Dibantu PUPR, Masalah MCK di Tempat Pengungsian Selo Teratasi
Para pekerja memasang fasilitas MCK di lokasi TPPS Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Sabtu (21/11). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI — Kendala kurangnya sarana mandi cuci kaku (MCK) di tempat penampungan pengungsi sementara (TPPS) Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, mulai teratasi.

Belum lama ini TPPS Desa Klakah mendapat bantuan boks MCK dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pada Sabtu (21/11), sejumlah pekerja sudah memasang fasilitas baru tersebut. Pemasangan dilakukan di belakang aula tempat para pengungsi tidur.

Kepala Desa Klakah, Marwoto, mengatakan belum lama ini Desa Klakah mendapat bantuan lima boks MCK. “Kami dapat bantuan boks MCK sebanyak lima unit dan penampungan air dua unit dari Kementrian PUPR. Kami sudah siapkan tukang untuk pembuatan saptic tank,” kata dia kepada Solopos.com, Senin (23/11/2020).

Serunya Bermain dengan Para “Superhero” di Pengungsian Desa Klakah Boyolali

Dia mengatakan fasilitas itu cukup membantu dalam mengatasi kekurangan fasilitas MCK di TPPS Desa Klakah. Diharapkan dengan terpenuhinya fasilitas itu bisa membuat para pengungsi di TPPS lebih nyaman.

Disebutkan total pengungsi di TPPS tersebut berjumlah 162 orang dari Dusun Sumber dan Bakalan. Sedangkan untuk kebutuhan air, Marwoto menyebutkan hingga saat ini belum mengalami kendala. Pasokan air di TPPS masih bisa terpenuhi dari sumber air Kali Apu.

3 Selter Pengungsian Merapi di Klaten Segera Dilengkapi Sekat

Setelah masalah MCK teratasi, ternyata masih ada kendala lain. Yakni saat terjadi hujan lebat, tenda dapur umum yang ada di lapangan belakang gedung TPPS, sempat tergenang air hujan.

“Saat hujan sempat banjir, agak terkendala di dapur umum, maka kami pindahkan [geser di tepi lapangan]. Sebab cari papan panggung [palet] belum dapat,” kata dia.

Tanggul Sungai Pepe Solo Bakal Dikeraskan

Sementara itu untuk kebutuhan MCK dan air di TPPS Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, disebutkan tidak mengalami kendala.

“Untuk MCK tidak ada masalah. Air juga aman,” kata Sekretaris Desa Tlogolele, Neigen Achtah Nur Edy Saputra, belum lama ini.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom