Daun Sirih dan Lidah Buaya Bisa Dibuat Hand Santizer Alami
Ilustrasi lidah buaya. (Freepik)

Solopos.com, SALATIGA – Mahasiswa Kedokteran UKSW Salatiga berinovasi mengembangkan hand sanitizer dari bahan alami berupa daun sirih dan lidah buaya. Campuran kedua bahan tersebut aman dipakai dan ampuh membunuh kuman pennyakit.

Inovasi hand sanitizer alami dari lidah buaya dan daun sirih itu dibuat setelah melihat jumlah stok yang mulai langka di pasaran. Akibatnya belakangan ini harga hand sanitizer di pasaran melambung tinggi.

Melihat kedaan itu,  tim dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)  Salatiga berinisiatif membuat hand sanitizer alami.

Banjir Order, Pengrajin Etanol Bekonang Malah Kewalahan

Tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa itu membuat hand sanitizer dari lidah buaya dan daun sirih. Bahan dari tanaman obat keluarga (toga) berupa daun sirih dan lidah buaya itu gampang ditemukan di sekitar rumah.

Daun sirih mengandung zat alami yang bersifat anti-bakteri. Sementara lidah buaya bermanfaat sebagai pelembap alami.

“Daun sirih secara alami memiliki zat aktif antibakteri, sedangkan lidah buaya bermanfaat sebagai pelembab alami,” ujar Dosen Program Studi Teknologi Pangan FKIK, Dhanang Puspita kepada Semarangpos.com, Jumat (20/3/2020).

3 Dokter Perawat Pasien Corona Indonesia Meninggal, Ini Datanya

Kedua bahan alami untuk hand sanitizer itu tidak direbus. Melainkan dikukus dengan wadah terpisah agar tidak merusak senyawa di dalamnya.

Daun sirih mengandung senyawa flavonoid. Flavonoid ini mirip dengan antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh, memperbaiki sel yang rusak, serta mengirangi risiko kanker.

Senyawa ini juga berefek menghambat perkembangbiakan virus. Bahan-bahan itu kemudian dicampur dengan alkohol untuk membunuh bakteri dan virus.

Demam dan Batuk, PDP Corona Jogja Meninggal di RS Bethesda

Cara Membuat

Proses pembuatan hand sanitizer dilakukan dengan mengambil ekstrak daun sirih. Ekstrak daun sirih dicampur dengan lidah buaya sebagai pelembab alami.

Kemudian dicampur dengan alkohol dan triklosan sebagai antibakteri. Terakhir tambahkan minyak esensial untuk menambah aroma wangi.

“Sementara ini kami membuat hand sanitizer ini untuk kebutuhan civitas academica UKSW dan keluarganya. Namun demikian, kami juga sedang mengupayakan membuat untuk masyarakat umum,” imbuh dia.

Ini Makna Sayur Lodeh 7 Warna Warna Diklaim Ampuh Usir Pagebluk Corona

Sejauh ini sudah ada permintaan hand sanitizer alami dari dua sekolah di Salatiga. Kendati begitu, diakui bahan baku sirih dan lidah buaya sangat terbatas di Salatiga untuk keperluan produsi massal.

Sementara itu, Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan, Fiane de Fretes, menambahkan yang perlu diketahui masyarakat hand sanitizer hanya salah satu cara mencegah penyakit.

Positif Corona, Lorenzo Sanz Mantan Presiden Real Madrid Meninggal

Sebaliknya yang seharusnya dilakukan adalah menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Salah satunya dengan rutin mencuci tangan dengan sabun dan di bawah air mengalir.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho