Dibikin 2 Bulan, Wayang Kayu Batik Jumbo Asal Jarum Klaten Dijual Rp7,5 Juta

Selain motif batik di atas kain, warga Desa Jarum, Kecamatan Bayat membatik pada media kayu.

 Salah satu perajin di Desa Jarum, Kecamatan Bayat menunjukkan wayang kayu batik berukuran jumbo di rumahnya, Kamis (29/9/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Salah satu perajin di Desa Jarum, Kecamatan Bayat menunjukkan wayang kayu batik berukuran jumbo di rumahnya, Kamis (29/9/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Selain motif batik di atas kain, warga Desa Jarum, Kecamatan Bayat membatik pada media kayu. Motif batik digoreskan menggunakan canting pada berbagai perabot dan hiasan berbahan kayu mulai dari nampan, kotak tisu, gelas, topeng, hingga wayang kayu.

Salah satu tempat produksi kayu batik, yakni di Jino Batik, Dukuh Pendemi, Desa Jarum. Tempat produksi itu menjadi yang pertama membikin kerajinan kayu batik di Desa Jarum.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Tak hanya berukuran kecil dan biasa, ada wayang kayu berukuran jumbo. Tingginya sekitar 2 meter. Ada tiga wayang kayu yang dibikin berukuran jumbo. Dari tiga tokoh pewayangan itu, dua wayang kayu jumbo.

“Saat ini masih ada satu dengan tokoh wayang Gatutkaca. Harganya Rp7,5 juta,” kata Anik Sadremi, 46, istri pemilik usaha pembuatan kayu batik, Senin (3/10/2022).

Anik menjelaskan proses pembuatan batik kayu berukuran jumbo itu membutuhkan waktu sekitar dua bulan. Proses pembuatan mulai dari pemotongan kayu, pembuatan pola, hingga proses membatik yang dilakukan menggunakan canting seperti proses pembuatan pola batik pada kain.

Baca Juga: Serunya Berwisata & Jajan dengan Gerabah di Pasar Pinggul Melikan Klaten

Batik kayu digeluti Jino sejak 1990-an. Awalnya, Jino mendapatkan permintaan mewarnai topeng. Dari permintaan itu, Jino bersama keluarganya menggeluti usaha kayu batik.

Anik mengatakan ada beberapa kali proses membikin kayu batik. Mulai dari mengolah kayu sengon membentuk benda yang diinginkan, pembuatan pola, hingga proses membatik.

“Proses membatiknya seperti membatik pada kain [menggunakan canting],” kata dia.

Soal pemasaran, Anik menjelaskan sebelum ada pandemi Covid-19, pemasaran kayu batik ke berbagai daerah seperti Jogja, Solo, Jakarta, hingga pernah dikirim ke luar negeri. Usaha kayu batik sempat terpuruk gara-gara pandemi Covid-19. Namun, beberapa bulan terakhir batik kayu kembali menggeliat.

Baca Juga: Batik Lurik Prasojo Klaten, Berkembang Pesat Berkat Inovasi Kekinian

“Beberapa waktu lalu mulai ada order membuat 200 wadah pensil [dengan motif batik],” kata dia.

Salah satu perajin batik di Jarum yang juga menggeluti usaha kayu batik, Sularto, 42, mengatakan di Jarum ada 48 UMKM batik. Dari jumlah itu, sekitar 30 UMKM kayu batik di Jarum.

“Saat pandemi Covid-19 kemarin benar-benar terpuruk. Sekarang mulai bergeliat lagi,” ungkap dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pecah! Nella & Woro Sukses Pukau Penonton Konser Tengah Sawah di Sukoharjo

      Tuntas Subagyo menyelenggarakan konser di tengah sawah dan perkampungan Purbayan, Sukoharjo dalam rangka launching YSNW dan Doa Bersama Lintas Agama pada Jumat (2/12/2022).

      Alhamdulillah Lega! Warga Bengle Boyolali Dapat Bantuan Sumur Bor dari KIPS

      Warga Dusun Cupit, Kabupaten Boyolali, mendapatkan bantuan pembuatan sumur dalam dari Komunitas Isuzu Panther Soloraya (KIPS) Peduli.

      Tok! Hanya Naik Rp10.299, UMK 2023 Boyolali Diusulkan Rp2,1 Juta

      Upah Minimum Kabupaten (UMK) Boyolali pada 2023 diusulkan sebesar Rp2.155.712,29.

      Percepatan Pemulihan Pascapandemi Jadi Tema ISETH ke-8 UMS

      Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan menyelenggarakan International Summit on Science, Technology, and Humanity (ISETH) pada Senin-Selasa (5-6/12/2022) mendatang.

      UMK 2023 Klaten Diusulkan Naik 6,78%, Jadi Rp2,1 Juta

      Nilai upah minimum kabupaten (UMK) 2023 Klaten diusulkan Rp2.152.322,94 atau naik sekitar 6,78 persen dibandingkan UMK 2022.

      Gending Bertema Persis Solo akan Dibawakan saat Pernikahan Kaesang-Erina

      Grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo mempersiapkan gending (lagu dari gamelan) bertema Persis Solo dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

      Pidato Tuntas Subagyo saat DBLA di Purbayan Sukoharjo Membius Ribuan Orang

      Pidato Pendiri sekaligus Ketua Umum Dewan Pembina YSNW, Tuntas Subagyo, membius 6.000-an anggota organisasi itu saat DBLA di Desa Purbayan, Baki, Kabupaten Sukoharjo, pada Jumat (2/12/2022).

      ISI Solo Siapkan 2 Grup Karawitan di Pernikahan Kaesang-Erina

      Dua grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo akan tampil dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

      Tanpa Dukungan Penuh Pemkab, Wonogiri Sulit Capai Target Bebas AIDS Tahun 2030

      Target bebas acquired immune deficiency syndrome (AIDS) pada 2030 di Wonogiri sulit tercapai jika tidak ada dukungan serius dari Pemkab setempat.

      Fakta-Fakta Penangkapan Terduga Teroris di Sukoharjo Pada Kamis Pagi

      Fakta-fakta penangkapan terduga teroris di empat lokasi wilayah Kabupaten Sragen, Kamis (1/12/2022).

      Sudah 40 Persen, DPU BMCK Jateng Hentikan Pekerjaan Jembatan Ganefo Sragen

      DPU BMCK Jateng menghentikan kontrak pembangunan Jembatan Ganefo Sragen. Penghentian proyek tersebut disebabkan adanya revisi desain bawah jembatan.

      Menjelajahi Geopark Dunia di 7 Geosite Wonogiri

      Wonogiri menyimpan keindahan situs taman Bumi yang indah serta kekayaan arkeologi di zaman purbakala.

      Membeludak! Ribuan Orang Ikut Doa Bersama Lintas Agama di Purbayan Sukoharjo

      Ribuan orang anggota organisasi dan tamu undangan Tuntas Subagyo dari berbagai daerah memadati Taman Ratu Maulidya di Desa Purbayan, Baki, Sukoharjo, pada Jumat (2/12/2022).

      Truk Uruk Tol Solo-Jogja Terguling di Ceper Klaten, Tak Ada Korban Jiwa

      Kecelakaan lalu lintas melibatkan satu unit mobil dan satu unit truk terjadi di ruas jalan Ceper-Besole, Desa Ceper, Kecamatan Ceper, Jumat (2/12/2022) sore.

      Pelat Baja Diganti Baru, Getaran di Jembatan Mojo Berkurang Drastis

      Penggantian pelat jembatan dengan sistem baja ortotropik di Jembatan Mojo bertujuan menambah ketahanan terhadap beban kendaraan bermotor.