SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona pemicu Covid-19. (Antara-Dok.)

Solopos.com, WONOGIRI -- Desa Sumberejo, Kecamatan Batuwarno, Wonogiri mempunyai empat program atau kegiatan guna menghadapi pandemi dan mengantisipasi persebaran Covid-19.

Kepala Desa Sumberejo, Tri Haryanto, mengatakan empat program itu yakni setiap kepala keluarga atau rumah wajib menyediakan tempat cuci tangan di depan rumah. Kedua, setiap bulan perangkat desa beserta pengurus dusun melakukan sosialisasi tentang 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak).

Promosi Siap Mengakselerasi Talenta Muda, Pegadaian Lantik Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Ratusan Petani Wonogiri Terima Pompa Air Konversi BBM ke BBG, Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan

Ketiga, melakukan penyemprotan desinfektan setiap bulan di wilayah permukiman yang dikoordinatori setiap RT. Keempat, menanam sayuran di setiap dusun untuk menjaga ketahanan pangan. Terlebih saat pandemi ekonomi tengah menurun. Jika bisa memproduksi pangan secara mandiri menjadi lebih ringan.

"Program ini sudah kami sampaikan kepada masyarakat sejak pandemi itu. Alhamdulillah saat ini sudah berjalan. Ini sebagai bentuk komitmen kami dalam mencegah persebaran Covid-19," kata Tri saat dihubungi Solopos.com, Rabu (25/11/2020).

Kampung Siaga

Menurut Tri, ada salah satu dusun di Sumberejo, yakni Dusun Rembun, dijadikan sebagai kampung siaga Covid-19. Di Dusun itu di beberapa lokasi diberi papan nama atau peringatan yang bertuliskan kawasan wajib cuci tangan atau kawasan wajib memakai masker.

Di dusun itu, seluruh kalangan dari ibu-ibu, remaja dan bapak-bapak bersinergi untuk melakukan pencegahan Covid-19 melalui beberapa program. Bahkan sudah ada pengurus khusus atau Satgas di dusun itu.

Emoh Hanya Dapat Debu, Pemdes Tlogoharjo Akan Bangun Rest Area di JLS Wonogiri Untuk Dongkrak Ekonomi

Program yang dijalankan pengurus yakni memberi edukasi kepada warga setempat untuk mengantisipasi Covid-19 dan upaya yang harus dilakukan pasca pandemi Covid-19 nanti berakhir. Selain itu, yang menjadi penekanan khusus yakni pentingnya menjaga ketahanan pangan di lingkungan keluarga.

"Kami juga memberikan arahan kepada masyarakat, apa yang harus dilakukan ketika ada pemudik yang pulang kampung. Segala hal yang berkaitan dengan Covid-19 ini kami lakukan untuk mencegah persebaran Covid-19," tandas Tri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya