SOLOPOS.COM - Demi Lovato (Instagram/@ddlovato)

Solopos.com, SOLO-Heboh soal gender netral di Indonesia, ada sejumlah artis mancanegara yang blak-blakan mengaku diri mereka nonbiner. Siapa sajakah mereka? Berikut ini ulasannya di kabar artis kali ini.

Belum lama ini, sebuah video viral mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) mengaku gender netral. Video ini pun ramai jadi pembahasan warganet. Ada yang pro dan ada pula yang kontra.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Mengutip hasil penelitian yang diterbitkan Universitas Pendidikan Indonesia berjudul Identitas Peran Gender pada Masyarakat Suku Bugis, Rabu (24/8/2022), masyarakat suku Bugis mempercayai ada lima gender dengan peran yang berbeda-beda, yaitu Oroane (laki-laki), Makkunrai (perempuan), Calalai (perempuan dengan peran dan fungsi laki-laki), Calabai (laki-laki dengan peran dan fungsi perempuan), dan Bissu (perpaduan dua gender yaitu perempuan dan laki-laki dalam satu tubuh).

Baca Juga: Apa Itu Gender Netral atau Nonbiner Seperti Viral Pengakuan Mahasiswa Unhas?

Lalu siapa saja artis yang blak-blakan mengakui diri mereka nonbiner? Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari berbagai sumber pada Rabu:

1. Demi Lovato

Demi Lovato kembali mengejutkan publik lantaran mengeluarkan pengakuan yang tak terduga di media sosial. Kepada masyarakat dunia, pelantun Heart Attack ini mengaku dirinya bukanlah pria atau wanita, namun seorang nonbiner.

Pengakuan Demi Lovato yang diungkapkan melalui Twitter tersebut langsung membuat warganet ramai-ramai menyampaikan tanggapannya. Ada yang mengkritik, namun tak sedikit yang mengaku bingung dengan pernyataan Demi Lovato.

Baca Juga: Suku Bugis Mengakui Lima Jenis Gender, Apa Saja?

“Hari ini adalah hari yang membuatku sangat gembira untuk berbagi lebih banyak tentang kehidupanku kepada kalian semua,” tulis Demi Lovato mengawali pengakuannya di Twitter, belum lama ini.

Demi Lovato pun lantas mengungkapkan kebanggaannya bisa menyatakan diri sebagai non-biner. Bahkan, ia meminta publik agar dipanggil secara jamak (they) yaitu mereka. Bukan lagi dipanggil dengan sebutan ‘dia’ (he/she).

“Aku dengan bangga mengatakan kepada kalian bahwa aku mengidentifikasi diriku sebagai non-biner dan selanjutnya akan secara resmi mengubah panggilan menjadi mereka [they/them],” bebernya.

Demi pun mengunggah sebuah video dirinya mengumumkan hal ini sekaligus menjelaskan alasan menyatakan diri sebagai nonbiner.

2. Sam Smith

Sam Smith juga merupakan salah satu artis nonbiner. Pada September 2019 dia mengungkapkan agar orang-orang menyapanya dengan kata sapaan netral.  Dia tak mau disebut “he” yang berarti laki-laki, atau “she” yang berarti perempuan. Ia menginginkan kata sapaan “they/them” sebagai gantinya.

Baca Juga: Viral Mahasiswa Unhas Pilih Gender Netral, Begini Komentar Warganet

3. Ruby Rose

Pada 2014, aktris sekaligus model Ruby Rose menyatakan bahwa gendernya fleksibel dan netral. Kerap tampil dengan gaya androgini, Ruby Rose menyebut bahwa ia bukan laki-laki maupun perempuan sebagai identitas gendernya.

4. Janelle Monae

Artis nonbiner berikutnya adalah Janelle Monae. Pada 2018, Janelle mengaku sebagai panseksual, sebuah ketertarikan bukan berdasarkan gender tapi personalitas. Pada pertengahan Mei 2021 lalu, Janelle Monae menunjukkan lewat Twitter tentang identitas gendernya.

Ia me-retweet sebuah video yang memuat pertanyaan “Apakah kamu lahi-laki atau perempuan? Saya adalah pengalaman. Tidak ada yang lebih baik daripada menjalani hidup di luar gender”.  Janelle Monae juga menambahkan tagar #IAmNonbinary dalam unggahan Twitter-nya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya