Di Situs Warungboto Jogja, Gadis Indigo Peroleh Penglihatan Masa Lalu…
Youtuber khas horor Billy Christian dan gadis indigo Tasha Siahaan di Situs Warungboto, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Youtube—Billy Christian)

Solopos.com, JOGJA — Seorang gadis indigo seolah menjalani perjalanan antar waktu di situs Warungboto, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ia memang tertarik melakukan penelusuran di tempat itu dan hasilnya ia seakan mendapat penglihatan tentang kondisi masa lalu tempat itu.

Gadis indigo itu adalah Tasha Siahaan. Ia diajak oleh seorang youtuber khas horor Billy Christian untuk menelusuri Situs Warungboto. Keseruan mereka berdua terekam dalam vlog berjudul Keren! Banyak Bentuk Semar di Situs Warung Boto: IndigoTalk Travel Jogja.

Situs Warungboto yang memiliki nama lain Pesanggrahan Rejawinangun. Bangunan bersejarah itu berada di Jl. Veteran No.77, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hore, Uang Kuliah Unnes Bisa Diangsur...

Saat masih beroperasi, tempat tersebut dikenal sebagai area pemandian dan pesanggrahan milik sultan. Hal itu dibuktikan dengan adanya kolam dan sumber mata air di tengahnya.

Lokasi tersebut kali pertama dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I. Pembangunan tempat itu kemudian diteruskan pada masa kejayaan Sri Sultan Hamengkubuwono II.

Baru memasuki pelataran situs tersebut, Tasha langsung menyeletuk jika ia seakan-akan diajak ke masa lalu saat Situs Warungboto masih digunakan sebagai pesanggrahan dan kolam pemandian. "Jadi tempat ini untuk selir-selir sultan. Yang membuat Sri Sultan Hamengkubuwono II karena dia suka membangun pesanggrahan atau kalau bahasa kita kayak vila gitu," papar Tasha seperti yang terpantau Semarangpos.com, Kamis (11/6/2020).

Bupati Semarang Ki Ageng Pandanaran Tamak?

Ia pun menambahi jika melihat sosok penjaga situs Warungboto saat masih digunakan. "Di sebelah sini ada yang menjaga kayak abdi dalem pakai ageman Jawa. Pakai blangkon sama baju biru bergaris dan pakai sarung," tambahnya ke Billy.

Dijaga Setiap Waktu

Youtuber itu penasaran dengan penglihatan Tasha. "Tapi waktu lo melihat itu, kelihatannya siang atau malam, atau lo cuma melihat sosoknya di sini?" tanya Billy ingin tahu.

"Cuma sosoknya saja. Tapi kalau dulu pagi, siang, malam pasti ada yang menjaga, soalnya dulu tempat ini gede banget tapi sekarang cuma sisa ini saja," jelas gadis indigo sambil menunjuk bangunan tersebut.

Gadis Indigo Ungkap Alasan Batu Nisan Perempuan Belanda di Jogja Selalu Miring

Mereka berdua mencoba melakukan penelusuran di dalam Situs Warungboto. Seperti masuk ke sebuah ruangan, Tasha mengungkapkan jika tempat tersebut dulunya pernah menjadi kamar para selir sultan.

"Kayaknya para selir itu tinggal di sini. Nanti kalau liburan, mereka akan pergi ke Taman Sari ramai-ramai gitu," ungkapnya ke Billy Christian. Tasha juga mengungkapkan jika tempat tersebut sama sekali tidak mengandung energi negatif.

"Hancurnya tempat ini karena dimakan waktu saja. Jadi enggak dirawat, terus hancur, dan akhirnya diperbaiki lagi sesuai dengan bentuk pertama kali dibangun," tambahnya yang membuat Billy menganggukan kepala tanda paham.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom