SOLOPOS.COM - Pengendara motor dan mobil berhenti saat lampu lalu lintas menunjukkan warna merah di flyover Purwosari Solo, Kamis (23/6/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Diklaim sebagai kota ternyaman yang ada di Indonesia, ternyata harga tanah di Kota Solo per meter persegi menyentuh angka Rp65 juta.

Sebagai informasi, Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) Indonesia melakukan survei di 26 kota yang tersebar di 19 provinsi, Solo menempati posisi pertama sebagai kota dengan nilai indeks layak huni sebesar 66,9 persen.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Ketua Kompartemen Livable City IAP, Elkana Catur mengatakan Solo terpilih menjadi kota yang memiliki nilai paling tinggi dan konsisten menjadi kota yang layak huni dan paling nyaman di Indonesia.

Nilai yang diperoleh Solo, sebesar 66,9 persen itu menjadi yang terbaik mengungguli nilai kota-kota besar lainnya, seperti Palembang 66,6 persen, Balikpapan 65,8 persen dan Denpasar 65,5 persen. Kemudian, ada Semarang 65,4 persen, Tangerang Selatan 65,4 persen, dan Banjarmasin 65,1 persen.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Jembatan Jurug B Solo Perlu Segera Dibongkar

Dengan predikat kota ternyaman di Indonesia, harga tanah di Kota Solo per meter beragam. Berdasarkan penelusuran Solopos.com yang dilakukan situs jual beli online Olx.co.id dan Rumah123.com, harga tanah di Kota Solo ada yang Rp3,5 juta/m2 dan ada pula yang Rp10 juta/m2.

Harga tanah Rp3,5 juta/m2 itu terletak di tengah kampung di Mojosongo, Jebres, Solo. Sementara itu, untuk tanah seharga Rp10 juta/m2 itu lokasinya berada di pinggir Jalan Adisucipto, Solo.

Baca Juga: Telepon Keluarga Sebelum Kabur, Bolehkah Napi Bawa HP di Penjara Rutan?

Kemudian, di situs jual beli properti online, Rumah.com, salah satu tanah yang dijual di pusat kota Solo, tepatnya di Jl Slamet Riyadi, harganya mencapai Rp65 juta per m2. Tanah tersebut memiliki luas 2.751 meter persegi sehingga total nilai dari tanah tersebut mencapai Rp178,8 miliar.

Namun, rata-rata harga tanah per meter di Kota Solo berkisar Rp6 jutaan dengan lokasi yang berada di Laweyan dan Jebres.

Baca Juga: Kenapa Iduladha 2022 di Indonesia dan Arab Saudi Berbeda?

Tentunya harga tanah tersebut diprediksi akan mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan oleh beragam faktor, di antaranya permintaan properti, terletak di kawasan padat penduduk, lokasi tanah strategis, penguasaan tanah, hingga keberadaan benda di atas tanah.

Baca Juga: Sukoharjo Tak Ada Bus Bumel, Tapi Punya 18 Bus Patas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya