Didatangi Gibran Cawali Solo Lewat Blusukan Online, Warga Sumber Sambat Jalan Rusak
Warga Sumber, Banjarsari, Solo, menyampaikan permasalahan jalan rusak saat blusukan online cawali Solo, Gibran, Selasa (20/10/2020). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Calon wali kota (cawali) Solo Gibran Rakabuming Raka, menyambangi warga RW 004 Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, lewat blusukan online, Selasa (20/10/2020).

Dalam kesempatan tersebut, warga menyampaikan mengenai kondisi jalan lingkungan tempat tinggal mereka yang rusak beberapa waktu terakhir. Kerusakan tersebut antara lain Jl Kahuripan Barat Sumber yang membuat aktivitas warga tidak nyaman.

“Banyak bagian jalan yang berlubang. Dari dulu tidak ada perbaikan. Padahal sudah mengajukan ke dinas,” tutur Sarmini, warga RT 002/RW 004 Sumber.

Lampaui Jateng, Angka Kesembuhan Kasus Positif Covid-19 Sukoharjo Capai 83,6 Persen

Lewat blusukan online itu, warga Sumber, Solo, itu berharap kepada Gibran agar infrastruktur jalan lingkungannya bisa diperbaiki agar bisa menunjang kegiatan masyarakat. Sarmini juga mengeluhkan menumpuknya sampah sungai dekat rumahnya.

Kondisi itu bisa memicu perkembangbiakan berbagai macam bibit penyakit. Banyaknya sampah di sungai juga membuat aliran air tidak lancar. Ketika hujan deras mengguyur sampah-sampah itu bisa memicu terjadinya banjir.

Kegiatan blusukan online Gibran juga menyambangi warga wilayah RT 003 dan RT 004/RW 004 Kelurahan Sumber, Solo. Gibran menjaring berbagai keluhan dan masukan dari masyarakat melalui kotak kampanye virtual yang dengan desain khusus.

Jembatan Flyover Purwosari Solo Sudah Tersambung Sepenuhnya, Kapan Bisa Dilewati?

Terus Berinovasi

Warga lainnya, Rini meminta agar Gibran lebih memperhatikan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Bengawan. Ia mencontohkan dirinya yang tidak kunjung mendapat bantuan UMKM kendati sudah pernah mengajukan.

Sedangkan Sungatno meminta agar fasilitas bagi seniman ketoprak agar mereka bersemangat berlatih dan terus berinovasi. Laki-laki itu sempat menyinggung adanya bantuan rehabilitasi untuk rumah tidak layak huni (RTLH) bagi tiga keluarga yang tak kunjung cair.

Padahal pengajuan bantuan sudah sejak 2018. Mendapat laporan warga Solo itu, Gibran lewat blusukan online meminta data tiga keluarga tersebut.

Adu Strategi Sukarelawan 2 Paslon Pilkada Sukoharjo, Begini Pergerakannya

Sedangkan ihwal pengembangan UMKM Solo, Gibran menyatakan komitmennya untuk percepatan pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19. “Untuk UMKM pasti akan kami dampingi mulai dari awal sampai tahap mengurus perizinan,” paparnya.

Soal bantuan UMKM, Gibran meminta masyarakat untuk bersabar. Sebab pencairan bantuan mesti antre dan melalui verifikasi persyaratan yang ketat. Sementara untuk keluhan jalan rusak Gibran sudah memberikan catatan khusus.

Ia juga sempat memantau kerusakan jalan sesuai keluhan warga melalui aplikasi Google Maps.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom