dan (qiyamul lail) ku. (Ya Allah), karuniailah aku dalam (bulan) Ramadan kesungguhan hati, ketekunan, kekuatan, dan vitalitas. (Ya Allah), lindulingah aku dalam (bulan) Ramadan dari kebosanan, lemah lesu, kemalasan, dan lemas/(banyaknya kantuk). (Ya Allah), sukseskanlah aku dalam (mendapatkan) lailatul qadar di (bulan) Ramadan ini, dan jadikanlah (pahala atau kebaikan)nya (lebih) baik dari seribu bulan.

Doa ketiga untuk menyambut Ramadan 2023 juga bisa membaca bacaan yang diriwayatkan Imam Abu ‘Ustman an-Nahdi berikut ini.

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Memaafkan, mencintai maaf, maka maafkanlah diriku.

Selain ketiga doa di atas, berikut ini tiga amalan yang bisa dilakukan menyambut Ramadan 2023 menurut NU.

  • Niat menyambut Ramadan dengan lapang hati atau ikhlas dan perasaan bergembira.
  • Melakukan ziarah kubur dan mengirimkan doa kepada para leluhur yang telah meninggal dunia.
  • Saling memaafkan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya