SOLOPOS.COM - Ilustrasi. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Seratusan pelajar Kota Solo memeringati Hari Sumpah Pemuda di Hotel Sahid Jaya Solo, Rabu (28/10/2020) malam WIB. Dalam kesempatan digelar Deklarasi Pelajar Islam Solo dalam rangka mengobarkan semangat nasionalis.

Ketua Pelaksana, Ruzain Zarir Syaifullah Ahmad, mengatakan Deklarasi Pelajar Islam Solo ini dilakukan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda. Selain itu, kegiatan yang diinisiasi oleh para pelajar tersebut sekaligus demi menjaga ukhuwah Islamiah.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Secret Number Comeback 4 November, Apa Persiapan Vine?

“Tujuan dari deklarasi ini adalah mempererat persaudaraan di antara para pelajar Islam di Kota Solo. Kami sebagai pelajar berharap lewat pergerakan ini bisa saling menguatkan satu sama lain. Kami juga ingin menunjukkan pelajar itu juga nasionalis, jadi jangan diragukan nasionalisme kami,” katanya, saat ditemui Solopos.com.

Ruzain memaparkan deklarasi ini berisi pertama, komitmen pelajar menjaga ukhuwah islamiah, kedua, memperkuat rasa nasionalisme. Sedangkan ketiga, komitmen para pelajar untuk menjauhkan diri dari pergaulan bebas.

Empat Ikatan Pelajar

Deklarasi Pelajar Islam Solo ini diikuti empat ikatan pelajar Islam, yakni Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), dan Pelajar Islam Indonesia (PPI).

“Ini kali pertama kami para pelajar lintas lembaga membuat deklarasi bersama. Semoga ini bisa menjadi contoh bagi aliansi umat Islam lainnya jika kita bisa bersatu seperti ini,” imbuhnya.

SM Entertainment Resmi Tanggapi Rumor Trainee Yoo Ji-min

Di samping itu, kegiatan tak berhenti pada deklarasi ini. Menurutnya, setelah ini pihaknya siap menggelar berbagai forum diskusi, seminar, hingga audiensi untuk menguatkan persaudaraan antarpelajar Islam di Kota Solo.

“Kami kuatkan dulu sesama pelajar Islam. PR juga bagi kami untuk menggandeng forum pelajar agama lain untuk menjaga persaudaraan,” jelasnya. (Farida Trisnaningtyas

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya