Dikubur Hidup-Hidup, Nenek-Nenek di Kluang Viral
Nenek yang diduga dikubur hidup-hidup di Kluang, Johor, Malaysia, Selasa (1/9/2020). (Tiktok-@tiaaidiliakifarsya345)

Solopos.com, KLUANG — Media sosial dihebohkan unggahan video nenek-nenek yang diduga dikubur hidup-hidup. Setelah ditelusuri lebih lanjut oleh Solopos.com, inilah kebenaran ceritanya.

Unggahan video tersebut awalnya direkam pengguna akun Tiktok @tiaaidiliakifarsya345. Rekaman video itu diunggah ke akun Tiktoknya pada Rabu (2/9/2020).

Dalam caption unggahan tersebut @tiaaidiliakifarsya345 memperlihatkan keprihatinannya atas nasib nebek-nenek tersebut. “Sadis bgt..siapa yg tega nglakuin ini..gk mau ama org tuanya titipkan dipanti jompo #johor,” tulis @tiaaidiliakifarsya345 dalam caption video Tiktoknya.

Ceritakan Pabrik Cerutu di Jogja, Gadis Indigo Diselingi Tawa Misterius

Baru sebentar di-posting, video tersebut menuai banyak simpati warganet. Berdasarkan pantauan Solopos.com, hingga Kamis, unggahan tersebut telah dilihat 1 juta orang dan dikomentari 4.466 pengguna.

Berdurasi singkat, dalam video tersebut tampak dua pekerja proyek yang menggendong seorang wanita lanjut usia (lansia). Dua pria tersebut tengah membopong wanita itu dan meletakkan wanita tua itu pada alas seadanya.

Terlihat pula satu orang menyusul dan turut membantu. “Ini kejadian ditemukan di dekat proyek Kluang, Johor," ujar sang perekam video.

Syarat Roro Jonggrang Awal Mula Candi Sewu di Dekat Jogja

Berdasatkan kesaksian sang perekam video di Tiktok tersebut, wanita lanjut usia itu diduga dikubur hidup-hidup. Namun, ia tidak menyebut lebih lanjut mengenai kronologi maupun penyebab dari sang nenek bisa mendapat perlakuan itu.

"Ditemukan seorang perempuan, dikubur hidup-hidup. Tepatnya di Kluang, Johor," sambungnya.

Lemah Tidak Berdaya

Sebagaimana dikutip Sinarharian.com.my oleh Solopos.com, nenek-nenek tersebut diketahui bernama Low Chon Tai, 87, yang telah dikabarkan hilang sejak, Sabtu (30/8/2020). Ia ditemukan dalam keadaan lemah tidak berdaya di dalam lumpur di salah satu taman Kluang Barat, Kluang, Johor, Malaysia.

Gadis Indigo Ungkap Hantu Penghuni Pabrik Cerutu Jogja

Ketua Polisi Daerah Kluang Asisten Komisioner Mohd Abduh Ismail mengatakan korban bernama Low Chon Tai, 67. Ia membenarkan bahwa wanita yang ditemukan oleh para pekerja tersebut adalah Low Chon Tai.

Wanita itu ditemukan pada, Selasa (1/9/2020) sekitar pukul 11.30 pagi waktu setempat. Menurutnya, wanita itu dilaporkan hilang dan dikabarkan tidak pulang ke rumahnya yang berlokasi di Taman Kluang Barat setelah izin keluar mencari sampah pada, Sabtu (30/8/2020).

Anak korban, Chen Tiang Fock, sebenarnya telah membuat laporan ke aparat kepolisian pada Sabtu (30/8/2020). "Anaknya, Chen Tiang Fock, 66, ada membuat laporan di Ibu Pejabat Polis Daerah (IPD) Kluang pada jam 10 malam hari kejadian mengenai kehilangan ibunya itu selepas tidak pulang ke rumah,” ujarnya

Demi Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso Gali Sumur

Ia juga menambahkan berdasarkan laporan dari anaknya, yaitu Chen Tiang Fock, ibunya keluar rumah pada Sabtu (30/8/2020) sekitar pukul 04.00 pagi waktu setempat. Namun, setelah ditunggu, Low Chon Tai tidak kunjung pulang ke rumah sampai jam 20.00 malam waktu setempat.

Sesudah Dicari

Mohd. Abduh menjelaskan sebenarnya usaha pencarian oleh warga dan anggota polisi sudah dilakukan di sekitar rumah korban. Sayangnya, upaya itu tidak membuahkan hasil.

Setelah itu, sebagaimana yang diketahui sekitar pukul 11.30 waktu setempat pagi, pekerja di sekitar proyek menemukan seorang wanita yang dilaporkan hilang tersebut. Ia terbaring dalam keadaan lemah lesu.

Bandung Bondowoso Marah ke Prabu Baka, Mengapa?

"Bagaimanapun kira-kira jam 11.30 pagi, pekerja di tapak projek pembinaan ternampak seorang wanita warga emas yang dilaporkan hilang sedang terbaring dilonggokkan tanah liat dalam keadaan lemah dan tak bermaya," katanya.

Mohd. Abduh berkata, pekerja proyek tersebut telah membantu mengangkat korban, sebelum menghubungi aparat kepolisian untuk mendapatkan bantuan. Dalam keterangan lebih lanjut, ia juga mengatakan hal itu setelah dilakukan pemeriksaan.

Barang-barang korban ditemukan dalam keadaan utuh dan tidak ada satupun yang hilang.

Perlawan Raden Purbaya Picu Nama Magelang

Berdasarkan pemeriksaan tersebut pihak kepolisian juga memastikan bahwa korban tidak mengalami luka-luka atau indikasi kejahatan.

Dalam kesempatan itu pula, Mohd. Abduh meluruskan bahwa seluruh berita yang beredar di luar sana adalah hoaks. Ia juga menyangkal bahwa ada kejadian penemuan mayat seorang wanita dikuburkan hidup-hidup di sebuah proyek bangunan di Kluang, Johor, Malaysia.

Pihak kepolisan Kluang, juga mengimbau bagi seluruh masyarakat agar tidak menyebarkan berita yang belum pasti kebenarannya. Karena, akan menimbulkan keresahan dan rasa tidak aman di kalangan masyarakat.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom