Serunya Berwisata & Jajan dengan Gerabah di Pasar Pinggul Melikan Klaten

Pasar Pinggir Tanggul atau lebih dikenal dengan Pasar Pinggul berlokasi di Desa Melikan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

 Peken Pinggul di Dukuh Bayat, Desa Melikan, Kecamatan Wedi dibuka lagi, Minggu (21/11/2021). Pasar unik yang hanya buka 35 hari sekali itu menawarkan cara belanja menggunakan koin gerabah. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Peken Pinggul di Dukuh Bayat, Desa Melikan, Kecamatan Wedi dibuka lagi, Minggu (21/11/2021). Pasar unik yang hanya buka 35 hari sekali itu menawarkan cara belanja menggunakan koin gerabah. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENPasar yang berada di Klaten ini dikenal sangat unik dan langka. Namanya Pasar Pinggir Tanggul atau lebih dikenal dengan Pasar Pinggul berlokasi di Desa Melikan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Dilansir dari laman jatengprov.go.id, Senin (3/10/2022), Pasar Pinggul berbeda dengan pasar pada umumnya yang biasanya berlokasi di tengah kota ataupun pinggiran kota. Pasar Pinggul yang berada di pinggir tanggul ini hanya buka saat pasaran Minggu Legi.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Di Pasar Pinggul, pengunjung tak hanya dapat membeli bahan keperluan sehari-hari. Di pasar ini, pengunjung juga bisa merasakan wisata kuliner yang unik, yaitu aneka makanan tradisional, seperti cenil, gatot, tiwul, pecel, tahu/tempe bacem, pisang goreng, singkong goreng, dan lainnya.

Cara transaksi di Pasar Pinggul juga terlihat unik. Pembeli menggunakan uang gerabah saat bertransaksi. Uang gerabah ini senilai dengan Rp2.000 dan berbentuk lingkaran.

Yang lebih seru lagi di Peken Pinggul tidak ada plastik. Semua makanan dibungkus menggunakan kertas atau daun yang ramah dengan lingkungan.

Baca Juga: Batik Lurik Prasojo Klaten, Berkembang Pesat Berkat Inovasi Kekinian

Para penjual diwajibkan menggunakan pakaian adat tradisional dan mengenakan caping khas petani serta saat melakukan transaksi juga menggunakan Bahasa Jawa.

Theo Markis selaku petugas pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) bersama Dani Utama dan teman-temannya merupakan penggagas lahirnya Peken Pinggul. Gagasan membangun pasar tradisional tersebut guna mengangkat derajat kesejahteraan rakyat.

Theo menjelaskan Desa Melikan telah dikenal sebagai sentra gerabah dan masuk desa sasaran PKH. Melihat potensi itu, Theo bekerja sama dengan Pemerintahan Desa (Pemdes) Melikan dan Komunitas Sungai guna memunculkan ide membangun pasar yang tidak hanya mengandalkan jual beli namun juga bisa berwisata.

Baca Juga: Tepat saat Hari Batik Nasional, Westlife Gelar Konser di Candi Prambanan Klaten

“Tema yang diusung berupa pasar wisata, pengunjung juga bisa mendapatkan tontonan gratis berupa hadrah atau cokekan sebagai hiburan. Dijamin seru dan murah. Jika penasaran maka berkunjunglah ke Peken Pinggul, Melikan, Wedi, Klaten, Jawa Tengah,” pesan Theo.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      4 Kali Dibobol Maling, Kapolres Klaten Datangi Angkringan Mas Bro

      Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo mendatangi Angkringan Mas Bro dan memberikan uang, setelah mengetahui pemilik angkringan sudah empat kali kemalingan dan tidak lapor polisi.

      Ada 2 Usulan, Keputusan UMK Karanganyar 2023 Kini di Tangan Bupati

      Dewan Pengupahan mengajukan dua usulan UMK Karanganyar 2023 ke Bupati, yakni versi pekerja dan pengusaha. Penentuan UMK 2023 ada di tangan Bupati Karanganyar

      Selamat! Solopeduli Terima Dua Penghargaan dalam IFA 2022

      Solopeduli baru saja meraih dua penghargaan dalam program Indonesia Fundraising Award (IFA) 2022 yang diselenggarakan Institut Funsraising Indonesia (IFI), Rabu (30/11/2022).

      Ingin Layanan Online di Dispendukcapil Sragen, Bisa Booking Nomor Antrean

      Layanan online di antaranya adalah Pelayanan Administrasi Kependudukan (Pandu) Online, Sistem Antrean Online (Anton), Pelayanan Antar Jemput Dokumen Aminduk (Pelanduk), dan akan dikembangkan lagi Pelaporan Kematian Langsung Terbit Akta (Pelita).

      Lurah Muda di Sragen Buka Pelayanan PBB di Pos Kamling dan Bentuk Duta Pajak

      Dengan pendekatan jemput bola selama sebulan, lurah muda di Gemolong Sragen ini berhasil mengumpulkan PBB sebesar 25,12% dari ketetapan PBB 2022 senilai Rp333.012.593.

      Polisi Selidiki Dugaan Penampakan Macan di Perbatasan Sragen-Grobogan

      Pihak BKSDA meminta warga sekitar untuk kehati-hatian serta diminta mengurangi aktivitas di sore hari.

      Menjelang Akhir Tahun, Harga Sejumlah Bahan Pokok di Wonogiri Mulai Naik

      Bahan pokok di Wonogiri yang mengalami kenaikan harga meliputi bawang merah, cabai rawit sret, cabai merah keriting, dan telur.

      Banyak Manfaat, Begini Cara Memperoleh KIA di Sragen

      KIA berfungsi untuk pendataan, perlindungan, dan perlayanan publik, serta sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

      Polres Sukoharjo Sosialisasikan Tata Cara Perizinan Kegiatan Masyarakat

      Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menjelaskan, sosialisasi tentang Perizinan dan Pemberitahuan Kegiatan Masyarakat, digelar dalam rangka menyambut sejumlah event menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

      Dua Jalan Desa di Kecamatan Selo Boyolali Tertutup Longsor, Akses Putus

      Jalan penghubung dua desa di Selo Boyolali terputus akibat tertutup longsor.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 1 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Kamis (1/12/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 1 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Kamis (1/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Kereta Kaesang-Erina Ditarik 6 Ekor Kuda

      Rencananya, prosesi adat Jawa pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu dilaksanakan di Loji Gandrung pada Minggu (11/12/2022) pagi.

      Jalin Soliditas, PLN UP3 Klaten Gelar Multistakeholder Forum

      Acara diisi dengan beberapa kegiatan di antaranya penandatanganan terkait sertifikat energi baru terbarukan serta penandatanganan komitmen sistem manajemen antipenyuapan

      Pengumuman! CFD Boyolali Desember 2022 Cuma Dua Kali, Ini Alasannya

      CFD hanya dua kali karena pada 18 Desember untuk gerak jalan hari jadi DPRD Boyolali, dan bertepatan perayaan Natal 25 Desember.

      Sukoharjo Hujan Ringan Rabu Siang Ini, Cek Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan mulai Kamis (30/11/2022) siang.