SOLOPOS.COM - Ilustrasi keunikan tradisi Ramadan (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ada kepercayaan di tengah umat Islam yang menyebutkan arwah orang meninggal akan pulang ke rumah saat Ramadan tiba, benarkah demikian?

Ramadan merupakan bulan suci yang dinanti-nantikan setiap umat muslim karena di bulan ini dipercaya pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan pintu neraka ditutup.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selain itu, ada pula kepercayaan lain yang muncul dan dilakukan di tengah masyarakat. Mulai dari ziarah kubur sebelum Ramadan karena dipercaya ahli kubur akan pulang saat puasa tiba.

Nah, benarkah arwah orang meninggal akan pulang saat bulan puasa Ramadan tiba?

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pringsewu Lampung, Taufik Qurrahim menyebutkan, para ahli kubur memang menginginkan diberikan kesempatan lagi agar diberikan kesempatan kembali ke dunia untuk merasakan nikmatnya beribadah di Ramadan.

“Demi Allah para ahli kubur saat ini ingin kembali ke dunia ini hanya ingin bersujud kepada Allah. Ingin beribadah di bulan Ramadhan. Selagi kita masih diberi kesehatan dan panjang umur mari maksimalkan kesempatan ini,” jelas dia, dilansir laman resmi NU.

Terkait dengan kepercayaan arwah orang meninggal akan pulang ke rumah saat Ramadan tiba, ulama berbeda pendapat. Ustaz Abdul Somad menjelaskan, roh bisa saja pulang ke rumah atas izin Allah SWT.

Akan tetapi, tidak ada hadis atau pun dalil yang menyebutkan arwah orang meninggal akan pulang ke rumah saat Ramadan maupun malam Jumat.

“Bisa saja, kalau Allah kuasa! Tapi tidak ada dalil secara spesifik mengatakan roh pulang pada malam Jumat jam sekian rumah, enggak,” kata ustaz yang kerap disapa UAS ini dalam potongan video yang tayang di kanal Youtube Thuink.

Sementara itu, Ustaz Khalid Basalamah mengatakan, tidak benar arwah orang meninggal akan pulang ke rumah saat Ramadan tiba. “Orang yang sudah meninggal dan pindah alam barzah, dia tidak berharap kembali ke dunia lagi, kecuali yang mati syahid. Semua mereka di alam kubur, tidak benar persepsi nya,” kata dia dalam video yang tayang di kanal Youtube Khalid Basalamah Official.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya