SOLOPOS.COM - Data dan fakta Korea Selatan atau Korsel vs Ghana pada laga kedua Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium Doha.

Solopos.com, SOLO—Berikut data dan fakta jelang Korea Selatan atau Korsel vs Ghana pada laga kedua Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium Doha, Senin (28/11/2022) pukul 20.00 WIB.

Pada pertandingan pertama Korsel mampu mengimbangi Uruguay tanpa gol, sedangkan Ghana kalah 2-3 dari Portugal.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Kedua tim sudah enam kali bertemu dalam laga persahabatan. Hasilnya imbang di mana Korsel kalah tiga kali dan Ghana juga merasakan hal yang sama. Pertemuan terakhir terjadi pada 10 Juni 2014, di mana Ghana membabat Korsel 4-0.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang Kamerun vs Serbia

Korsel bermain bagus pada pertemuan pertama melawan Uruguay. Namun finishing touch Korsel lemah.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Korsel menguasai ball possession 44 persen. Korsel mencatat enam kali tembakan ke gawang, lebih sedikit dari Uruguay yang melepaskan 10 tendangan ke gawang.

Korea Selatan cenderung terlalu mengandalkan gelandang serang dan kapten Son Heung-min, yang perlahan beradaptasi kembali setelah operasi wajah baru-baru ini. Tapi dalam pertandingan pertama itu Son tidak banyak memberikan dampak kepada Taeguk Warriors.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini: Ada Brasil vs Swiss, Portugal vs Uruguay

 

Berikut data dan fakta Korsel vs Ghana:

1-Ghana memimpin statistik menang kalah dengan ulan 4-3 dalam tujuh pertemuannya dengan Korea Selatan sebelum ini, dan semuanya terjadi pada pertandingan persahabatan internasional.

2-Kedua negara pertama kali bertemu pada 1982 di Kuala Lumpur, Malaysia, menjelang Piala Dunia Brasil 2014 di mana Ghana menang telak 4-0 berkat hattrick Jordan Ayew.

3-Korea Selatan adalah satu-satunya negara Asia yang mencapai semifinal Piala Dunia ketika menjadi tuan rumah edisi 2002, sementara Ghana menjadi satu dari tiga negara Afrika yang melangkah lebih jauh dari sekadar fase grup sampai berhasil mencapai perempat final pada 2010.

Baca Juga: Hasil & Klasemen Piala Dunia 2022: Ketat, Seluruh Tim Grup E Punya Kans Lolos

4-Korea Selatan menjadi tim Asia yang paling sering tampil dalam putaran final Piala Dunia dengan sebelas penampilan. Yang pertama mereka lakukan adalah pada edisi 1954, namun sejak 1986 mereka sudah 10 kali berturut-turut masuk putaran final.

5-Ghana menjadi tim Afrika ketiga yang dihadapi Korea Selatan dalam turnamen Piala Dunia. Sebelumnya mereka diimbangi Nigeria pada 2006 dan dikalahkan Aljazair pada 2014.

6-Satu-satunya tim AFC yang pernah dihadapi Ghana sebelumnya adalah Australia pada Piala Dunia 2010 ketika saat itu berakhir imbang 1-1.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Imbangi Spanyol 1-1, Jerman Masih Punya Kans Lolos

7-Ghana tampil pertama kali dalam Piala Dunia pada 2006 dan putaran final kali ini adalah yang keempat kalinya bagi Ghana.

8-Bintang Hitam menjuarai Piala Afrika keempatnya sebelum dinyatakan lolos ke putaran final Piala Dunia pertamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya